Image default
Bisnis

Gerindra Minta Kemendag Tidak Berikan Seluruh Izin Impor Gula Mentah kepada Swasta

Partai Gerindra menyoroti rencana pemerintah yang akan menerbitkan izin impor gula kristal mentah untuk diolah menjadi gula rafinasi semester II sebanyak 1,25 juta ton. Wasekjen Gerindra Andre Rosiade meminta pemerintah melalui kementerian perdagangan tidak memberikan seluruh izin impor kepada swasta. Pemerintah seharusnya memberikan izin impor juga kepada BUMN, yakni Bulog.

"Kenapa tidak diserahkan kepada perusahaan milik negara seperti BUMN Bulog yang memiliki anak perusahaan PT.Ghendis Multi Manis yang memiliki kemampuan memproses gula kristal mentah," kata Andre di Jakarta, Jumat, (21/6/2019). Pada impor gula kristal mentah semester pertama sebanyak 1,55 juta ton, Kemendag memberikan seluruh izinnya kepada 12 perusahaan swasta yang tergabung dalam Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI). Ia berharap pada impor semester ke dua nanti, Kemendag memberikan izin kepada Bulog yang selalu bisa mengendalikan harga pangan.

"BUMN indonesia khususnya Bulog ini sejak jamannya Pak Buwas sudah mengalami kemajuan yang signifikan dengan terobosan terobosan yang berpihak kepada masyarakat indonesia. Baik dari sisi pengendalian harga bahan pokok maupun ikut meningkatkan kesejahteraan petani indonesia,"katanya. Bulog selama ini memiliki rekam jejak yang baik dalam mengelola gula kristal mentah. Dengan memberikan izin impor kepada Bulog. pemerintah ikut memajukan perusahaan negara. "Jadi sepatutnya pemerintah mendukung kemajuan BUMN indonesia yang ikut mensejahterakan masyarakat, bukan hanya kepada segelintir swasta saja,"katanya.

Jangan sampai menurutnya kasus impor bawang putih terulang pada gula kristal mentah. Yang mana Bulog tidak mendapatkan izin impor bawang putih, padahal tujuannya untuk menstabilkan harga. "Sebaliknya pihak swasta diberikan ijin impor bawang putih. Apakah kejadian keberpihakan kepada swasta ini akan terulang kembali?" pungkasnya.

Berita Terkait

BPJS Ungkap Ada 12 Kasus Fraud Selamatkan Kebocoran Rp1 Triliun

Maya Rosfi'ah

1 Triliun/Hari Rata-rata Transaksi Rp 9 1 Juta Bursa Efek Sebut Investor Saham Capai 1

Maya Rosfi'ah

Jumlah Truk Kelebihan Muatan yang Melintas di Tol Cikampek Berkurang 30 Persen

Maya Rosfi'ah

5 Jam Menhub Sebut Jakarta-Merak Ditempuh Hanya 2 Jalur KA Akan Diperbaiki

Maya Rosfi'ah

Awal Bulan, Harga Emas Antam Rp 664 Ribu per Gram

Maya Rosfi'ah

Kemenhub Minta Dibuatkan Tanggul di Km 136 Tol Cipali Pasca Kebanjiran Kemarin

Maya Rosfi'ah

Situasi Pandemi Justru Ciptakan Peluang Investasi di Sektor yang Lagi Bergejolak

Maya Rosfi'ah

5 Triliun dari BPJS Kesehatan Menkeu Ancam Tarik Suntikan Dana Rp 13 Jika Iuran Batal Naik

Maya Rosfi'ah

Akses di pajak.go.id Cara Mengisi SPT Tahunan Secara Online buat Wajib Pajak Pribadi di DJP Online

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment