Image default
Bisnis

Ikuti Kebutuhan Pasar hingga Manfaatkan Media Sosial Tips Bisnis UMKM di Era New Normal

Dampak pandemi virus corona yang melanda Indonesia dalam sektor ekonomi begitu terasa. Salah satunya dirasakan oleh mereka yang bergerak di bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Tak jarang mereka harus mengganti komoditas mengikuti minat pasar.

Dengan semua tantangan yang ada, para pengusaha UMKM harus bangkit dari krisis ekonomi. Selain itu juga harus optimis dalam menjalani perubahan. Berikut ini tips untuk para pelaku UMKM agar bisa bertahan di era new normal.

Yang pertama harus dilakukan adalah selalu berpikir positif. Para ahli menyebut, pikiran negatif mampu membuat tubuh menghasilkan racun yang berpengaruh buruk bagi kesehatan. Selain mengganggu aktivitas, sering punya pikiran negatif juga membuat badan jadi sakit.

Untuk itu penting menjaga kesehatan kita. Sebisa mungkin kelilingilah dirimu dengan orang orang yang positif juga. Dengan keberadaan mereka pikiranmu jadi lebih terbuka dan semangat untuk menjalani hidup.

Di tengah pandemi seperti perilaku dalam berbelanja tentu mengalami perubahan. Orang orang akan membatasi diri agar tidak terlalu berbekatan dengan orang lain. Tak jarang mereka lebih suka membeli kebutuhan secara online.

Selain lebih mudah, bisa kamu dapatkan di Tokopedia, lho. Jangan lewatkan untuk setiap pembelian produkmu. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, makanan dan minuman, olahraga hingga obat obatan bisa kamu dapatkan di sini.

Untuk itu, kamu harus mulai membiasakan diri dalam memasarkan produk secara online. Jangan malu untuk belajar dari mereka yang lebih muda. Tidak ada salahnya untuk beralih mengikuti kebutuhan pasar.

Tak bisa dipungkiri, pandemi telah mengubah berbagai sektor kehidupan manusia. Misalnya, yang dulu bisnis pakaian akan beralih menjual masker. Atau penjual makanan kini mulai memasarkan suplemen dan hand sanitizer.

Jangan menutup diri melihat semua kemungkinan yang ada. Keberadaan media sosial bisa membantu banyak dalam memasarkan bisnis. Jangan lupa untuk membuat desain yang menarik agar banyak dilirik pelanggan.

Minta bantuan teman untuk memasarkan usahamu, dengan begitu kamu bisa dapat jasa iklan gratis bukan? Agar lebih menarik, kamu bisa membuat promo, siapa sih yang nggak ngiler kalo ada promo? Yuk gotong royong membantu UMKM dalam gerakan

Gerakan yang sudah diresmikan oleh bapak presiden Joko Widodo agar masyarakat ikut serta membeli hasil karya anak bangsa selama masa pandemi ini. Untuk itu, Tokopedia ikut serta untuk menyebarkan semangat #BanggaBuatanIndonesia ini. Di Tokopedia, kamu bisa beli berbagai hasil karya anak Bangsa dalam berbagai kategori.

Setiap pembeliannya kamu bisa dapatkan Bebas Ongkir sepuasnya se Indonesia. Jadi tunggu apalagi?

Berita Terkait

Penolak Omnibus Law RUU Cipta Kerja wajib Melihat Secara Jernih Pengamat

Maya Rosfi'ah

Bisnis Obat Resep DVL Tumbuh 31 Persen di Tengah Pandemi Covid-19

Maya Rosfi'ah

JNE Pecahkan Rekor MURI Pembagian Liwetan Terbanyak di Perayaan HUT Ke-29

Maya Rosfi'ah

Militer Iran Tembak Jatuh Drone AS, Harga Minyak Langsung Melompat Tinggi

Maya Rosfi'ah

Ekspor Produk Home Decor Digenjot Lagi Tren di Eropa

Maya Rosfi'ah

Malaysia Beri Kelonggaran Cicilan Enam Bulan buat Warga Terdampak Corona

Maya Rosfi'ah

Kemenperin Siapkan Dana Rp 10 Miliar buat Program Santripreneur

Maya Rosfi'ah

Pemerintah wajib Perkuat Grand Design Sektor Perikanan Percepat Pemulihan Ekonomi Pasca Corona

Maya Rosfi'ah

Shoh Enterprise Resmikan Studio Shoh Entertainment di Indonesia

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment