Image default
Techno

Jangan Disepelekan, Ini Cara Merawat Kabel Headset Agar Tak Mudah Rusak

Jangan disepelekan, cara merawat headset yang salah dapat membuatnya rusak lho! Headset menjadi salah satu aksesoris gadget yang paling penting. Apalagi bagi kalian yang tidak nyaman dengan keramaian, headset pasti sudah jadi teman setia. Mendengarkan musik dengan headset bisa memberikan ketenangan tersendiri di tengah keramaian.

Bahkan beberapa orang cuma sekedar memasangkan headset tanpa memutar lagu apapun untuk sekedar meredam suara. Karena fungsinya yang cukup penting ini, headset jadi selalu dibawa kemanapun kita pergi. Kadang headset jadi mudah rusak karena kita menyimpannya tidak dengan cara yang benar. Berikut ini tips yang bisa kalian gunakan untuk menyimpan headset supaya tetap awet dan terjaga kualitasnya.

Salah satu penyebab terbesar rusaknya headset adalah karena putusnya kabel akibat kesalahan saat menggulung. Cara yang paling tepat untuk menggulung kabel adalah dengan membentuknya menjadi angka delapan (8). Gulungan juga harus rapi dan juga teratur. Pastikan juga kabel dalam posisi yang benar benar lurus sebelum digulung.

Berikut ini contohnya. Walaupun fungsi utama headset adalah untuk membuat suara menjadi lebih keras, tapi sebaiknya jangan terlalu sering memaksakan volume sampi level tertinggi. Terlalu seringnya aplifier mengeluarkan volume yang terlalu tinggi bisa menyebabkan sobeknya membran amplifier.

Semakin tinggi volume, maka getaran yang timbul di amplifier juga makin tinggi. Akibatnya membran yang ada punya resiko sobek yang lebih besar. Kebanyakan headset kabel memang punya panjang kabel yang cukup panjang.Rata rata ada di angka 1 1,25 meter, atau bahkan lebih. Tapi sebaiknya jangan terlalu memaksakan jarak itu sampai kabel menjadi tertarik.

Hal ini bisa menimbulkan resiko putusnya kabel di bagian dalam yang tidak akan bisa kita lihat. Yang terakhir adalah kalian harus menjaga kebersihan headset kalian. Debu yang menumpuk bisa menutup aliran suara dan menyumbat amplifier yang menjadi sumber suara. Akibatnya kualitas suara jadi buruk karena terhalang oleh debu.

Selain itu kalian juga perlu jauhkan dengan air. Sebagaimana perangkat elektronik lainnya, headset juga sensitif dengan air karena bisa menyebabkan konsleting. Itu tadi beberapa tips sederhana yang bisa kalian lakukan untuk menjaga dan merawat headset kesayangan kalian. Setelah ini kalian bisa langsung menerapkan tips tips yang ada di atas. Selamat mencoba.

Berita Terkait

Ini Bedanya Sama Sama Punya Kamera 64 Mp Spesifikasi Dan Harga Redmi Note 8 Pro Dan Realme Xt

Maya Rosfi'ah

Inilah Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A80 yang Sudah Resmi Masuk di Indonesia

Maya Rosfi'ah

Galaxy M30s hingga Galaxy A30s Harga Terbaru HP Samsung Bulan Januari 2020

Maya Rosfi'ah

Mekanisme Mirip RAZR Ini Wujud Asli Ponsel Lipat Galaxy Fold 2

Maya Rosfi'ah

Hari Ini Terakhir Bisa Tebus Galaxy S10 dengan Tukar iPhone XR dan Rp 2,3 Juta

Maya Rosfi'ah

Fakta Dalam Waktu Dekat Samsung Kenalkan Seri Galaxy M40

Maya Rosfi'ah

Berinvestasi Melalui Aplikasi Mobile InvestASIK

Maya Rosfi'ah

WhatsApp Web Kini Bisa Kirim Foto Kenangan dengan yang Tersayang

Maya Rosfi'ah

Perkuat Aplikasi Bisnis, Ribuan Perusahaan Adopsi Red Hat OpenShift Container Platform

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment