Image default
Kesehatan

Kenali Penyebab Penyakit Kejiwaan yang Bisa Terjadi Pada Mayarakat Perkotaan dan Pedesaan

— Penyakit yang mengganggu kejiwaan kebanyakan terjadi pada masyarakat perkotaan dengan berbagai permasalahan orang perkotaan seperti rutinitas kerja, lalu lintas ataupun gaya hidup. Saat ini dengan perkembangan teknologi permasalahan yang sebelumnya hanya dialami orang orang perkotaan, kini juga terjadi pada masyarakat pedesaan. Alhasil orang yang mengalami gangguan jiwa di pedesaan juga semakin bertambah.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Fidiansjah mencontohkan misalnya saat ini berkembangnya kasus buli yang berawal dari cacian di media sosial. Kasus buli ini akan membuat korban merasa tertekan yang bisa memacu stres dan penyakit jiwa, bahkan ada beberapa kasus buli yang berakhir kekerasan dari pelaku. “Di era sekarang ada kemajuan IT, misalnya anak SMK mereka saling ejek di media sosial misalnya lalu diungkapkan dengan ekspresi kemarahan. Teknologi itu tersebut ditempatkan tidak proporsional,” ungkap dr. Fidiansjah saat ditemui di Rumah Berdaya, Bali, Rabu (24/4/2019)

Mengenai gangguan jiwa ini dr. Fidiansjah menjelaskan faktor pertama adalah faktor genetik, karena ada struktur pada otak yang mengalami gangguan. Kemudian faktor biologinya adalah adanya perubahan di celah celah syaraf yang harus segera ditangani untuk mendapatkan intervensi obat obatan. “Ada komponen tertentu struktur yang terkecil, transmeter di otak itu terganggu. Kemudian ada neotransmeter di celah syaraf yang perlu mendapatkan terapi farmako terapi,” papar dr. Fidiansjah.

Kemudian faktor lainnya yang menyebabkan gangguan jiwa adalah kurangnya nilai religi atau agama pada diri seseorang. “Memang itu menjdi penguat, betapa memang ada, ketuhanan yang masa esa. sila pertama yang menjadi gantungan kita mencari pertolongan,” pungkas dr. Fidiansjah.

Berita Terkait

Seperti Ini Caranya Atasi Gusi Bengkak Hanya dengan Kunyit

Maya Rosfi'ah

Gambaran Visual tentang Virus Corona yang Tengah Mewabah di China & Negara-negara Asia Lainnya

Maya Rosfi'ah

Latihan Mudah Cardio Pembakaran Lemak Tanpa Gunakan Bantuan Alat

Maya Rosfi'ah

Hilangkan Susah Tidurmu Cukup dengan Olahraga Teratur Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat

Maya Rosfi'ah

Ini Penjelasannya Kenapa Penyakit ISPA & Diare Kerap Menyerang di Musim Pancaroba

Maya Rosfi'ah

Terapi Larotrectinib dan Tes Genom untuk Pencegahan Kanker

Maya Rosfi'ah

Bijak Sebelum Membeli Suplemen Vitamin buat Perkuat Imunitas Tubuh

Maya Rosfi'ah

5 Juta Dolar buat Penanganan TB di Akar Rumput Stop TB Partnership Siapkan Dana 2

Maya Rosfi'ah

Tak Hanya Arifin Ilham, 5 Artis Ini Gigih Lawan Kanker, Ada yang Meninggal, Ada yang Masih Bertahan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment