Image default
Travel

Ini Alasannya ketentuan Jadi Pilot Tidak Boleh Ada Gigi Berlubang

Pekerjaan sebagai seorang pilot adalah pekerjaan dengan tanggungjawab tinggi. Orang yang ingin menjadi pilot pun harus memenuhi beberapa kriteria yang cukup sulit. Seorang pilot harus memiliki pribadi yang berani mengambil keputusan tanpa berpikir panjang.

Selain itu, kondisi fisik dan kesehatan juga menjadi faktor penentu seseorang diterima menjadi seorang pilot. Mengutip dari Bobo,untuk menjadi pilot tidak boleh ada gigi yang ompong atau masalah gigi berlubang. Dalam kesehatan gigi, dikenal istilah barodontalgia atau aerodentalgia.

Artinya adalah suatu gejala rasa sakit gigi yang terjadi saat berada di ketinggian. Rasa sakit gigi ini bisa terjadi karena adanya perubahan tekanan udara saat kita berada di ketinggian seperti di dalam pesawat. Saatnaik pesawat, tekanan udara akan menurun dan volume gas meningkat.

Seharusnya, jika benda terkena peningkatan volume gas, maka benda tersebut akan mengembang untuk menyesuaikan diri. Sayangnya, gigi adalah jaringan yang padat sehingga tidak bisa mengembang saat terkena gas yang meningkat dan udara pun terperangkap. Kalau gigi ada yang berlubang bahkan ompong, ini menyebabkan rongga gigi terisi dengan tekanan dari gas yang akhirnya menstimulasi syaraf gigi.

Syaraf gigi yang terstimulasi gas akan membuat kita merasakan sakit gigi ringan hingga berat. Fenomena barodontalgia dikenal sejak Perang Dunia II. Saat itu seorang pilot pesawat tempur terserang sakit gigi saat sedang menerbangkan pesawat.

Tentu akan berbahaya jika pilot merasa sakit gigi saat di udara. Karena itulah seorang pilot tidak boleh memiliki gigi yang berlubang ataupun ompong.

Berita Terkait

Begini Penjelasannya Rasa Makanan di Pesawat Kadang Berbeda dengan di Darat

Maya Rosfi'ah

Daftar Kuliner Khas Jawa Tengah yang Biasa Disantap buat Menu Takjil

Maya Rosfi'ah

10 Promo Burger King Kupon Maret 2019, Harganya Mulai Rp 20 Ribuan

Maya Rosfi'ah

Intip Keunikannya Pesawat Listrik Terbesar di Dunia Diterbangkan buat Pertama Kalinya

Maya Rosfi'ah

Jangan Pernah Berani Menyentuh Tangan Patung Buddha di Candi Borobudur

Maya Rosfi'ah

Kuliner Khas Makassar yang Dimakan Pakai Sambal hanya 25 Menit Jadi 38 Buah Apa itu Jalangkote

Maya Rosfi'ah

Keunikan Tradisi Kumari, Anak Perempuan yang Dianggap Dewi oleh Masyarakat Nepal

Maya Rosfi'ah

5 Kuliner Lezat yang Wajib Dicicipi Saat Liburan ke Tunisia

Maya Rosfi'ah

Cuma Satu Hari! Richeese Factory Tawarkan Combo Fire Chicken Cuma Rp 22 Ribuan, Cek Syaratnya

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment