Image default
Bisnis

ITB Siap Membantu Kemenhub Menyiapkan Protokol New Normal di Sektor Transportasi

Institut Teknologi Bandung (ITB) akan membantu Kementerian Perhubungan (Kemenhub), untuk menyiapkan protokol new normal atau kenormalan baru di sektor transportasi. Rektor ITB Reini Wirahadikusumah mengatakan pihaknya telah mempersiapkan kerja sama dengan Kemenhub dalam tiga tahapan, yaitu tahapan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. "Untuk jangka pendek, yakni dengan menghadirkan solusi technology and policy dalam pencegahan penyebaran virus corona atau Covid 19 di sektor transportasi," ucap Reini dalam konferensi virtual, Selasa (2/6/2020).

Kemudian untuk jangka menengah, Reini menjelaskan, ITB bekerjasama dengan Kemenhub untuk mengembangkan platform, big data transportasi, pergerakan orang dan logistik, analisis serta permodelan sektor bisnis transportasi. "Sedangkan untuk jangka panjang, akan membantu wacana Kemenhub mengubah Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) menjadi Badan Kebijakan Transportasi. Tentu kami akan membantu untuk mendukung terbentuknya hal tersebut," kata Reini. Menurut Reini, ITB sendiri telah melakukan riset inovasi solusi Covid 19 untuk sektor transportasi, antara lain mengembangkan sistem spasial dinamis tingkat penyebaran Covid 19, dan evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Selain itu kami juga mengembangkan thermal scanner untuk evaluasi suhu multiple object, dalam kerumunan antrean. Thermal ini sudah digunakan di stasiun kereta api Kiaracondong, Bandung," kata Reini. Reini juga menyebutkan, ITB saat ini sedang mengembangkan thermar scanner face recognition dengan harga terjangkau, untuk mengevaluasi suhu penumpang di dalam bus atau angkutan umum lainnya. Sebagai informasi, Kemenhub melalui Balitbanghub menggandeng akademisi dari beberapa perguruan tinggi, untuk menggali masukan dalam rangka menyiapkan kebijakan di sektor transportasi menghadapi situasi new normal yang akan diterapkan pasca kondisi pandemi Corona Covid 19.

Berita Terkait

Prudential Indonesia Lanjutkan Program Edukasi Asuransi & Literasi Keuangan 2020

Maya Rosfi'ah

Penjualan Avtur Turun Masyarakat Beralih menuju Jalan Tol Pertamina

Maya Rosfi'ah

Penjelasan kenapa BHIT dan BMTR Tidak Bagi Dividen Tahun Ini

Maya Rosfi'ah

Minimarket Siasati Pandemi dengan Layanan Drive Thru

Maya Rosfi'ah

Berikut Cara Daftar & Syaratnya Penyebab Gagal Dapatkan Kartu Pra Kerja

Maya Rosfi'ah

BPJS Ungkap Ada 12 Kasus Fraud Selamatkan Kebocoran Rp1 Triliun

Maya Rosfi'ah

Menteri Erick Thohir Sebut Ahok dari Kerja Per Hari Ini Jadi Komut Pertamina

Maya Rosfi'ah

Yaya Nurcahya Kini Kebanjiran Order ‘Wastafel Portable’ Pengusaha Bengkel Las Hampir Bangkrut

Maya Rosfi'ah

Gerindra Minta Kemendag Tidak Berikan Seluruh Izin Impor Gula Mentah kepada Swasta

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment