Image default
Otomotif

Industri Otomotif Asal Rusia Bersiap Masuk Pasar Indonesia

Pasar otomotif Indonesia semakin seksi di mata banyak perusahaan otomotif global. Setelah pabrikan otomotif Prancis, Renault, menggndeng partner barunya di Indonesia, dan secara agresif membuka jaringan diler baru pekan ini, terbetik kabar pabrikan otomotif dari Rusia juga berniat masuk. Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) YohannesNangoi mengatakan, ada beberapa pabrikan otomotif dari Rusia dan Eropa Timur yang melirik berinvestasi di Indonesia. "Mereka mau inves di Indonesia, tapi jangan disebutkan sekarang, nanti kalau batal mereka malu," kata Yohannes Nangoi kepada wartawan di sela konferensi pers pertama GIIAS 2019, Selasa (26/2/2019). Yohannes Nangoi juga mengatakan, ada juga brand otomotif asal Korea Selatan yang juga akan berinvestasi di Indonesia melalui pendirian pabrik perakitan.

"Mereka mau investasi cukup besar. Mudah mudahan jadi tahun ini. Jadi pasar otomotif Indonesia tahun ini sangat positif," ungkapnya. Berdasar catatan, perusahaan otomotif Korea yang dimaksud tak lain adalahHyundai Motor Company (HMC). Seperti dilansir Reuters 20 Desember 2018 lalu, HMC akan mendirikan pabrik perakitan di Indonesia dengan nilai investasi sekitar 880 juta dolar AS. Selain untuk pasar Indonesia, mobil mobil yang diproduksi di pabrik yang akan didirikan ini juga akan diekspor ke beberapa negara tujuan di Asia Tenggara dan Australia.

Nangoi menyatakan gembira penjualan otomotif nasional sepanjang 2018 cukup bagus, lebih bagus ketimbang data penjualan di 2017. "Tahun lalu penjualan kendaraan nasional ditutup 1.150.000 unit atau tumbuh 6 7 persen," ungkapnya.

Berita Terkait

Teknologi Body Paint Kilat Auto2000 Balikpapan Diakui di Kawasan Asia Pasifik

Maya Rosfi'ah

Main Tambah Oli di Mesin Mobil Bisa Bikin Masalah di Kemudian Hari

Maya Rosfi'ah

Kawal Pelanggan yang Mudik, Suzuki Siapkan Armada Mobil Towing

Maya Rosfi'ah

Silakan Geser menuju BMW Astra Cilandak hendak Mobil Klasik Bisa Lolos Uji Emisi

Maya Rosfi'ah

Sudah 10.537 Kendaraan Diminta Putar Balik oleh Polisi Yang Nekat Mudik Masih Tinggi

Maya Rosfi'ah

Tesla Berencana Buka Kembali Pabrik California Tapi Tak Diizinkan

Maya Rosfi'ah

DFSK Ajak Konsumen Loyal Kumpul Bareng di Akhir Pekan

Maya Rosfi'ah

Anak Buah Presiden Jokowi Ini Koleksi Mobil dari Jaguar sampai Land Cruiser

Maya Rosfi'ah

Ertiga Tercatat Paling Moncer Jualannya di Arena Jakarta Fair Kemayoran

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment