Image default
Kesehatan

Ini Penjelasannya Saus Tomat Bahaya Buat Kesehatan Anak

Burger, ayam goreng, dan kentang goreng rasanya tak lengkap tanpa cocolan saus tomat. Sebagian anak anak mungkin menyukainya. Tapi, sebenarnya apakah saus tomat sehat? Sebagian besar orangtua mungkin berpikir bahwa saus tomat tidak berbahaya untuk kesehatan anak. Karena, saus tomat terbuat dari tomat, dan seperti yang kita tahu tomat kaya vitamin C, lycopene, serat, dan kandungan nutrisi lainnya yang baik bagi tubuh.

Sayangnya, kandungan saus tomat dan tomat asli jauh berbeda. Terlalu banyak mengonsumsi saus tomat atau mengonsumsinya untuk jangka panjang bisa membahayakan kesehatan anak. Satu botol saus tomat mengandung 25 persen gula. Memang rasanya enak, tapi terlalu banyak gula di dalamnya dan anak anak tidak membutuhkan itu.

Anak anak sudah mendapatkan dari sumber makanan lain, kita tak perlu lagi menambahkannya dari saus tomat. Ya, anak anak mungkin jatuh cinta dengan rasanya, tapi penting bagi orangtua untuk membatasi bahkan jika perlu melarang anak untuk mengonsumsi saus tomat, demi kesehatan mereka. Apalagi, kini tak sedikit anak remaja yang didiagnosis diabetes tipe 2, karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Umumnya, makanan kemasan memang mengandung natrium, ada yang rendah, ada yang tinggi. Saus tomat termasuk yang tinggi kandungan natriumnya. Tubuh memang membutuhkan garam, tetapi asupan garam berlebih justru akan meningkatkan risiko gangguan kesehatan, seperti hipertensi, sakit ginjal, hingga jantung. Sirup jagung tinggi fruktosa Satu lagi kandungan tak sehat yang ada dalam saus tomat.

Sebagian besar saus tomat mengandung sirup jagung tinggi fruktosa yang bertanggung jawab atas tingginya risiko diabetes dan obesitas. Jika kebiasaan konsumsi saus tomat dibiarkan, bukan tak mungkin di masa mendatang anak anak berisiko terserang berbagai penyakit lain yang lebih berbahaya.

Berita Terkait

Bukan Hanya Penyakit Fisik, Penyakit Kejiwaan Juga Kerap dialami Jemaah Haji

Maya Rosfi'ah

Salamfina Sunan Ingin Punya Anak dengan Cari Donor Sperma, Samakah Prosesnya dengan Bayi Tabung?

Maya Rosfi'ah

Salah Satunya Sebabkan Iritasi Kulit Inilah Alasan Sebaiknya Tidak Pergi Tidur dengan Rambut Basah

Maya Rosfi'ah

Terapi Larotrectinib dan Tes Genom untuk Pencegahan Kanker

Maya Rosfi'ah

China Umumkan Virus Korona Jenis Baru Dapat Menular Antar-Manusia Tak Lagi Pasif

Maya Rosfi'ah

Perubahan Ini yang Akan Langsung Dirasakan Tubuh Minum Teh Serai Secara Rutin

Maya Rosfi'ah

Pilah-pilih Kandungan Nutrisi Eye cream untuk Atasi Masalah Kulit Sekitar Area Mata

Maya Rosfi'ah

Ini 8 Cara Menurunkan Berat Badan buat umur di Atas 40 Tahun Mudah & Efektif

Maya Rosfi'ah

Perubahan Ani Yudhoyono Usai Dijenguk Putra Sulungnya, Annisa Pohan Ungkap Sang Mertua Segar Lagi

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment