Image default
Nasional

Indonesia Tegas Tolak Rencana Israel Aneksasi Tepi Barat Dukung Palestina

– Indonesia menegaskan dukungannya kepada Palestina dan menolak rencana aneksasi Tepi Barat oleh Israel yang akan mengancam perdamaian di kawasan Timur Tengah. Dalam konsultasi virtual Dewan Keamanan PBB, Rabu (20/5/2020) Indonesia menegaskan pentingnya tetap menjaga pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) dalam masa pandemi virus corona atau Covid 19. “Masih banyak tantangan yang kita hadapi untuk mencapai SDG’s termasuk pandemi Covid 19,” mengutip keterangan wakil Indonesia dalam sidang APFSD di twitter @mofa_Indonesia, Agung Pramono.

Aneksasi sendiri berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pengambilan dengan paksa tanah (wilayah) orang (negara) lain untuk disatukan dengan tanah (negara) sendiri. Diperlukan refleksi dan rekalibrasi strategi pembangunan pasca pendemi Covid 19. Namun, Indonesia tetap berkomitmen untuk mencapai SDG’s dengan menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi, pembangunan sosial dan perlindunga lingkungan sambil memastikan ‘no one left behind’.

“Bersama kita bisa optimis dalam ‘build back better’,” ujarnya. Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri RI Achmad Rizal Purnama menegaskan, Indonesia akan tetap teguh pada prinsip Solusi Dua Negara untuk perdamaian Israel dan Palestina. “Apapun rencana terkait aneksasi, prinsip itu yang tidak bisa kita terima karena menyalahi berbagai macam hukum internasional dan bertentangan dengan two state solution (solusi dua negara),” ujarnya saat dihubungi.

Rizal mengungkapkan, aneksasi adalah salah satu bentuk hambatan perdamaian, yang malah memupuskan cita cita Palestina untuk merdeka. Terlebih lagi, wilayah yang diambil selama ini dijadikan permukiman ilegal oleh Israel. “Permukiman ilegal itu ditentang PBB,” katanya. Asia Pacific Forum for Sustainable Development (APFSD) ke 7 sendiri bertujuan untuk membahas perkembangan dan percepatan pembangunan berkelanjutan di kawasan Asia Pasifik.

Berita Terkait

2 Wilayah Ini Berpotensi Hujan hingga Angin BMKG Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Selasa 23 Juni 2020

Maya Rosfi'ah

118 Kilogram Sabu & 80 Ribu Ekstasi Diamankan BNN Ungkap Peredaran Gelap Narkoba Selama Corona

Maya Rosfi'ah

Berkas Penyidikan Segera Rampung, Penyuap Romahurmuziy Sebentar Lagi Disidang

Maya Rosfi'ah

Akademisi Minta DPR Ikut Kritisi Perpres Tugas TNI Tangani Terorisme

Maya Rosfi'ah

Sejumlah Wilayah Waspada Hujan Lebat hingga Angin BMKG Peringatan Dini Cuaca Hari Ini 16 April 2020

Maya Rosfi'ah

Jokowi : Anak Saya Tak Ada yang Tertarik Politik

Maya Rosfi'ah

Daripada Pansos Nggak Jelas Dokter Tirta Ajak Influencer Gabung Jadi Relawan buat Lawan Covid-19

Maya Rosfi'ah

Jawaban Soal Bagaimana Proses Terjadinya Pencernaan Makanan dalam Sistem Alat Pencernaan Kita

Maya Rosfi'ah

Pemerintah Tunjuk Laboratorium UI & Lembaga Eijkman Periksa Spesimen Corona

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment