Image default
Bisnis

Jamkrindo Permudah Akses UMKM Dapatkan Kredit Usaha Rakyat

PT Jamkrindo(Persero) memberikan kemudahan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memperoleh Kredit Usaha Rakyat (KUR). ‎Direktur Bisnis Penjaminan PTJamkrindo, Amin Mas'udi menjelaskan, selama ini banyak pelaku usaha kecil yang kesulitan memperolehKURkarena tidak memiliki agunan. Pihaknya hadir untuk memberikan jaminan kepada pelaku usaha kecil itu hingga 70 persen dari total jaminan.

"Ini upaya untuk meningkatkan daya saingUMKMsehingga mampu tumbuh menjadi usaha yang berkelanjutan dengan skala yang lebih besar‎," ujar dia, disela sela sosialisasiKURdi Hotel Griptha Kudus, Jumat (13/3/2020). ‎Menurutnya,KURtidak hanya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tetapi juga menjadi langkah pemerataan ekonomi serta penyerapan tenaga kerja. PenjaminanKURPT Jamkrindo(Persero) secara nasional pada tahun 2019 mencapai 59,01 triliun denganUMKMyang dijamin sebanyak enam jutaUMKMlebih.

‎"Harapannya penjaminan pada tahun 2020 ini bisa meningkat sekitar 13 persen dibandingkan tahun sebelumnya," jelas dia. Pada perkembangannya,KURtelah mengalami beberapa perubahan baik skema maupun regulasi. Salah satu perubahan yang ditetapkan tahun ini adalah penurunan suku bunga pada posisi 7 persen menjadi 6 persen.

"Kebijakan penurunan suku bunga tersebut diikuti dengan target peningkatan volume penyaluranKURsebesar 36 persen dibandingkan 2019 menjadi Rp 190 triliun pada 2020," kata dia. Atas target yang ditetapkan tahun 2020 juga memberikan perubahan terhadap plafond maksimumKURMikro dari Rp 25 juta menjadi Rp 50 juta perdebitur. KemudianKURKecil dari semula Rp 25 juta hingga Rp 500 juta, menjadi Rp 50 juta hingga Rp 500 juta.

"NPG (non performing guarantee)‎ masih di angka sekitar 2 persen, jadi masih aman," jelas dia. Anggota DPR RI Komisi XI, Musthofa ‎menjelaskan, kebijakan pemerintah yang meningkatkan penyaluranKURmencapai Rp 190 triliun pada tahun 2020 perlu diapresiasi pelaku usaha. Terlebih di Kabupaten Kudus terutama wilayah utara, kata dia, masih banyak usaha yang membutuhkan pinjaman dengan bunga rendah.

"Ini perlu direspons bersama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia," jelas dia. ‎ApalagiKURmikro yang pinjamannya hingga Rp 50 juta itu tanpa jaminan, sehinggaJamkrindoperlu hadir untuk memberikan garansi pinjaman. Pelaku usaha yang sebelumnya tidak bisa memperoleh pinjaman dari lembaga keuangan, pada akhirnya juga bisa mendapatkanKURtersebut.

"Tapi pahami juga aturan mainnya, jangan baru mau mulai usaha terus mengajukan pinjaman. Harusny‎a usaha yang sudah berjalan," jelas dia. (raf) Penulis: raka f pujangga

Berita Terkait

Menko Luhut Tegaskan Belum Ada Kerja Sama Antara Ping An Insurance dengan BPJS Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Irfan Hakim & Omesh Prihatin Dengan Kasus Bandung Makuta

Maya Rosfi'ah

Bank DKI Dukung Layanan Perbankan Syariah Kepada PP Muhammadiyah

Maya Rosfi'ah

Mentan SYL Tantang Eksportir Genjot Ekspor Produk Pertanian hingga 3 Kali Lipat

Maya Rosfi'ah

LPDB Target Wujudkan 25 Unit Koperasi Modern Berbasis Teknologi

Maya Rosfi'ah

Ekspor Produk Home Decor Digenjot Lagi Tren di Eropa

Maya Rosfi'ah

Menteri Erick Thohir Sebut Ahok dari Kerja Per Hari Ini Jadi Komut Pertamina

Maya Rosfi'ah

Generasi Milenial Pelajar Tumpuan Kemajuan Indonesia Wamendag

Maya Rosfi'ah

Anak Usaha Pupuk Indonesia capai Sertifikasi Sistem Anti Suap Satu Lagi

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment