Image default
Nasional

Indonesia Tegas Tolak Rencana Israel Aneksasi Tepi Barat Dukung Palestina

– Indonesia menegaskan dukungannya kepada Palestina dan menolak rencana aneksasi Tepi Barat oleh Israel yang akan mengancam perdamaian di kawasan Timur Tengah. Dalam konsultasi virtual Dewan Keamanan PBB, Rabu (20/5/2020) Indonesia menegaskan pentingnya tetap menjaga pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) dalam masa pandemi virus corona atau Covid 19. “Masih banyak tantangan yang kita hadapi untuk mencapai SDG’s termasuk pandemi Covid 19,” mengutip keterangan wakil Indonesia dalam sidang APFSD di twitter @mofa_Indonesia, Agung Pramono.

Aneksasi sendiri berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pengambilan dengan paksa tanah (wilayah) orang (negara) lain untuk disatukan dengan tanah (negara) sendiri. Diperlukan refleksi dan rekalibrasi strategi pembangunan pasca pendemi Covid 19. Namun, Indonesia tetap berkomitmen untuk mencapai SDG’s dengan menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi, pembangunan sosial dan perlindunga lingkungan sambil memastikan ‘no one left behind’.

“Bersama kita bisa optimis dalam ‘build back better’,” ujarnya. Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri RI Achmad Rizal Purnama menegaskan, Indonesia akan tetap teguh pada prinsip Solusi Dua Negara untuk perdamaian Israel dan Palestina. “Apapun rencana terkait aneksasi, prinsip itu yang tidak bisa kita terima karena menyalahi berbagai macam hukum internasional dan bertentangan dengan two state solution (solusi dua negara),” ujarnya saat dihubungi.

Rizal mengungkapkan, aneksasi adalah salah satu bentuk hambatan perdamaian, yang malah memupuskan cita cita Palestina untuk merdeka. Terlebih lagi, wilayah yang diambil selama ini dijadikan permukiman ilegal oleh Israel. “Permukiman ilegal itu ditentang PBB,” katanya. Asia Pacific Forum for Sustainable Development (APFSD) ke 7 sendiri bertujuan untuk membahas perkembangan dan percepatan pembangunan berkelanjutan di kawasan Asia Pasifik.

Berita Terkait

Perlu Ketemu Beliau! Yunarto Wijaya Puji Nyali Pendeta Bongkar Korupsi di Kalteng Laode Tandai KPK

Maya Rosfi'ah

Pemerintah Terus Lakukan Negosiasi Arab Saudi Stop Sementara Jemaah Umrah Jubir Wapres

Maya Rosfi'ah

Menilik Aktivitas Pegawai Kemenag Setelah Ruang Menteri Lukman Digeledah KPK

Maya Rosfi'ah

Menlu Ungkap 116.239 WNI Telah Kembali menuju Indonesia  Hingga 21 Juni

Maya Rosfi'ah

Pasien Baru di RSPI Sulianti Saroso Miliki Riwayat Kontak dengan Grup Dansa & Bepergian menuju Jepang

Maya Rosfi'ah

Simak Tata Cara Salat Idul Adha Kemenag Gelar Sidang Isbat Idul Adha 21 Juli 2020

Maya Rosfi'ah

Cocok Dikirim menuju Keluarga & Teman 35 Ucapan Selamat Hari Natal Tahun 2019 dalam Bahasa Inggris

Maya Rosfi'ah

Ozi Syahputra Muncul dengan Peran Beda Legenda Hantu Si Manis Jembatan Ancol Kembali menuju Layar Lebar

Maya Rosfi'ah

Dilengkapi Tata Cara Pelaksanaan Idul Adha 1441 H Jumat 31 Juli 2020 Bacaan Niat Salat Idul Adha

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment