Image default
Kesehatan

Hal Hal Yang Disiapkan Dan Dilakukan Saat Ibu Hamil Ikut Perjalanan Mudik Lebaran

Tradisi mudik biasanya dilakukanbeberapa hari sebelumLebaran tiba. Ada yang menggunakan mobil pribadi. Ada pula memanfaatkan transportasi umum. Namun bagaimana dengan nasibibu hamilyang katanya tidak bolehbepergian jauh? Alih alih ingin bertemu dengan keluarga dan sanak saudara di kampung halaman sepertinya harus ditunda terlebih dahulu karena banyak orang yang menyebut 'pamali' bagi ibu hamil untuk melakukan perjalanan jauh.

Namun hal ini dibantah secara gamblang olehAmerican College of Obstetricians and Gynecologists, ibu hamil tetap dapat bepergian jauh jika sudah memasuki usia kehamilan 14 28 minggu atau memasuki trimester 2. Pada trimester ke 2 ini, energi ibu hamil sudah kembali normal, bahkan rasa mual ataumorning sicknessbiasanya hilang. Walau diperbolehkan untuk menjalani perjalanan jauh seperti mudik lebaran, setiap ibu hamil juga harus berkonsultasi terlebih dahulu dengandokter kandungan (ob gyn) sebelum pergi.

Namun ada sedikit tips nih untuk para ibu hamil yang ingin melakukan mudik lebaran. Selama perjalanan mudik menggunakan mobil,usahakan untuk melakukan istirahat 2 jam sekali selama perjalanan. MenurutJournal of The American College of Obstetricians and Gynecologists,menyarankan ibu hamil yang sering berkendara untuk beristirahat tiap 1 2 jam terhitung setelah perjalanan dimulai.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko nyeri pada pinggang, perut menjadi kencang, dan kondisi kesehatan lainnya. Gunakan sabuk pengaman di pinggul atau bawah perut, dan sabuk bahu ditengah dada. Periksakan terlebih dahulu jika ibu hamil memasuki trimester akhir, karena ada beberapa maskapai yang membatasi perjalanan pada ibu hamil di trimester akhir.

Pesan tempat duduk di lorong sehingga ibu hamil bisa berdiri dan meregangkan kaki. Hindari makanan yang menghasilkan gas dan minuman berkarbonasi sebelum penerbangan. Gas mengembang dalam tekanan udara rendah di kabin pesawat terbang dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Sebelum melakukan perjalanan laut, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.Karena ada kekhawatiran terhadap penumpang kapal pesiar adalah infeksi norovirus. Norovirus adalah sekelompok virus yang dapat menyebabkan mual dan muntah parah selama 1 2 hari. Orang dengan mudah dapat terinfeksi dengan memakan makanan, minum cairan, atau menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus.

Cuci tangan sesering mungkin di atas kapal, jika mengalami diare dan muntah secara bersamaan. Centers for Disease Control and Prevention(CDC) melakukan inspeksi berkala kapal pesiar untuk mencegah penyebaran virus yang meluas. Guncangan di dalam kereta sering kali membuat mual dan pusing kepala.

Pastikan ibu hamil berada dalam kondisi bugar dan sehat selama perjalanan mudik lebaran. Pilih tempat duduk yang nyaman dan menyesuaikan bentuk tubuh, namun jika tidak memungkinkan dapat menambah bantal punggung. Bantal ini bertujuan untuk menopang leher, punggung, dan pinggang agar ibu hamil tidak terlalu pegal dan nyeri otot saat duduk.

Lakukanperegangankaki setiap 2 jam sekalidengan cara memutar atau menganggkat kaki selama beberapa menit. Hal ini dilakukan agar sikulasi darah pada tubuhibu hamiltetap lancar.Perlu diperhatikan, sebelum memulaiperjalanandan selama diperjalanan,ibu hamildiwajibkan untuk tetap terhidrasi dengan baik dan konsumsimakanan sehat.

Berita Terkait

8 Kebiasaan Sepele Wanita yang Bisa Mengancam Kesehatan Perempuan, Termasuk Makan!

Maya Rosfi'ah

Ibu dengan Banyak Anak Kata Peneliti Cenderung Awet Muda, Ini Penjelasannya

Maya Rosfi'ah

Segudang Masalah Akibat Penyakit Katarak, Berikut Kisah Naryo

Maya Rosfi'ah

Berkat Kesabaran Selama 4 Tahun, Nurseti Senang Sang Anak Telah Ikuti Operasi Bibir Sumbing

Maya Rosfi'ah

Hilangkan Susah Tidurmu Cukup dengan Olahraga Teratur Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat

Maya Rosfi'ah

Apa Saja Tanaman yang Diyakini Bisa Jadi Obat Kanker? Selain Bajakah, Ini Daftarnya

Maya Rosfi'ah

Jadi Buruan Artis Hingga Izinnya Hanya Dokter Umum Fakta Klinik Suntik Punca Ilegal Disegel

Maya Rosfi'ah

Kemenkes Sebut Wabah Antraks di Gunungkidul Bisa Dikendalikan

Maya Rosfi'ah

9 Jenis Ikan Ini Tidak Layak Dikonsumsi Terlalu Banyak Meski Bergizi

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment