Image default
Travel

Ini Alasannya ketentuan Jadi Pilot Tidak Boleh Ada Gigi Berlubang

Pekerjaan sebagai seorang pilot adalah pekerjaan dengan tanggungjawab tinggi. Orang yang ingin menjadi pilot pun harus memenuhi beberapa kriteria yang cukup sulit. Seorang pilot harus memiliki pribadi yang berani mengambil keputusan tanpa berpikir panjang.

Selain itu, kondisi fisik dan kesehatan juga menjadi faktor penentu seseorang diterima menjadi seorang pilot. Mengutip dari Bobo,untuk menjadi pilot tidak boleh ada gigi yang ompong atau masalah gigi berlubang. Dalam kesehatan gigi, dikenal istilah barodontalgia atau aerodentalgia.

Artinya adalah suatu gejala rasa sakit gigi yang terjadi saat berada di ketinggian. Rasa sakit gigi ini bisa terjadi karena adanya perubahan tekanan udara saat kita berada di ketinggian seperti di dalam pesawat. Saatnaik pesawat, tekanan udara akan menurun dan volume gas meningkat.

Seharusnya, jika benda terkena peningkatan volume gas, maka benda tersebut akan mengembang untuk menyesuaikan diri. Sayangnya, gigi adalah jaringan yang padat sehingga tidak bisa mengembang saat terkena gas yang meningkat dan udara pun terperangkap. Kalau gigi ada yang berlubang bahkan ompong, ini menyebabkan rongga gigi terisi dengan tekanan dari gas yang akhirnya menstimulasi syaraf gigi.

Syaraf gigi yang terstimulasi gas akan membuat kita merasakan sakit gigi ringan hingga berat. Fenomena barodontalgia dikenal sejak Perang Dunia II. Saat itu seorang pilot pesawat tempur terserang sakit gigi saat sedang menerbangkan pesawat.

Tentu akan berbahaya jika pilot merasa sakit gigi saat di udara. Karena itulah seorang pilot tidak boleh memiliki gigi yang berlubang ataupun ompong.

Berita Terkait

10 Maskapai Terbersih di Dunia Versi Skytrax, 7 Berasal dari Asia

Maya Rosfi'ah

5 Tempat Terbaik untuk Saksikan Sunset di Maluku, Coba Kunjungi Tanjung Nusaniwe

Maya Rosfi'ah

Datang Dieng Culture Festival (DCF) 2019? Simak 9 Aturan yang Wajib Dipatuhi

Maya Rosfi'ah

Promo CGV ‘Pantang Nonton Sendiri’ Beli 2 Bayar 1 Di Banyak Platform, Begini Caranya

Maya Rosfi'ah

Penyebrangan menuju Karimunjawa Dihentikan Sementara Karena Gelombang Tinggi

Maya Rosfi'ah

Keseruan Agnes Mo Jalani Pengukuran Tubuh oleh Tim Madame Tussauds di Los Angeles

Maya Rosfi'ah

Daftar Harga Tiket 8 Wahana di Sea Forest Adventure Batam buat Liburan Akhir Pekan

Maya Rosfi'ah

Aplikasi Pemeriksa Dokumen Penumpang Pesawat di Masa Pandemi Covid-19 Cara Menggunakan Travelation

Maya Rosfi'ah

Kelakuan Dua Turis Kendarai Motor Ini Buat Geram Warga Bali Viral di Medsos

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment