Image default
Bisnis

Indonesia Akan Tiru Dua Negara Maju Ini buat Atasi Kesenjangan Usaha Besar & Kecil

Pemerintah Indonesia berupaya mengatasi kesenjangan struktur ekonomi antara usaha besar dengan pelaku usaha kecil. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut sudah waktunya Indonesia mencontoh negara maju untuk memperbaiki kemitraan usaha. “Sebenarnya struktur ini baik baik saja karena dibanyak negara juga demikian, namun akan lebih adil bila yang kecil memiliki aset yang lebih dari sekarang, seperti kemitraan usaha besar dan usaha kecil di Jerman dan Jepang,” kata Teten dalam sambutan groundbreaking gedung baru PBNU di Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Perusahaan perusahaan otomotif di Jerman maupun Jepang, sebenarnya hanya tinggal merakit, komponen komponen kendaraaan dirakit oleh UMKM di negara tersebut. "Kami menginginkan model kemitraaan seperti ini, sehingga nanti ada hasil karya anak bangsa yang dikonsolidasikan oleh usaha besar," jelas Menkop dan UKM. Menurut Menkop, tujuan dari model model kemitraaan di atas adalah, agar UMKM yang jumlahnya mayoritas itu, ada yang bisa naik kelas, sehingga struktur ekononi yang ada di bawah bisa terangkat.

"Saat ini saja jumlah warung mencapai 3,5 juta unit. Nah kalau semuanya hanya berkutat di sekitar rumah, malah tidak bagus, karena hanya akan berkutat disitu situ saja," kata Menkop dan UKM. Jadi, sambung Menkop, kemitraaan usaha besar dan usaha kecil ini bukan dengan cara menarik usaha besar ke bawah, namun bagaimana agar usaha kecil bisa naik kelas melalui kemitraan yang saling menguntungkan.

Berita Terkait

Mahasiswa di Sumut Ini Peroleh Penghasilan Rp 70 Juta Sebulan Dari Jamur Tiram

Maya Rosfi'ah

Baja Impor dengan SNI Palsu Berpotensi Ganggu Proyek Infrastruktur Nasional Indef

Maya Rosfi'ah

Pembeli Terbesar Alat Berat dari XCMG SEAM Group

Maya Rosfi'ah

Fakta Viralnya Orang Tajir Se-Indonesia Makan Warung Pinggir Jalan

Maya Rosfi'ah

BNI Sekuritas Gandeng Global Wakaf Hadirkan Layanan Wakaf Saham

Maya Rosfi'ah

Menpar Ingin Harga Tiket Pesawat Bisa Lebih Murah

Maya Rosfi'ah

Harga Minyak Langsung Jatuh ke Level Terendah Pasca Donald Trump Naikkan Tarif Meksiko

Maya Rosfi'ah

Mulailah Berinvestasi! 4 Tips Kelola Uang THR Supaya Tidak ludes Sia-sia

Maya Rosfi'ah

Direktur Niaga Garuda Indonesia Belum Tahu Ignasius Jonan akan Jadi Atasan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment