Image default
Nasional

Jawaban TVRI SD Jika Edo Berlari Mengelilingi Lapangan Sebanyak 5 Kali Berapa Meter Edo Berlari

Simak jawaban soal Belajar dari Rumah TVRI SD kelas 4 6 berikut ini. Dalam jawaban soal SD kelas 4 6 pada Senin (8/6/2020), terdapat soal yang menanyakan jika Edo berlari mengelilingi lapangan sebanyak 5 kali, berapa meter Edo berlari? Soal tersebut merupakan salah satu pertanyaan dari tiga soal, yang nantinya akan ditayangakan dalam Belajar dari Rumah TVRI SD kelas 4 6, materi Gemar Matematika: Keliling Bangun Datar dan Luas Lingkaran.

Total pertanyaan yang akan ditayangkan dalam program Belajar dari Rumah TVRI SD kelas 4 6 ini adalah 3 soal. Sebuah lapangan bola berbentuk persegi panjang. Panjang sisinya 110 m x 80 m. Jika Edo berlari mengelilingi lapangan sebanyak 5 kali, berapa meter Edo berlari?

Pak Indra memiliki sebuah mobil. Panjang jari jari ban mobil tersebut adalah 21 cm. Saat mobil berjalan, ban mobil berputar sebanyak 200 kali. Berapa meter jarak yang ditempuh mobil tersebut?

Sebuah taman berbentuk lingkaran. Taman tersebut memiliki keliling 88 m. Berapa meter persegi luas taman tersebut? Keliling lapangan = 2 x (p+l)

2 x (110 = 80) 2 x 190 = 380 meter Karena Edo mengelilingi sebanyak 5 kali maka 380 meter x 5 = 1900 meter.

Jadi Edo berlari sebanyak 1900 meter. Keliling lingkaran = 2 π r = 2 x 22/7 x 21 924/7 = 132 cm

Karena roda berkeliling 200 kali maka jaraknya = 132 x 200 = 26.400 cm = 264 meter. Jadi jarak yang ditempuh mobil adalah 264 meter. Keliling taman = 2 π r

88 meter = 2x 22/7 x r 88 = 44/7 x r = (88×7) / 44 = 14 meter

Luas taman = π r r 22/7 x 14 x 14 = 616 meter persegi Jadi luas taman adalah 616 meter persegi.

Jawaban soal di atas hanya sebagai panduan orang tua dalam proses belajar anak dari rumah. Dikutip dari Panduan Belajar dari Rumah Kemendikbud, berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan: 1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut.

Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian. 2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya.

Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru. 3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya. Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan.

Selanjutnya, bersama sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan. Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan: 1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai.

Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan. 2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak.

3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesain, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut. 4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan.

Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak.

Berita Terkait

Rakernas Forum CSR Tahun 2020 Diharapkan Dapat Wujudkan Kesejahteraan Sosial

Maya Rosfi'ah

Polisi Sita Ponsel Hingga Kacamata Perempuan Perekam Video Ancaman Penggal Jokowi

Maya Rosfi'ah

SD Kelas 4-6 Apa Saja Kegiatan Manusia yang Berdampak Positif & Negatif Terhadap Kelestarian Air

Maya Rosfi'ah

Sudah Ada Api Sebelum Jatuh Kesaksian Warga yang Melihat Jatuhnya Pesawat TNI AU di Riau

Maya Rosfi'ah

Gempa Hari Ini BMKG Catat 5 Kali Gempa Bumi Melanda Sejumlah Wilayah Indonesia

Maya Rosfi'ah

Akademisi Minta DPR Ikut Kritisi Perpres Tugas TNI Tangani Terorisme

Maya Rosfi'ah

PSBB Kebijakan Paling Rasional dalam Atasi Covid-19 Deputi IV KSP

Maya Rosfi'ah

Sejumlah Wilayah Berpotensi Hujan Petir Prakiraan Cuaca BMKG di 34 Kota Rabu 29 April 2020

Maya Rosfi'ah

BPJS Kelas III akan Dibayari Mantan Jubir Prabowo-Sandi Gamal Albinsaid Nyalon Wali Kota Surabaya

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment