Image default
Bisnis

Indonesia Akan Tiru Dua Negara Maju Ini buat Atasi Kesenjangan Usaha Besar & Kecil

Pemerintah Indonesia berupaya mengatasi kesenjangan struktur ekonomi antara usaha besar dengan pelaku usaha kecil. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut sudah waktunya Indonesia mencontoh negara maju untuk memperbaiki kemitraan usaha. “Sebenarnya struktur ini baik baik saja karena dibanyak negara juga demikian, namun akan lebih adil bila yang kecil memiliki aset yang lebih dari sekarang, seperti kemitraan usaha besar dan usaha kecil di Jerman dan Jepang,” kata Teten dalam sambutan groundbreaking gedung baru PBNU di Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Perusahaan perusahaan otomotif di Jerman maupun Jepang, sebenarnya hanya tinggal merakit, komponen komponen kendaraaan dirakit oleh UMKM di negara tersebut. "Kami menginginkan model kemitraaan seperti ini, sehingga nanti ada hasil karya anak bangsa yang dikonsolidasikan oleh usaha besar," jelas Menkop dan UKM. Menurut Menkop, tujuan dari model model kemitraaan di atas adalah, agar UMKM yang jumlahnya mayoritas itu, ada yang bisa naik kelas, sehingga struktur ekononi yang ada di bawah bisa terangkat.

"Saat ini saja jumlah warung mencapai 3,5 juta unit. Nah kalau semuanya hanya berkutat di sekitar rumah, malah tidak bagus, karena hanya akan berkutat disitu situ saja," kata Menkop dan UKM. Jadi, sambung Menkop, kemitraaan usaha besar dan usaha kecil ini bukan dengan cara menarik usaha besar ke bawah, namun bagaimana agar usaha kecil bisa naik kelas melalui kemitraan yang saling menguntungkan.

Berita Terkait

BI Disarankan Turunkan Suku Bunga Acuan 50 Basis Poin

Maya Rosfi'ah

Penjelasan kenapa BHIT dan BMTR Tidak Bagi Dividen Tahun Ini

Maya Rosfi'ah

Generasi Milenial Pelajar Tumpuan Kemajuan Indonesia Wamendag

Maya Rosfi'ah

Daftar Promo Hari Kemerdekaan 17 Agustus: J.CO, Burger King hingga Holland Bakery

Maya Rosfi'ah

Penerbangan di Halim Kembali Beroperasi Angkasa Pura II Sudah Bersihkan Runway

Maya Rosfi'ah

BCA Siapkan Metode Transaksi Mudah buat yang Bekerja dari Rumah

Maya Rosfi'ah

Harga Emas Antam Turun Rp 1.000 Jadi Rp 700.000 per Gram

Maya Rosfi'ah

Jumlah Truk Kelebihan Muatan yang Melintas di Tol Cikampek Berkurang 30 Persen

Maya Rosfi'ah

Erick Thohir Duga Direksi Garuda yang Lain Terlibat Penyelundupan Harley Davidson Tak Hanya Dirut

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment