Image default
Travel

Jangan Letakkan Barang di Kantong Belakang Kursi Pesawat Bahaya

<span ></span> Menjadi pramugari dengan ribuan jam terbang tentu meninggalkan cerita tersendiri. Tak terkecuali dengan beberapa kelakuan penumpang yangbermacam macam. Ada yang terkesan menyebalkan, menganggu kenyamanan penumpang laing hingga awak kabin.

Mengutip laman Express.co.uk, Jumat (27/9/2019), pramugari melayani ratusan penumpang di setiap penerbangan dan beberapa di antaranya menunjukkan perilaku yang buruk. Seorang pramugari mengungkapkan, penumpang sering berpikir kondisi pesawat selalu bersih ketika akan ditumpangi. Namun, kondisi pesawat bisa lebih kotor dari apa yang penumpang pikirkan.

Hal ini bisa karena perilakupenumpang yang kurang menjaga kebersihan. Salah satu bagian pesawat yang bisa dibilang kotor adalah kantong belakang kursi pesawat. Pramugari tersebut menjelaskan, penumpang tidak boleh menggunakan atau meletakkan apapun di kantong belakang kursi pesawat.

"Saya selalu merekomendasikan penumpang untuk tidak pernah menggunakan atau memasukkan apapun ke kantong belakang kursi pesawat," kata pramugari tersebut. Pramugari tersebut menambahkan, kantong belakang kursi pesawat merupakan satu bagian yang bersih dari sampah, namun tidak pernah 'dibersihkan'. "Kantong belakang kursi pesawat bersih dari sampah tetapi tidak pernah dibersihkan," tambahnya.

Ada banyak benda yang dimasukkan atau dikeluarkan dari kantong belakang kursi pesawat. Mulai dari tisu kotor, tas kecil, celana dalam, kaus kaki, kaki orang, permen karet dan sisa permen. "Aku sudah melihat segala macam ditarik keluar dari kantong belakang kursi pesawat. Mulai dari tisu kotor, tas kecil, celana dalam, kaus kaki, kaki orang, permen karet hingga sisa permen. Dan kemudian, penerbangan selanjutnya penumpang lain meletakkan telepon, laptop atau iPad di sana,"ungkap pramugari.

Seorang pramugari lainnya juga mengungkapkan, orang orang sering melakukan hal hal menjijikkan dengan meja nampan di bagian belakang kursi pesawat. "Orang orang sering melakukan hal hal yang menjijikan di atas meja nampan mereka. Saya melihat orang mengganti popok bayi hingga memotong kuku jari kaki," ungkap pramugari lain. Ada hal yang lebih parah dibandingkan beberapa hal menjijikkan di atas yakni temuan kotoran manusia di bawah kursi.

"Meskipun beberapa hal di atas menjijikkan, namun ada satu yang lebih mengerikan yakni kotoran manusia di bawah kursi," jelas pramugari. Inilah mengapa penumpang perlu membersihkan nampan di kursi belakang pesawat sebelum menggunakannya. Keluarga Kerajaan Inggris,<span ></span>Meghan Markle<span ></span>pernah membahas tentang pentingnya menjaga kebersihan sebelum menggunakan apapun yang ada di pesawat melalui situsnya, The Tig.

"Aku bukan Germophobe (phobia akan kebersihan yang berlebihan), tetapi ketika aku naik pesawat, aku selalu menggunakan tisu basah atau semprotan pembersih untuk membersihkan semua bagian, termasuk LED TV, nampan dan semua tombol di kursi," kata Meghan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Insurancequotes.com tahun lalu menunjukkan, meja nampan memiliki 11.595 unit pembentuk koloni kuman (CFU), menjadikannya area paling kotor kedua di pesawat. Yang pertama adalah tombol flush pada dudukan toilet, yang memiliki lebih dari 95.000 CFU.

Untuk menghindari paparan kuman dari orang lain, penumpang disarankan untuk memilih kursi dekat jendela. Ini karena posisi duduk dekat jendela meminimalisir kontak dengan penumpang lain serta awak kabin. "Penumpang bisa memilih tempat duduk dekat jendela untuk membatasi kontak dengan penumpang lainnya," kata pakar etiket, William Hanson.

Seorang pramugari lainnya menambahkan, ada baiknya penumpang jangan meletakkan kepala ke jendela itu sendiri. Karena pada penerbangan sebelumnya, penumpang tidak pernah tahu berapa banyak orang yang batuk, bersin dan jumlah kuman di sana. Namun, menurut para peneliti di Emory University Amerika Serikat mengungkapkan, penumpang duduk dengan satu atau dua kursi penumpang di sebelahnya yang terinfeksi, maka penumpang tersebut memiliki peluang 80 persen untuk terkena kuman di mana pun dia duduk.

Sementara itu, di bandara ada satu tempat yang dianggap paling kotor yakni loket check in mandiri. Menurut penelitian Insurance Quotes, loket check in mandiri mengharuskan penumpang untuk menyentuh layar. Di mana satu layar check in mandiri ini memiliki lebih dari satu juta CFU.

Berita Terkait

Pramugari Ungkap 4 Permintaan Paling Absurd yang Pernah Diminta Penumpang Pesawat

Maya Rosfi'ah

Begini Penjelasannya Rasa Makanan di Pesawat Kadang Berbeda dengan di Darat

Maya Rosfi'ah

Ini 10 Aturan yang wajib Ditaati Pramugari Tak Boleh Ada Jerawat hingga Postur Tubuh

Maya Rosfi'ah

Berlaku dari November 2019 Jadwal KA Lodaya & KA Malabar Terbaru

Maya Rosfi'ah

PLAYMAKER Menawarkan Beragam Menu Andalan & Suasana Nyaman

Maya Rosfi'ah

Penerbangan Ini Dibatalkan Setelah Awak Kabin Laporkan Ada Es di Sayap Pesawat

Maya Rosfi'ah

Jangan Pernah Berani Menyentuh Tangan Patung Buddha di Candi Borobudur

Maya Rosfi'ah

Telah Hadir Haritts Donuts & Coffee-Kafe Dengan Konsep Take Away & Dine-In.

Maya Rosfi'ah

7 Maskapai Ini Batalkan Penerbangan menuju Korea Selatan karena Wabah Virus Corona

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment