Image default
Travel

Ini Alasannya ketentuan Jadi Pilot Tidak Boleh Ada Gigi Berlubang

Pekerjaan sebagai seorang pilot adalah pekerjaan dengan tanggungjawab tinggi. Orang yang ingin menjadi pilot pun harus memenuhi beberapa kriteria yang cukup sulit. Seorang pilot harus memiliki pribadi yang berani mengambil keputusan tanpa berpikir panjang.

Selain itu, kondisi fisik dan kesehatan juga menjadi faktor penentu seseorang diterima menjadi seorang pilot. Mengutip dari Bobo,untuk menjadi pilot tidak boleh ada gigi yang ompong atau masalah gigi berlubang. Dalam kesehatan gigi, dikenal istilah barodontalgia atau aerodentalgia.

Artinya adalah suatu gejala rasa sakit gigi yang terjadi saat berada di ketinggian. Rasa sakit gigi ini bisa terjadi karena adanya perubahan tekanan udara saat kita berada di ketinggian seperti di dalam pesawat. Saatnaik pesawat, tekanan udara akan menurun dan volume gas meningkat.

Seharusnya, jika benda terkena peningkatan volume gas, maka benda tersebut akan mengembang untuk menyesuaikan diri. Sayangnya, gigi adalah jaringan yang padat sehingga tidak bisa mengembang saat terkena gas yang meningkat dan udara pun terperangkap. Kalau gigi ada yang berlubang bahkan ompong, ini menyebabkan rongga gigi terisi dengan tekanan dari gas yang akhirnya menstimulasi syaraf gigi.

Syaraf gigi yang terstimulasi gas akan membuat kita merasakan sakit gigi ringan hingga berat. Fenomena barodontalgia dikenal sejak Perang Dunia II. Saat itu seorang pilot pesawat tempur terserang sakit gigi saat sedang menerbangkan pesawat.

Tentu akan berbahaya jika pilot merasa sakit gigi saat di udara. Karena itulah seorang pilot tidak boleh memiliki gigi yang berlubang ataupun ompong.

Berita Terkait

Wajib Coba Sate Tuna di Warung Makan Sari Laut Bu Gandos Rekomendasi Kuliner Enak di Pacitan

Maya Rosfi'ah

Prof I Gde Pitana: Di Tangan Arief Yahya, Pariwisata Indonesia Semakin Maju

Maya Rosfi'ah

Ada Tikus hingga Kera Panggang 7 Kuliner Ekstrem di Pasar Tomohon Manado

Maya Rosfi'ah

Mengetahui Arti Kode SSSS di Boarding Pass Pesawat

Maya Rosfi'ah

Yuk Ikuti Pameran Seni Daring di Artscience Museum Singapura Lagi di Rumah Aja

Maya Rosfi'ah

10 Destinasi Wisata Populer untuk Liburan Akhir Pekan di Jakarta

Maya Rosfi'ah

Ini Bahayanya Jangan Cetak Boarding Pass Sebelum Naik Pesawat Terbang

Maya Rosfi'ah

7 Maskapai Ini Batalkan Penerbangan menuju Korea Selatan karena Wabah Virus Corona

Maya Rosfi'ah

Ini 5 Menu Makanan A&W Ini Paling Disukai Orang Indonesia

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment