Image default
Bisnis

Ekonom Bilang Tak Perlu Kaget Ekonomi Indonesia Kuartal II Minus 4 Persen

Ekonomi Indonesia dinilai hampir pasti tidak mengalami pertumbuhan pada kuartal II akibat dampak pandemi corona atau Covid 19. Ekonom PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) Ryan Kiryanto memperkirakan, ekonomi minus hingga 4 persen seperti pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani. "Ekonomi pada kuartal II mengalami kontraksi atau pertumbuhan ekonomi negatif. Bisa antara minus 3 persen sampai 4 persen dan itu kita tidak perlu kaget, tidak perlu geleng geleng kepala, tapi ya memang itu kondisinya," ujarnya saat webinar, Jumat (17/7/2020).

Menurutnya, nasib itu tidak hanya menimpa Indonesia sebagai negara berkembang, tapi juga negara maju seperti Singapura hingga minus puluhan persen. "Kita tidak sendiri, beberapa hari lalu, pemerintah Singapura merilis pertumbuhan ekonomi mereka itu minus 41,2 persen. Namun, ya Singapura baik baik saja, tidak ada masalah karena nanti mereka akan berbalik arah menguat," kata Ryan. Lebih lanjut dia merincikan, kontribusi sektor tersier ke perekonomian masih tinggi sebelum pandemi menyerang yakni 4,62 persen.

Sektor tersier itu yakni ada perdagangan, transportasi, informasi dan komunikasi, jasa keuangan, jasa lainnya, termasuk pariwisata. Namun, Ryan menduga sektor tersier ini akan memberikan kontribusi sangat kecil pada kuartal II dan III nanti, bahkan mungkin sampai kuartal IV. "Postur ini akan berubah, kontribusi sektor primer akan naik, sementara sektor sekunder akan stabil, dan tersier akan mengecil. Hal itu karena PSBB kuartal II belum dicabut, kuartal III dan IV belum optimal melakukan tindakan mendorong konsumsi, lalu pemulihan sektor pariwisata mungkin agak lama," pungkasnya.

Berita Terkait

Penolak Omnibus Law RUU Cipta Kerja wajib Melihat Secara Jernih Pengamat

Maya Rosfi'ah

Grab Hadirkan Program #TerusUsah bagi Ekonomi Palembang Setelah berhasil Kontribusi 643 Miliar

Maya Rosfi'ah

1 Triliun/Hari Rata-rata Transaksi Rp 9 1 Juta Bursa Efek Sebut Investor Saham Capai 1

Maya Rosfi'ah

Berawal dari Instagram Kini Jadi Jutawan Berkati 3 Platform Edtech Kisah berhasil Hendro Mardika

Maya Rosfi'ah

Menghadap Jokowi, Pengusaha UMKM Minta Jokowi Tiru Tiongkok

Maya Rosfi'ah

Sempat Pergi lalu Kembali hingga ketentuan dari Erick Thohir McDonald’s Sarinah akan Tutup Hari Ini

Maya Rosfi'ah

Deflasi Bahan Pangan Justru Untungkan Masyarakat Presiden Diminta Tak Khawatir

Maya Rosfi'ah

BI Disarankan Turunkan Suku Bunga Acuan 50 Basis Poin

Maya Rosfi'ah

Ikuti Kebutuhan Pasar hingga Manfaatkan Media Sosial Tips Bisnis UMKM di Era New Normal

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment