Image default
Nasional

Kemendes Terima 3.542 Aduan Masyarakat Soal Bantuan Dana Desa Pada April-Mei 2020

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar menyebut, selama periode April Mei 2020, terdapat 3.542 aduan masyarakat mengenai bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Abdul Halim menjelaskan, aduan tersebut masuk melalui beberapa saluran seperti media sosial Kementerian Desa PDTT, sambungan telepon, dan situs Lapor!. “Aduan masyarakat soal BLT Dana Desa tercatat sebanyak 1.129 aduan, JPS Lain sebanyak 2.113 aduan, Dana Desa 282 aduan, lainnya 18 aduan,” kata Abdul Halim Iskandar saat konferensi pers secara virtual, Selasa (16/6/2020).

Halim menjelaskan, sebanyak 92 persen atau 3.242 aduan merupakan keluhan masyarakat tentang Jaring Pengaman Sosial (JPS), yaitu penyaluran BLT Dana Desa dan JPS Lain. Meski begitu, Halim mengatakan proporsi pengaduan BLT Dana Desa tercatat hanya sebesar 2 persen dari total 74.953 desa. Ia pun merinci keluhan yang dilaporkan masyarakat terkait penyaluran BLT Dana Desa selama periode April hingga Mei 2020.

Pertama, dugaan tidak ada penyaluran, tercatat 340 aduan pada bulan April dan 134 aduan pada bulan Mei. Kedua, dugaan pendataan tidak valid, tercatat 113 aduan pada bulan April dan 159 aduan pada bulan Mei. Ketiga, dugaan tidak dapat bantuan, tercatat 58 aduan pada bulan April dan 240 aduan pada bulan Mei.

Keempat, dugaan tidak tepat sasaran, tercatat 7 aduan pada bulan April dan 69 aduan pada bulan Mei. Terakhir, dugaan pemotongan bantuan, tercatat 9 aduan pada bulan Mei. Halim mengatakan, aduan ini terjadi akibat adanya ketidaktepatan informasi.

Ia mencontohkan pada aduan perihal dugaan tidak ada penyaluran, munculnya aduan ini diduga karena kondisi program baru berjalan sehingga belum menjangkau banyak penerima manfaat. "Ini sangat bisa di maklumi karena kondisi saat ini program baru berjalan tetapi sosialisasi sudah masif. Itu artinya, masyarakat sudah paham bahwa ada kebijakan BLT Dana Desa tetapi yang tersalur atau berproses baru sedikit. Artinya banyak yamg mengadukan tidal ada penyaluran di desanya," jelas Halim.

Berita Terkait

Kompolnas Tanggapi Terpilihnya Iwan Bule sebagai Ketua Umum PSSI

Maya Rosfi'ah

Bila Tak Kompeten Tidak Perlu Bicara Covid-19 Faisal Basri Minta Jokowi Disiplinkan Menterinya

Maya Rosfi'ah

Minggu Ini & Dua Minggu menuju Depan Pemerintah Tetap akan Larang Mudik Presiden

Maya Rosfi'ah

Novel Baswedan Heran Ada Jenderal Polisi Bintang 2 Ikut Membela Terdakwa

Maya Rosfi'ah

Komisi VI Sarankan Pemerintah Buat Program Ruralisasi Setelah Pandemi Covid-19

Maya Rosfi'ah

Gubernur Sumbar Sambut Cukup Meriah Kedatangan Ratusan Turis China Di Tengah Heboh Virus Corona

Maya Rosfi'ah

Ini Cara Cegah Penularannya Covid-19 Berpotensi Menyebar melalui Udara jika di Tempat Tertutup

Maya Rosfi'ah

Simak Panduan Berikut atau WA menuju 08122123123 Login www.pln.co.id buat Token Listrik PLN Juni 2020

Maya Rosfi'ah

Moeldoko Minta LKPP & BPKP Perkuat Pendampingan Badan Pelaksana Kartu Prakerja

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment