Image default
Bisnis

Indonesia Akan Tiru Dua Negara Maju Ini buat Atasi Kesenjangan Usaha Besar & Kecil

Pemerintah Indonesia berupaya mengatasi kesenjangan struktur ekonomi antara usaha besar dengan pelaku usaha kecil. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut sudah waktunya Indonesia mencontoh negara maju untuk memperbaiki kemitraan usaha. “Sebenarnya struktur ini baik baik saja karena dibanyak negara juga demikian, namun akan lebih adil bila yang kecil memiliki aset yang lebih dari sekarang, seperti kemitraan usaha besar dan usaha kecil di Jerman dan Jepang,” kata Teten dalam sambutan groundbreaking gedung baru PBNU di Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Perusahaan perusahaan otomotif di Jerman maupun Jepang, sebenarnya hanya tinggal merakit, komponen komponen kendaraaan dirakit oleh UMKM di negara tersebut. "Kami menginginkan model kemitraaan seperti ini, sehingga nanti ada hasil karya anak bangsa yang dikonsolidasikan oleh usaha besar," jelas Menkop dan UKM. Menurut Menkop, tujuan dari model model kemitraaan di atas adalah, agar UMKM yang jumlahnya mayoritas itu, ada yang bisa naik kelas, sehingga struktur ekononi yang ada di bawah bisa terangkat.

"Saat ini saja jumlah warung mencapai 3,5 juta unit. Nah kalau semuanya hanya berkutat di sekitar rumah, malah tidak bagus, karena hanya akan berkutat disitu situ saja," kata Menkop dan UKM. Jadi, sambung Menkop, kemitraaan usaha besar dan usaha kecil ini bukan dengan cara menarik usaha besar ke bawah, namun bagaimana agar usaha kecil bisa naik kelas melalui kemitraan yang saling menguntungkan.

Berita Terkait

Pengajuan Kartu Kredit Online dan Keuntungan Memilikinya di CekAja

Maya Rosfi'ah

Laba Emiten Properti PT Urban Jakarta Propertindo Tbk Melesat 466 Persen Kinerja Kinclong

Maya Rosfi'ah

Curang, Sejumlah Pom Bensin di Jalur Pantura Disegel Kemendag

Maya Rosfi'ah

Emma Sri Martini Didapuk Jadi Direktur Utama Telkomsel

Maya Rosfi'ah

Begini Penjelasan Bos CPRO Terkait Harga Sahamnya yang Masih Gocap Bertahun Tahun

Maya Rosfi'ah

Menko Luhut Tegaskan Belum Ada Kerja Sama Antara Ping An Insurance dengan BPJS Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Malindo Air Buka Rute Baru ke Adelaide via Denpasar

Maya Rosfi'ah

Kementerian BUMN Angkat Satu Komisaris Baru PT Pertamina

Maya Rosfi'ah

Startup Kecantikan Social Bella Bakal Sumbang 10 Persen Hasil Penjualan buat Penanganan Covid-19

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment