Image default
Bisnis

Kami Menyadari Harapan Masyarakat Mandat Direktur penting PLN Zulkifli Zaini

Direktur Utama baru PT PLN (Persero)Zulkifli Zainimemaparkan apa saja target yang ingin dicapainya setelah resmi menjadi pimpinanBUMNsektor energi tersebut. Awalnya, Zulkifli Zaini membahas soal komitmen dirinya untuk menjalankan mandat sebagai Dirut PLN. "Kami menyadari harapan masyarakat dan tantangan besar PLN dalam jangka pendek maupun jangka panjang," ujar Zulkifli, dilansir kanal YouTube MetroTVNews,Senin (23/12/2019).

Menurutnya, harapan tersebut untuk memastikan PLN menjadi perusahaan listrik nasional yang mampu melaksanakan mandatnya dengan baik dan berkelanjutan. "Guna memastikan PLN menjadi perusahaan listrik nasional yang mampu melaksanakan mandatnya secara berkelanjutan dan dengan sebaik baiknya,"kata Zulkifli. Selain itu terdapat beberapa catatan penting yang dimintaErick Thohir.

Salah satunya adalah mampu mengatasi pemadaman listrik. Menjabat sebagai DirutPLNyang baru, Zulkifli menyatakan pihaknya akan berusaha untuk mengatasi pemadaman listrik serta persoalan tarif listrik yang mahal. “Kita harus mampu atasi pemadaman listrik. Kedua sudah tentu tarif (listrik) harus terjangkau,” ujar Zulkifli, dilansir kanal YouTube Official iNews, Senin (23/12/2019).

Zulkifli bersama direksi baru lainnya juga mendapat mandat dariErick Thohiruntuk menyehatkan keuangan perusahaan listrik plat merah tersebut. “Jadi kami direksi maupun komisaris akan upayakan agar keuangan dariPLNadalah sehat neracanya, sehat cash flow nya,” kata Zulkifli. Kemudian, Zulkifli mengatakan bahwa operasionalPLNharus berjalan lebih efisien.

Menurutnya, kegiatan operasi harus didukung oleh organisasi yang solid serta efisien. Dalam kesempatan yang sama,Zulkifli menyampaikan akan menjalankan tugas dengan baik sesuai arahan Erick Thohir. "Kami direksi dan kalau diperbolehkan mengatas namakan dewan komisaris akan bekerja sebaik baiknya."

"Untuk menjawab harapan masyarakat dan arahan dari Menteri BUMNErick Thohir," imbuhnya. DirutPLN ini mengatakan, ada lima tugas yang dititipkan oleh Erick Thohirkepada dirinya. Salah satunya adalah mengadopsi teknologi, inovasi dan melakukan pelayanan dengan baik.

Iamenyampaikan hal tersebut akan dilakukannya ke depan untuk menjalankan tugas tugas DirutPLN. "Saya bersama dengan tim direksi mohon support dari komisaris untuk bisa melaksanakan hal yang saya sampaikan tadi," ungkapnya. Lebih lanjut, Zulkifli menyebutkan poin besar berikutnya adalah memastikanPLNmenjadi perusahaan yang mampu menopang pertumbuhan ekonomi.

"Menyediakan listrik di seluruh pedesaan serta membangun tata kelola good corporate governance yang baik," katanya. Poin lainnya yakni keterbukaan terhadap publik dan kecepatan bertindak namun dengan struktur yang baik dan resiko yang terukur. Zulkifli Zaini merupakan Komisaris Independen Bank Permata sejak 26 September 2017.

Dikutip dari laman resmi Bank Permata, ia memperoleh gelar Sarjana di bidang Teknik Sipil dari Institut Teknologi Bandung pada 1980. KemudianZulkifli Zainijuga memperoleh gelar Master of Business Administration dari Washington University, Amerika Serikat pada 1994. Sebelumnya,Zulkifli Zainipernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) dari Juli 2010 hingga April 2013.

Dirinya juga pernah berkecimpung diPLNsebagai Komisaris pada Juli 2013 hingga April 2015. Selepasnya dariPLN, kemudianZulkifli Zainikembali berkecimpung di dunia perbankan dengan menjabat sebagai Komisaris Independen PT Bank Negara Indonesia (Persero) pada Maret 2015 hingga Maret 2016. LaluZulkifli Zainijuga pernah menjadi anggota Komite Nominasi dan Remunerasi serta Ketua Komite Pemantau Risiko di PT Bank Negara Indonesia pada Maret 2015 hingga Maret 2016.

Setelah itu,Zulkifli Zainimenjadi Komisaris Independen PT Indonesia Infrastructure Finance pada Juni 2016 sampai November 2017. Saat ini,Zulkifli Zainimenjabat sebagai Komisaris Independen PT Triputra Agro Persada Group sejak Juni 2013.

Berita Terkait

Direktur Niaga Garuda Indonesia Belum Tahu Ignasius Jonan akan Jadi Atasan

Maya Rosfi'ah

Sektor Properti & Tambang Diramal Cuan Saat Tahun Tikus Logam

Maya Rosfi'ah

Gaprindo Setuju Iklan Rokok di Internet Diblokir

Maya Rosfi'ah

Ikuti Kebutuhan Pasar hingga Manfaatkan Media Sosial Tips Bisnis UMKM di Era New Normal

Maya Rosfi'ah

Menpar Ingin Harga Tiket Pesawat Bisa Lebih Murah

Maya Rosfi'ah

Dukung Bisnis BGR Logistics yang akan Rambah Segmen Retail di Industri Logistik

Maya Rosfi'ah

Penjualan Avtur Turun Masyarakat Beralih menuju Jalan Tol Pertamina

Maya Rosfi'ah

Utomodeck Kenalkan Konsep ‘Integrated Safety’ buat Pekerja Konstruksi Bangunan

Maya Rosfi'ah

Penumpang Memaksa Turun Pesawat Garuda Mendarat Darurat di Halim

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment