Image default
Bisnis

ITB Siap Membantu Kemenhub Menyiapkan Protokol New Normal di Sektor Transportasi

Institut Teknologi Bandung (ITB) akan membantu Kementerian Perhubungan (Kemenhub), untuk menyiapkan protokol new normal atau kenormalan baru di sektor transportasi. Rektor ITB Reini Wirahadikusumah mengatakan pihaknya telah mempersiapkan kerja sama dengan Kemenhub dalam tiga tahapan, yaitu tahapan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. "Untuk jangka pendek, yakni dengan menghadirkan solusi technology and policy dalam pencegahan penyebaran virus corona atau Covid 19 di sektor transportasi," ucap Reini dalam konferensi virtual, Selasa (2/6/2020).

Kemudian untuk jangka menengah, Reini menjelaskan, ITB bekerjasama dengan Kemenhub untuk mengembangkan platform, big data transportasi, pergerakan orang dan logistik, analisis serta permodelan sektor bisnis transportasi. "Sedangkan untuk jangka panjang, akan membantu wacana Kemenhub mengubah Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) menjadi Badan Kebijakan Transportasi. Tentu kami akan membantu untuk mendukung terbentuknya hal tersebut," kata Reini. Menurut Reini, ITB sendiri telah melakukan riset inovasi solusi Covid 19 untuk sektor transportasi, antara lain mengembangkan sistem spasial dinamis tingkat penyebaran Covid 19, dan evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Selain itu kami juga mengembangkan thermal scanner untuk evaluasi suhu multiple object, dalam kerumunan antrean. Thermal ini sudah digunakan di stasiun kereta api Kiaracondong, Bandung," kata Reini. Reini juga menyebutkan, ITB saat ini sedang mengembangkan thermar scanner face recognition dengan harga terjangkau, untuk mengevaluasi suhu penumpang di dalam bus atau angkutan umum lainnya. Sebagai informasi, Kemenhub melalui Balitbanghub menggandeng akademisi dari beberapa perguruan tinggi, untuk menggali masukan dalam rangka menyiapkan kebijakan di sektor transportasi menghadapi situasi new normal yang akan diterapkan pasca kondisi pandemi Corona Covid 19.

Berita Terkait

Laba Emiten Properti PT Urban Jakarta Propertindo Tbk Melesat 466 Persen Kinerja Kinclong

Maya Rosfi'ah

Login www.pln.co.id atau Chat WA 08122123123 Cara Mudah Dapat Token Listrik Gratis PLN Bulan Juli

Maya Rosfi'ah

Jumlah Truk Kelebihan Muatan yang Melintas di Tol Cikampek Berkurang 30 Persen

Maya Rosfi'ah

Menko Luhut Tegaskan Belum Ada Kerja Sama Antara Ping An Insurance dengan BPJS Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Irfan Hakim & Omesh Prihatin Dengan Kasus Bandung Makuta

Maya Rosfi'ah

AS Kalahkan China dalam GugatanTarif Kuota Impor Produk Pertanian di WTO

Maya Rosfi'ah

Mulailah Berinvestasi! 4 Tips Kelola Uang THR Supaya Tidak ludes Sia-sia

Maya Rosfi'ah

Curang, Sejumlah Pom Bensin di Jalur Pantura Disegel Kemendag

Maya Rosfi'ah

Yaya Nurcahya Kini Kebanjiran Order ‘Wastafel Portable’ Pengusaha Bengkel Las Hampir Bangkrut

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment