Image default
Superskor

Ini Spesialnya Fisioterapi di Sebuah Klub Sepakbola

Bagi penonton pertandingan sepak bola tentu tak asing saat pemain cedera di lapangan, maka satu atau dua orang fisioterapi akan berlari menghampiri pemain tersebut dan memberikan kode kepada tim pelatih, apakah sang pemain wajib diganti atau masih bisa melanjutkan pertandingan. Sempat tak diperhitungkan fungsinya di lapangan hijau, fisioterapis itu kini menjelma sebagai tim medis yang berperan penting dalam kondisi prima seorang pesepak bola saat ini. Lutfinanda Amary Septiandi S.Tr.Ft, fisioterapi PSS Sleman, yang juga mantan fisioterapi Timnas Indonesia, dan Borneo FC pun mengatakan pentingnya peran fisioterapi khususnya dalam bidang gerak dan fungsi tubuh.

Lutfinanda yang berlisensi FIFA Diploma in Football Medicine menerangkan titik berat fisioterapi berada pada gerak dan fungsi tubuh, yang mana pihaknya harus menentukan dalam hitungan detik gerakan otot dan fungsi tubuh pemain apakah normal atau tidak melalui beberapa gerakan standar sesuai dengan SOP mereka. "Ibaratnya fisioterapi bekerja untuk membuat hidup lebih berarti. Sehat versi masyarakat misalnya cukup dengan bisa melakukan aktivitas sehari hari, tetapi bagi kami lebih detail. Kami harus benar benar memangani kesehatan agar optimal," ujarnya, Rabu (17/6/2020). Ia memberikan perumpaan bila dokter menyelamatkan hidup, maka fisioterapi membuat hidup lebih berarti.

Sedangkan untuk pemain di klub, fisioterapi berfungsi untuk melakukan pencegahan cedera pemain. "Kami ada program pencegahan pemain untuk kiper, striker, gelandang, dan bek. Semuanya berbeda karena memiliki peran masing masing. Bila pemain cedera, proses pemulihannya ada di tangan kami," tuturnya. Dalam pemulihan cedera pemain pun tak cukup hanya kembali pada kondisi awal pemaim, tetap harus pada kondisi performa paling maksimal dari pemain tersebut.

Berita Terkait

Ole Gunnar Solskjaer Langsung Jadikan Aaron Wan Bissaka Pemain penting di Manchester United

Maya Rosfi'ah

Ole Gunnar Solskjaer Berikan Tanggapan Kasus Manchester City & Pep Guardiola

Maya Rosfi'ah

Bruno Fernandes bilang Lebih Baik Jika Suporter Hadir Tottenham Hotspur vs Manchester United

Maya Rosfi'ah

Park Ji-sung Punya Peran Penting di Manchester United Sama dengan Cristiano Ronaldo kata Rooney

Maya Rosfi'ah

Pesan Khusus Kurniawan Dwi Yulianto Kepada Pemain Garuda Select yang Lanjutkan Karier di Eropa

Maya Rosfi'ah

Bakal Ada Lagi Diklat-Diklat Bagi Pesepakbola umur Dini Hore

Maya Rosfi'ah

Live SCTV Pukul 02.00 WIB Prediksi Skor Manchester City vs Lyon di Liga Champions

Maya Rosfi'ah

Harry Kane Diminta Dimitiar Berbatov Segera Bergabung menuju Manchester United

Maya Rosfi'ah

Frank Lampard Pemain yang Bukan Striker Koleksi 150 Gol di Liga Inggris

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment