Image default
Kesehatan

Kenali Penyebab Penyakit Kejiwaan yang Bisa Terjadi Pada Mayarakat Perkotaan dan Pedesaan

— Penyakit yang mengganggu kejiwaan kebanyakan terjadi pada masyarakat perkotaan dengan berbagai permasalahan orang perkotaan seperti rutinitas kerja, lalu lintas ataupun gaya hidup. Saat ini dengan perkembangan teknologi permasalahan yang sebelumnya hanya dialami orang orang perkotaan, kini juga terjadi pada masyarakat pedesaan. Alhasil orang yang mengalami gangguan jiwa di pedesaan juga semakin bertambah.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Fidiansjah mencontohkan misalnya saat ini berkembangnya kasus buli yang berawal dari cacian di media sosial. Kasus buli ini akan membuat korban merasa tertekan yang bisa memacu stres dan penyakit jiwa, bahkan ada beberapa kasus buli yang berakhir kekerasan dari pelaku. “Di era sekarang ada kemajuan IT, misalnya anak SMK mereka saling ejek di media sosial misalnya lalu diungkapkan dengan ekspresi kemarahan. Teknologi itu tersebut ditempatkan tidak proporsional,” ungkap dr. Fidiansjah saat ditemui di Rumah Berdaya, Bali, Rabu (24/4/2019)

Mengenai gangguan jiwa ini dr. Fidiansjah menjelaskan faktor pertama adalah faktor genetik, karena ada struktur pada otak yang mengalami gangguan. Kemudian faktor biologinya adalah adanya perubahan di celah celah syaraf yang harus segera ditangani untuk mendapatkan intervensi obat obatan. “Ada komponen tertentu struktur yang terkecil, transmeter di otak itu terganggu. Kemudian ada neotransmeter di celah syaraf yang perlu mendapatkan terapi farmako terapi,” papar dr. Fidiansjah.

Kemudian faktor lainnya yang menyebabkan gangguan jiwa adalah kurangnya nilai religi atau agama pada diri seseorang. “Memang itu menjdi penguat, betapa memang ada, ketuhanan yang masa esa. sila pertama yang menjadi gantungan kita mencari pertolongan,” pungkas dr. Fidiansjah.

Berita Terkait

Sering Buang Air Kecil hingga Lelah Setiap Saat 9 Tanda Diabetes yang Jarang Diketahui

Maya Rosfi'ah

Segudang Masalah Akibat Penyakit Katarak, Berikut Kisah Naryo

Maya Rosfi'ah

Penggunaan Rokok Elektrik di Selandia Baru Membantu Orang Berhenti Merokok

Maya Rosfi'ah

Lakukan Lima Langkah Sederhana Cegah Penularan Virus Corona Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Maya Rosfi'ah

Tips Mengatasi Sulit Tidur bagi Ibu Hamil

Maya Rosfi'ah

Istrinya Dalam Perawatan Intensif Dr Boedhi Harsono Meninggal karena Covid-19

Maya Rosfi'ah

Kurangi Risiko Kanker hingga Atasi Bau Mulut 10 Manfaat yang Ada Pada Timun

Maya Rosfi'ah

Ilmuwan Sebut Tak Perlu Khawatir Terungkap Strain Terbaru Virus HIV Setelah Hampir 20 Tahun

Maya Rosfi'ah

Usai Operasi, Dorce dan Rano Karno Jauhi Santan, Ungkap Faktanya untuk Kesehatan, Baik atau Buruk?

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment