Image default
Bisnis

Jenis-Jenis Exchange Crypto

Exchange crypto merupakan platform online tempat seseorang untuk bisa menukar satu crypto dengan crypto lainnya serta melakukan jual beli aset kripto. Pada artikel kali ini akan kami jelaskan mengenai  beberapa jenis dari exchange crypto yang perlu Anda ketahui. Adapun jenis dari platform ini adalah sebagai berikut :

Apa Saja Jenis Exchange Crypto?

 

  • Exchange Crypto Tradisional

Merupakan jenis pertukaran seperti pertukaran saham secara tradisional, di mana penjual serta pembeli berdagang berdasar harga pasar crypto saat ini. Jenis platform perdagangan ini biasanya akan membebankan biaya untuk setiap transaksi yang dilakukan. 

Beberapa jenis pertukaran tersebut hanya berurusan dengan crypto, yang lain memungkinkan para pengguna untuk memperdagangkan mata uang fiat seperti contohnya dolar AS untuk cryptocurrency seperti bitcoin. Coinbase GDAX ini merupakan contoh dari jenis pertukaran tersebut seperti halnya Kraken.

Bursa cryptocurrency pun ada yang dikelola oleh pihak ketiga atau mereka mempunyai perantara yang bisa melakukan dukungan serta memperbaiki beberapa problem. Secara umum pertukaran terpusat ini akan memerlukan banyak sekali informasi. Akan tetapi sering memungkinkan perdagangan fiat, dan untuk pertukaran DEX tidak akan memperbolehkan perdagangan fiat namun memerlukan lebih sedikit info.

  • Broker Crypto

Jenis selanjutnya yaitu Broker Crypto, yang mana untuk yang satu ini merupakan pertukaran dengan basis situs web. Dalam pertukaran tersebut memungkinkan para pelanggan untuk menjual serta membeli dengan harga yang sebelumnya telah ditentukan oleh para broker. 

Umumnya dari harga tersebut merupakan harga pasar dan terdapat premi kecil. Di sini nantinya terjadi pertukaran antara penjual atau pembeli dengan broker bukan antara pembeli dan penjual. Coinbase merupakan contoh dari salah satu jenis pertukaran ini. 

Shapeshift juga memberikan layanan serupa yaitu memungkinkan Anda untuk bertukar token dengan yang lain dan ini merupakan solusi paling sederhana untuk para pengguna baru. Nantinya Anda akan membayar harga yang lebih mahal jika dibanding Anda melakukan di bursa karena kemudahan penggunaan serta pekerjaan yang dilakukan oleh pihak broker.

  • Platform Exchange Langsung

Platform tersebut menawarkan perdagangan peer-to-peer secara langsung antara penjual dan pembeli. Platform perdagangan langsung ini tidak memakai harga pasar yang tetap.  Penjual nantinya menetapkan nilai tukar mereka sendiri kemudian pembeli akan menemukan penjualan melalui platform atau mereka nantinya akan menunjukkan harga yang ingin mereka beli serta platform tersebut cocok dengan penjual dan pembeli.

Jenis exchange crypto yang satu ini dapat menjadi satu-satunya solusi di beberapa wilayah saat ini. Di sebuah wilayah di mana perdagangan terbatas pada pertukaran secara langsung tetapi di mana perdagangan ini tidak berdasarkan smart contract. 

Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu untuk melakukan riset tambahan dan memastikan Anda memakai platform yang terpercaya serta berurusan dengan para pengguna yang memiliki peringkat tinggi. Pastikan juga untuk Anda memeriksa harga pasar yang ada di coinmarketcap, karena Anda tidak menjual atau membeli dengan harga pasar tetap. 

  • Cryptocurrency Funds

Funds merupakan sekumpulan aset kripto yang mana dikelola secara profesional, memungkinkan untuk publik menahan atau membeli crypto melalui dana tersebut. Salah satu dana itu adalah GBTC. 

Dengan memakai dana, Anda bisa berinvestasi di dalam crypto tanpa perlu membeli ataupun menyimpan secara langsung. Sebagai trade off Anda tidak bisa memakai crypto dalam dana seperti halnya uang karena itu bersifat hanya untuk investasi.

Berita Terkait

Sinergi & Kolaborasi buat Indusrtri BPR-BPRS Hebat

Maya Rosfi'ah

Grab Hadirkan Program #TerusUsah bagi Ekonomi Palembang Setelah berhasil Kontribusi 643 Miliar

Maya Rosfi'ah

Sore Ini Rupiah Tembus Rp 14.932 Per Dollar AS Ditutup Melemah Terhadap Dollar AS

Maya Rosfi'ah

Anak Usaha Pupuk Indonesia capai Sertifikasi Sistem Anti Suap Satu Lagi

Maya Rosfi'ah

LPDB Target Wujudkan 25 Unit Koperasi Modern Berbasis Teknologi

Maya Rosfi'ah

OJK Masih Dalami Laporan Keuangan Garuda Indonesia

Maya Rosfi'ah

Investree Gandeng Mbiz Kucurkan Kredit menuju Pengusaha UMKM

Maya Rosfi'ah

Bank DKI Dukung Layanan Perbankan Syariah Kepada PP Muhammadiyah

Maya Rosfi'ah

Generasi Milenial Pelajar Tumpuan Kemajuan Indonesia Wamendag

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment