Image default
Nasional

Indonesia Tegas Tolak Rencana Israel Aneksasi Tepi Barat Dukung Palestina

– Indonesia menegaskan dukungannya kepada Palestina dan menolak rencana aneksasi Tepi Barat oleh Israel yang akan mengancam perdamaian di kawasan Timur Tengah. Dalam konsultasi virtual Dewan Keamanan PBB, Rabu (20/5/2020) Indonesia menegaskan pentingnya tetap menjaga pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) dalam masa pandemi virus corona atau Covid 19. “Masih banyak tantangan yang kita hadapi untuk mencapai SDG’s termasuk pandemi Covid 19,” mengutip keterangan wakil Indonesia dalam sidang APFSD di twitter @mofa_Indonesia, Agung Pramono.

Aneksasi sendiri berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pengambilan dengan paksa tanah (wilayah) orang (negara) lain untuk disatukan dengan tanah (negara) sendiri. Diperlukan refleksi dan rekalibrasi strategi pembangunan pasca pendemi Covid 19. Namun, Indonesia tetap berkomitmen untuk mencapai SDG’s dengan menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi, pembangunan sosial dan perlindunga lingkungan sambil memastikan ‘no one left behind’.

“Bersama kita bisa optimis dalam ‘build back better’,” ujarnya. Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri RI Achmad Rizal Purnama menegaskan, Indonesia akan tetap teguh pada prinsip Solusi Dua Negara untuk perdamaian Israel dan Palestina. “Apapun rencana terkait aneksasi, prinsip itu yang tidak bisa kita terima karena menyalahi berbagai macam hukum internasional dan bertentangan dengan two state solution (solusi dua negara),” ujarnya saat dihubungi.

Rizal mengungkapkan, aneksasi adalah salah satu bentuk hambatan perdamaian, yang malah memupuskan cita cita Palestina untuk merdeka. Terlebih lagi, wilayah yang diambil selama ini dijadikan permukiman ilegal oleh Israel. “Permukiman ilegal itu ditentang PBB,” katanya. Asia Pacific Forum for Sustainable Development (APFSD) ke 7 sendiri bertujuan untuk membahas perkembangan dan percepatan pembangunan berkelanjutan di kawasan Asia Pasifik.

Berita Terkait

Sadari Dirinya Viral sebelum Acara Wisuda rampung kisah Mahasiswa Wisuda Bawa Sayur Dagangan

Maya Rosfi'ah

PKB Ajak Umat Islam Berdoa & Salat Ghoib buat Korban Ledakan Lebanon

Maya Rosfi'ah

Berikut ketentuan & Tahap Pendaftarannya 420.272 Peserta Sudah Berhasil Melakukan Pendaftaran SBMPTN

Maya Rosfi'ah

Menteri Terawan Sampaikan Tujuh Pesan Jokowi Pimpin Upacara Pertama Kali

Maya Rosfi'ah

Siswi Pintar di Sekolahnya Angkie Yudistia Staf Khusus Presiden Lulusan SMAN 2 Kota Bogor

Maya Rosfi'ah

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Kamis 25 Juni 10 Wilayah Potensi Hujan Lebat & Angin Kencang BMKG

Maya Rosfi'ah

2 Wilayah Ini Berpotensi Hujan hingga Angin BMKG Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Selasa 23 Juni 2020

Maya Rosfi'ah

Pesawat & Seluruh Personel TNI yang Angkut Alkes dari Shanghai Didisinfektan di Natuna

Maya Rosfi'ah

Pernah Sodorkan Beberapa Nama 7 Triliun Ngaku ‘Dijebak’ Dulu Maria Pauline Pembobol BNI Rp 1

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment