Image default
Kesehatan

Kamu Bisa Tahu Bagaimana Kondisi Jantungmu saat Ini Hanya Dalam Waktu 30 Detik

Jantung adalah bagian dari sistem peredaran darah dalam tubuh. Jantung terdiri dari atrium, ventrikel, katup, berbagai arteri, dan vena. Fungsi utama jantung adalah menjaga darah yang kaya oksigen untuk beredar di seluruh tubuh.

Oleh karena itu, jantung sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dan menghindari hal hal yang dapat merusak jantung. Kita juga perlu memeriksa bagaimana kondisi jantung, agar dapat mengetahui risiko kesehatan yang sedang dihadapi.

Di bawah ini, ada cara mudah dari Bright Side untuk mengetahui kondisi jantung. Cara ini hanya membutuhkan waktu 30 detik. Berikut langkahnya.

Tuang air yang sangat dingin ke dalam baskom yang cukup besar. Pastikan baskom tersebut cukup untuk dimasuki kedua tanganmu. Untuk hasil yang lebih baik, masukkan es ke dalam air dingin tersebut.

Masukkan tanganmu ke dalam air dengan es batu selama 30 detik. Ini membantumu mengetahui bagaimana darahmu akan merespons ketika bersentuhan dengan air dingin. Dari kedua langkah di atas, ada dua hasil yang mungkin terjadi :

Jika jari jarimu memerah, ini adalah pertanda baik. Kamu tidak memiliki masalah dengan oksigenasi darahmu. Jantung dan sirkulasi darahmu sehat.

Jika ujung jari jarimu menjadi pucat atau sianosis (memiliki warna kebiruan), kamu mungkin memiliki masalah sirkulasi darah. Ini terjadi karena ada kadar oksigen yang rendah dalam sel darah merahmu. Atau, ada masalah pada darah yang teroksigenasi dalam tubuhmu.

Dalam hal ini, kamu masih dapat mencoba menghangatkan atau memijat area ujung jari agar kembali normal. Jika tidak berhasil, kamu perlu memeriksakan diri ke dokter. Kamu juga perlu waspada jika perubahan warna kebiruan disertai dengan hal hal berikut :

1. Sesak napas 2. Demam 3. Sakit kepala

4. Sakit pada dada 5. Berkeringat 6. Mati rasa di lengan, kaki, tangan, jari tangan, atau jari kaki

7. Pusing atau pingsan Bawang putih : Menurunkan tekanan darah dan mengurangi vasokonstriksi (penyempitan pembuluh darah) Cokelat hitam : Menormalkan tekanan darah dan melawan peradangan

Kayu manis : Melawan penyakit jantung dan aterosklerosis (penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri) Alpukat : Mengurangi kadar kolesterol "jahat" dan membantu membersihkan arteri

Berita Terkait

Buku ‘Jelajah Jiwa’ Mencoba Hapus Stigma buat Cegah Tendensi Bunuh Diri

Maya Rosfi'ah

Konsumsi Daging Merah hingga Jahe Makanan & Minuman buat Atasi Hipotermia

Maya Rosfi'ah

Bionime Perkenalkan Tes Deteksi Diabetes Personal Terintegrasi Internet

Maya Rosfi'ah

Dua Obat Kanker yang Rencananya Dihapus dari Layanan BPJS Kesehatan Ditunda

Maya Rosfi'ah

Kurangi Risiko Kanker hingga Atasi Bau Mulut 10 Manfaat yang Ada Pada Timun

Maya Rosfi'ah

Sering Dianggap Sama, Ini Bedanya Pilek dan Flu, Mulai Dari Penyebab, Gejala Hingga Obatnya!

Maya Rosfi'ah

China Umumkan Virus Korona Jenis Baru Dapat Menular Antar-Manusia Tak Lagi Pasif

Maya Rosfi'ah

10 Makanan Yang Tidak Boleh Diberikan Pada Kucing Meski Mereka Mengeong Ngeong Meminta

Maya Rosfi'ah

Puasa Momen Tepat Untuk Ubah Gaya Hidup Jadi Lebih Sehat, Ini Penjelasannya

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment