Image default
Travel

Intip Keunikannya Pesawat Listrik Terbesar di Dunia Diterbangkan buat Pertama Kalinya

Pesawat listrik ( all electric ) terbesar di dunia diterbangkan untuk pertama kalinya. Melansir dari CNN, pesawat yang diberi nama Cessna Caravan tersebut dapat mengangkut sembilan penumpang sekali terbang. Pesawat Cessna Caravan 208B diterbangkan pada Kamis (28/5/2020), tapi pilot menerbangkannya tanpa penumpang.

Penerbangan perdananya dilakukan di sebuah landasan udara di Washington pukul 08.00 waktu setempat. Operator Harbour Air mengatakan penerbangan pesawat listrik terbesar di dunia itu dilakukan sekira 15 menit setelah lepas landas dari Vancouver, Kanada. Pesawat listrik itu hasil kolaborasi antara perusahaan mesin magniX dan aerospace AeroTEC, menurut rilis pers dari magniX.

Cessna Caravan memiliki jangkauan hingga 100 mil. Versi all electric pesawat itu akan menggunakan sistem propulsi magni500 berkekuatan 750 tenaga kuda (560kW). Perusahaan mesin magniX bertujuan mengenalkan pesawat listrik ke masyarakat dengan biaya yang lebih murah.

Perusahaan tersebut juga menyediakan sistem propulsi untuk semua pesawat listrik dengan enam kursi penumpang yang akan diterbangkan pertama kali pada Oktober mendatang. Pada saat itu, CEO magniX Roei Ganzarski mengatakan sektor transportasi khususnya industri penerbangan telah siap untuk menghadapi gangguan besar akibat pandemi Covid 19 ini. Ganzarski menambahkan jika penerbangan pesawat listrik komersial memiliki biaya lebih murah serta lebih ramah lingkungan.

Pesawat listrik ( all electric ) juga dikembangkan di negara lain termasuk Inggris. Cranfield Aerospace Solutions (CAeS) di Inggris mengumumkan pada bulan November mereka sedang mengerjakan pesawat listrik. Diprakirakan pesawat listrik itu siap mengudara pertama kali pada awal 2023 mendatang.

Berita Terkait

Ditemukan Tanpa Sengaja oleh Penyelam Asal Belanda Fakta Unik Raja Ampat

Maya Rosfi'ah

Selain Waroeng Klangenan yang Dikunjungi Jokowi, Ini 6 Angkringan Modern di Jogja

Maya Rosfi'ah

5 Tempat Terbaik untuk Saksikan Sunset di Maluku, Coba Kunjungi Tanjung Nusaniwe

Maya Rosfi'ah

Lokasinya Dekat Wisata Grojogan Sewu Inilah Kamar yang Pernah Diinapi Bung Karno di Tawangmangu

Maya Rosfi'ah

Niat Pelesir di Indonesia, Warga Singapura Tewas Tenggelam di Laut Bintan

Maya Rosfi'ah

Datang Dieng Culture Festival (DCF) 2019? Simak 9 Aturan yang Wajib Dipatuhi

Maya Rosfi'ah

Prediksi Teknologi Canggih yang Akan Hadir di Bandara Tahun 2030

Maya Rosfi'ah

5 Fakta Unik Makanan di Pesawat yang Tak Diketahu Penumpang

Maya Rosfi'ah

Jangan Pernah Lakukan 6 Kebiasaan Ini saat Liburan menuju Thailand

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment