Image default
Kesehatan

Kamu Bisa Tahu Bagaimana Kondisi Jantungmu saat Ini Hanya Dalam Waktu 30 Detik

Jantung adalah bagian dari sistem peredaran darah dalam tubuh. Jantung terdiri dari atrium, ventrikel, katup, berbagai arteri, dan vena. Fungsi utama jantung adalah menjaga darah yang kaya oksigen untuk beredar di seluruh tubuh.

Oleh karena itu, jantung sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dan menghindari hal hal yang dapat merusak jantung. Kita juga perlu memeriksa bagaimana kondisi jantung, agar dapat mengetahui risiko kesehatan yang sedang dihadapi.

Di bawah ini, ada cara mudah dari Bright Side untuk mengetahui kondisi jantung. Cara ini hanya membutuhkan waktu 30 detik. Berikut langkahnya.

Tuang air yang sangat dingin ke dalam baskom yang cukup besar. Pastikan baskom tersebut cukup untuk dimasuki kedua tanganmu. Untuk hasil yang lebih baik, masukkan es ke dalam air dingin tersebut.

Masukkan tanganmu ke dalam air dengan es batu selama 30 detik. Ini membantumu mengetahui bagaimana darahmu akan merespons ketika bersentuhan dengan air dingin. Dari kedua langkah di atas, ada dua hasil yang mungkin terjadi :

Jika jari jarimu memerah, ini adalah pertanda baik. Kamu tidak memiliki masalah dengan oksigenasi darahmu. Jantung dan sirkulasi darahmu sehat.

Jika ujung jari jarimu menjadi pucat atau sianosis (memiliki warna kebiruan), kamu mungkin memiliki masalah sirkulasi darah. Ini terjadi karena ada kadar oksigen yang rendah dalam sel darah merahmu. Atau, ada masalah pada darah yang teroksigenasi dalam tubuhmu.

Dalam hal ini, kamu masih dapat mencoba menghangatkan atau memijat area ujung jari agar kembali normal. Jika tidak berhasil, kamu perlu memeriksakan diri ke dokter. Kamu juga perlu waspada jika perubahan warna kebiruan disertai dengan hal hal berikut :

1. Sesak napas 2. Demam 3. Sakit kepala

4. Sakit pada dada 5. Berkeringat 6. Mati rasa di lengan, kaki, tangan, jari tangan, atau jari kaki

7. Pusing atau pingsan Bawang putih : Menurunkan tekanan darah dan mengurangi vasokonstriksi (penyempitan pembuluh darah) Cokelat hitam : Menormalkan tekanan darah dan melawan peradangan

Kayu manis : Melawan penyakit jantung dan aterosklerosis (penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri) Alpukat : Mengurangi kadar kolesterol "jahat" dan membantu membersihkan arteri

Berita Terkait

Alat Makan Sampai Tenda di Pusat Observasi WNI dari Wuhan Disemprot Desinfeksi 3 Kali Sehari

Maya Rosfi'ah

Segudang Masalah Akibat Penyakit Katarak, Berikut Kisah Naryo

Maya Rosfi'ah

Efek Merokok pada Kulit dan Rambut: Mengakibatkan Jerawat hingga Penuaan Dini

Maya Rosfi'ah

Manfaat Luar Biasa Ubi Ungu bagi Kesehatan: Lancarkan Pencernaan hingga Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Maya Rosfi'ah

Latihan Mudah Cardio Pembakaran Lemak Tanpa Gunakan Bantuan Alat

Maya Rosfi'ah

Dua Pasien Sudah Diberitahu Mereka Positif Terkena Virus Corona Kemenkes

Maya Rosfi'ah

Fokus Yayasan Kanker Indonesia Mengurangi Penderita Kanker Di Indonesia

Maya Rosfi'ah

Bukan Hanya Enak untuk Masakan, Lada Hitam Bermanfaat untuk Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Menkes Terawan Janjikan Kenaikan Kualitas Layanan Iuran BPJS Naik

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment