Image default
Pendidikan

Hari Ini dalam Sejarah: Berdirinya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 23 Agustus 1967

<div id='LembagaIlmuPengetahuanSebelumKemerdekaan'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Berdirinya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI memiliki riwayat yang panjang. Kegiatan ilmiah sudah dimulai sejak abad ke 16 oleh Jacob Bontius yang mempelajari flora di Indonesia.

Selain itu, juga ada Rompius yang terkenal dengan karya berjudul 'Herbarium Amboinese'. Selanjutnya, di Indonesia berhasil dibentuk Bataviaasch Genotschap van Wetenschappen pada akhir abad ke 8. Pada 1817, CGL Reindwardt mendirikan Kebun Raya Indonesia di Bogor.

Beberapa tahun berikutnya, tepatnya pada 1928, Pemerintah Hindia Belanda membentuk Natuurwetenschappelijk Raad voor Nederlandsch Indie yang kemudian diubah menjadi Organisatie voor Natuurwetenschappelijk onderzoek pada 1948. Organisatie voor Natuurwetenschappelijk onderzoek disebut juga Organisasi untuk Penyelidikan dalam Ilmu Pengetahuan Alam atau OPIPA yangmenjalankan tugas hingga tahun 1956. <div id='BerdirinyaLIPI'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div>

Pada tahun 1956, Pemerintah Indonesia mendirikan Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia atau MIPI melalui Undang Undang No. 6 Tahun 1956. Tugas MIPI adalah membimbing perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memberi pertimbangan kepada pemerintah dalam hal kebijaksanaan ilmu pengetahuan. Pemerintah kemudian mendirikan Departemen Urusan Riset Nasional atau DURENAS.

Kala itu MIPI ditempatkan dalam DURENAS. MIPI juga mendapat tugas tambahan yaitu membangun dan mengasuh beberapa lembaga riset nasional. DURENAS berubah status menjadi Lembaga Riset Nasional atau LEMRENAS pada 1966.

Setahun kemudian, tepatnya pada 1967, pemerintah membubarkan LEMRENAS dan MIPI, sesuai SK Presiden RI No 128 tahun 1967. Setelah itu, pemerintah membentuk Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang menggantikan tugas LEMRENAS dan MIPI. Berikut adalah tugas pokok LIPI:

Seiring dengan perkembangan IPTEK di Indonesia, lembaga ilmiah juga mengelami perkembangan. Hal itu mendorong dilakukannya peninjauan dan penyesuaian tugas pokok dan fungsi serta susunan organisasi LIPI. Upaya seperti itu terus dilakukan untuk menyesuaikan LIPI dengan perkembangan yang terjadi.

Penetapan Keppres No.128 Tahun 1967 tanggal 23 Agustus 1967 diubah dengan Keppres No.43 Tahun 1985. Selanjutnya, masih disempurnakan lagi dengan Keppres No. 1 Tahun 1986 tanggal 13 Januari 1986 tentang Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Terakhir, dilakukan penyempurnaan dengan penetapan Keppres No. 103 Tahun 2001.

<div id='VisiMisiTujuandanFungsi'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Menjadi lembaga ilmu pengetahuan berkelas dunia dalam penelitian, pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan daya saing bangsa. (Berdasarkan Keppres No. 103 Tahun 2001)

<div id='BidangPenelitian'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Keanekaragaman Hayati, Lingkungan dan Maritim Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan

Kesehatan dan Farmasi Material Maju Energi dan Transportasi

Teknologi, Informasi dan Komunikasi serta Pertahanan dan Keamanan Dinamika Sosial, Kemanusiaan dan Kebudayaan Inovasi Teknologi dan Pendayagunaan Iptek

Berita Terkait

Jaringan Internet Tidak Stabil jadi Kendala Belajar di Rumah buat PAUD

Maya Rosfi'ah

Tata Tertib UNBK SMK 2019 yang Wajib Diketahui Peserta, Digelar Mulai Besok hingga Kamis

Maya Rosfi'ah

Mendorong Keterlibatan Pihak Swasta dalam Memajukan Pendidikan di Indonesia

Maya Rosfi'ah

Asosiasi Guru Marketing Tingkatkan Kompetensi Pengajar SMK melalui Pelatihan & Sertifikasi

Maya Rosfi'ah

Simak Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri 10 PTN Paling Diminati, Cek Link di Sini!

Maya Rosfi'ah

Tiga Ribu Lebih Anak SMA Sederajat Berkumpul Berjuang di Try Out MasukKampus Malang

Maya Rosfi'ah

Unika Atma Jaya Kembali Gelar Social Entrepreneur Marketplace  

Maya Rosfi'ah

Kronologi Viral ‘Ngesot’ Naik tangga hingga Minum Air Muntahan Ospek Mahasiswa Baru

Maya Rosfi'ah

Jangan Tunggu Aba-Aba Jangan Tunggu Perintah! Pesan Nadiem di Hari Guru Nasional

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment