Image default
Bisnis

Kemenperin Siapkan Dana Rp 10 Miliar buat Program Santripreneur

Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian menggelontorkan sana sebesar Rp 10 miliar untuk program Santripreneur. "Untuk tahun 2020 ini anggarannya sekitar Rp 10 miliar," tutur Dirjen IKMA, Gati Wibawaningsih di Tangerang, Banten, Selasa (18/2/2020). Anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk membina 36 pondok pesantren (Ponpes).

Program Santripreneur akan melatih santri melalui pelatihan produksi dan motivasi kewirausahaan. Cakupan ruang lingkup pembinaanya adalah pelatihan produksi dan bantuan mesin atau peralatan di bidang olahan pangan dan minuman (roti dan kopi), perbengkelan roda dua, kerajinan boneka dan kain perca, konveksi busana muslim dan seragam serta daur ulang sampah dan produksi pupuk organik cair. Sejak dijalankan pada 2013 lalu, program Santripreneur sudah diikuti sekira 8.200 santri dari 46 Ponpes.

"Sekarang evaluasinya masih dilakukan untuk tahun 2019. Sampai tahun 2019 seperti apa. Apakah benar benar yang seperti saya lihat tercapai atau tidak. Karena seharusnya modal dari wirausaha baru itu kan imannya harus kuat, tangguh, jujur, disiplin," terang Gati. Untuk memperluas cakupan program Santripreneur, Dirjen IKMA juga menggandeng beberapa mitra. "Kita gandeng Bank Indonesia, AWS dan lainnya untuk terus scalling up para UMKM ini," imbuhnya.

Berita Terkait

Gaprindo Setuju Iklan Rokok di Internet Diblokir

Maya Rosfi'ah

Minat Investor Tinggi, IHSG Masih Berpotensi Menguat

Maya Rosfi'ah

Menpar Ingin Harga Tiket Pesawat Bisa Lebih Murah

Maya Rosfi'ah

Kronologi Nasabah Bank Mandiri Mengaku Kehilangan Dana Rp 800 Triliun, Ternyata Nasabah Kredit Macet

Maya Rosfi'ah

Curang, Sejumlah Pom Bensin di Jalur Pantura Disegel Kemendag

Maya Rosfi'ah

Militer Iran Tembak Jatuh Drone AS, Harga Minyak Langsung Melompat Tinggi

Maya Rosfi'ah

Waspadai Pelemahan IHSG menuju Level 3.686

Maya Rosfi'ah

Kemenhub Minta Dibuatkan Tanggul di Km 136 Tol Cipali Pasca Kebanjiran Kemarin

Maya Rosfi'ah

Asalkan. . . Indonesia Berpeluang Besar Jadi Tujuan Relokasi Investasi dari China

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment