Image default
Nasional

Jelaskan Hal Apa Saja yang Dapat Kamu Lakukan buat Gerakan Sadar Energi di Rumahmu! SD Kelas 4-6

'Jelaskan hal apa saja yang dapat kamu lakukan untuk Gerakan Sadar Energi di rumahmu!' merupakan soal ketiga Belajar dari Rumah diTVRI SD kelas 4 6, Kamis 11 Juni 2020. Materi yang diusung dalam belajar dari rumah TVRI SD kelas 4, 5, dan 6 yakni Gerakan Sadar Energi: Pulau Bintang. Kunci jawaban soal tugas materi ini diperuntukkan bagi orang tua atau wali untuk mengoreksi hasil belajar buah hatinya.

Total ada tiga soal yang perlu diselesaikan peserta didik. Anda juga bisa mengetahui cara streaming online TVRI melalui ponsel atau tablet. Sebagai bahan pegangan orang tua untuk mengoreksi, berikut kunci jawaban soal SD Kelas 4 6, Kamis (11/6/2020):

Bagaimana pendapatmu tentang kehebatan Pulau Bintang? Pendapatku tentang kehebatan pulau Bintang harus di contoh oleh pulau pulau lain. Di pulau Bintang setiap jam enam sore ketika matahari terbenam, lampu lampu akan menyala secara otomatis.

Hebatnya, listrik di pulau Bintang diatur sehemat mungkin. Selain keindahannya, Pulau Bintang juga memiliki sumber daya alam yang berlimpah. Untuk itu, kita wajib menjaga dan melestarikannya.

Setujukah kamu tentang pentingnya energi terbarukan? Berikan komentarmu! Sangat setuju, energi terbarukan merupakan energi yang tidak pernah habis. Karena energi yang digunakan bersumber dari alam, seperti matahari, angin dan air.

Dengan begitu, penggunaan energi dari batu bara, minyak bumi dan gas alam yang semakin hari semakin menipis dapat diminamalisir. Jelaskan hal apa saja yang dapat kamu lakukan untuk Gerakan Sadar Energi di rumahmu! Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menghemat listrik energi.

Contoh dalam menghemat listrik seperti mematikan lampu saat siang hari, mematikan televisi jika tidak digunakan dan mematikan lampu saat tidur. Sementara itu untuk menghemat air bisa dilakukan dengan mematikan keran jika air sudah penuh hingga selalu menghabiskan air dalam gelas. Dengan begitu, air tidak terbuang sia sia.

*) Disclaimer: Kunci jawaban ini hanya sekadar pegangan untuk orang tua atau wali mengoreksi jawaban anak. Pukul 08.00 08.30 WIB Bermain Matematika dan Sains

Pukul 08.30 09.00 WIB Matematika: Operasi Penjumlahan Pukul 09.00 09.30 WIB

Gerakan Sadar Energi: Pulau Bintang Pukul 09.30 10.00 WIB Matematika Manfaat Betul: Kesebagunan

Pukul 10.03 10.30 WIB Matematika: Volume Benda Putar Pukul 10.30 11.00 WIB

Keluarga Indonesia: Menanamkan Kebiasaan Baik pada Anak Pukul 21.30 23.30 WIB Cinta Brotosaurus

Jadwal ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut. Hal hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:

1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian. 2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya.

Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya. Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru. 3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya.

Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan. Hal hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:

1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan. 2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan.

Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak. 3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesain, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.

4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak. Simak link live streaming TVRI online berikut ini:

Pastikan perangkat ponsel, tablet, dan laptop telah tersambung koneksi internet. Buka browser, bisa gunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, di perangkat Anda. Buka laman melalui browser atau aplikasi YouTube yang ada di perangkat Anda.

Pilih siaran nasional. Pastikan perangkat ponsel, tablet, dan laptop telah tersambung koneksi internet. Buka browser, bisa gunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, di perangkat Anda.

Buka laman melalui browser yang ada di perangkat Anda Pilih siaran nasional. Pastikan perangkat ponsel, tablet, dan laptop telah tersambung koneksi internet.

Buka browser, bisa gunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, di perangkat Anda. Buka laman melalui browser yang ada di perangkat Anda. Pilih siaran nasional.

Pastikan perangkat ponsel, tablet, dan laptop telah tersambung koneksi internet. Buka browser, bisa gunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, di perangkat Anda. Buka laman melalui browser yang ada di perangkat Anda.

Pilih siaran nasional.

Berita Terkait

Terbang menuju Jakarta buat Seleksi CPNS di BKN Ditya Timur Aska

Maya Rosfi'ah

Peringatan Gelombang Tinggi Jumat 5 Juni 2020 Capai 4 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia BMKG

Maya Rosfi'ah

Simak Tata Cara Salat Idul Adha Kemenag Gelar Sidang Isbat Idul Adha 21 Juli 2020

Maya Rosfi'ah

Dilengkapi Flight Simulator Dan Pabrik Pengolahan Ikan Kediaman Susi Pudjiastuti Di Pangandaran

Maya Rosfi'ah

Peneliti LIPI Syamsuddin Haris Jadi Dewas KPK

Maya Rosfi'ah

Sandiaga Uno Beri Tanggapan ‎Banyak Survei Soal Prediksi Berakhirnya Covid-19 di Indonesia

Maya Rosfi'ah

2 Wilayah Ini Berpotensi Hujan hingga Angin BMKG Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Selasa 23 Juni 2020

Maya Rosfi'ah

Perppu Pilkada Luput Mengatur Soal Anggaran Perludem

Maya Rosfi'ah

Komisi VI Sarankan Pemerintah Buat Program Ruralisasi Setelah Pandemi Covid-19

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment