Image default
Techno

Ini 5 Tips Menghemat Baterai Ponsel Saat Mudik

Lebaran tahun 2019 sebentar lagi akan tiba, maka beberapa orang melakukan mudik untuk pulang ke kampung halaman. Banyak transportasi yang bisa digunakan saat mudik, seperti pesawat, kapal, kereta api, maupun kendaraan pribadi. Namun seringkali kita saat mudik ingin banyak mengebadikan pemandangan di sepanjang jalan menuju kampung halaman.

Tapi seringkali kita kehabisan daya baterai saat sedang melakukan perjalanan. Bagi yang membawa power bank, mungkin bisa cukup tenang karena dapat mengisi daya baterai selama perjalanan. Lantas bagaimana yang tidak membawa atau tidak mempunyai power bank namun daya baterai tidak cepat habis?

Semakin terang kecerahan layar smartphone maka akan semakin boros menghabiskan daya baterai. Maka saat sedang melakukan perjalanan, aturlah kecerahan layar ponsel sesuai kebutuhan agar baterai smartphone tidak cepat habis. Banyak aplikasi yang tertanam dalam smartphone dan kadang satu dari aplikasi tersebut memakan daya konsumsi baterai paling banyak.

Jika aplikasi tersebut digunakan secara menerus, makan daya dalam baterai dapat tersedot dengan cepat. Untuk itu, kamu perlu mematikan aplikasi tersebut atau tidak menggunakannya. Jika kamu tidak tahu aplikasi apa saja yang menghabiskan baterai ponselmu, kamu bisa mengeceknya melalui "Setting" lalu ke "Batterry & Performance" dan pilih "Power Usage".

Dalam pengaturan tersebut, pengguna bisa melihat aplikasi mana saja yang paling menguras baterai. Perlu diingat, masing masing menu di smartphone mungkin berbeda. Namun menu yang seirama dengan fungsi baterai di atas nampaknya sudah tersedia di berbagai smartphone saat ini.

Saat sedang dalam daerah tertentu, sinyal ponsel terkadang tidak dapat dijangkau. Ponsel yang sedang mencari sinyal akan menyedot daya baterai lebih banyak. Kamu bisa mengaktifkan mode pesawat atau Airplane Mode untuk menghemat baterai.

Lalu kamu bisa mematikan mode pesawat saat berada di rest area atau area yang padat penduduk, karena biasanya sinyal ada di area yang memiliki banyak penduduk. Dalam ponsel keluaran terbaru, biasanya terdapat fitur power saving atau penghemat daya. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat mengatur aplikasi yang dapat berjalan di latar belakang agar lebih menghemat penggunaan daya baterai.

Fitur tersebut memang berguna lantaran bisa membatasi kemampuan ponsel dan hanya fitur yang penting saja yang bisa berjalan seperti telepon,SMS, internet, dan sebagainya. Meskipun penggunaan wallpaper animasi atau live wallpapers menarik, namun justru dapat menyebabkan baterai menjadi cepat habis. Seperti halnya ketika menggunakan widget yang membutuhkan update data dari internet akan menyebabkan daya baterai pun ikut terkuras.

Dengan mematikan kedua fitur tersebut, kamu dapat menghemat daya baterai.

Berita Terkait

Tips Sukses Implementasi Chatbot untuk Merek dan Organisasi Bisnis

Maya Rosfi'ah

Alfamart & Booth Ovo ATM Cara Top Up atau Mengisi Saldo Ovo Cash Melalui Driver Grab

Maya Rosfi'ah

Perkuat Aplikasi Bisnis, Ribuan Perusahaan Adopsi Red Hat OpenShift Container Platform

Maya Rosfi'ah

WhatsApp Web Kini Bisa Kirim Foto Kenangan dengan yang Tersayang

Maya Rosfi'ah

Galaxy A51 hingga Galaxy A71 Daftar Harga HP Samsung Bulan Maret 2020

Maya Rosfi'ah

Begini Alasannya Emoji Terung & Buah Peach Tiba-tiba Dilarang di Facebook & Instagram

Maya Rosfi'ah

OLX Perkenalkan Tampilan Barunya Ingin Mudahkan Pengguna

Maya Rosfi'ah

Bukalapak Fokus Garap Warung Tradisional Sampai 5 Tahun menuju Depan

Maya Rosfi'ah

Bikin Mudah & Hemat Pengguna Beli Produk Xiaomi yang Hanya Dijual di Tiongkok

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment