Image default
Kesehatan

Kenali Penyebab Penyakit Kejiwaan yang Bisa Terjadi Pada Mayarakat Perkotaan dan Pedesaan

— Penyakit yang mengganggu kejiwaan kebanyakan terjadi pada masyarakat perkotaan dengan berbagai permasalahan orang perkotaan seperti rutinitas kerja, lalu lintas ataupun gaya hidup. Saat ini dengan perkembangan teknologi permasalahan yang sebelumnya hanya dialami orang orang perkotaan, kini juga terjadi pada masyarakat pedesaan. Alhasil orang yang mengalami gangguan jiwa di pedesaan juga semakin bertambah.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Fidiansjah mencontohkan misalnya saat ini berkembangnya kasus buli yang berawal dari cacian di media sosial. Kasus buli ini akan membuat korban merasa tertekan yang bisa memacu stres dan penyakit jiwa, bahkan ada beberapa kasus buli yang berakhir kekerasan dari pelaku. “Di era sekarang ada kemajuan IT, misalnya anak SMK mereka saling ejek di media sosial misalnya lalu diungkapkan dengan ekspresi kemarahan. Teknologi itu tersebut ditempatkan tidak proporsional,” ungkap dr. Fidiansjah saat ditemui di Rumah Berdaya, Bali, Rabu (24/4/2019)

Mengenai gangguan jiwa ini dr. Fidiansjah menjelaskan faktor pertama adalah faktor genetik, karena ada struktur pada otak yang mengalami gangguan. Kemudian faktor biologinya adalah adanya perubahan di celah celah syaraf yang harus segera ditangani untuk mendapatkan intervensi obat obatan. “Ada komponen tertentu struktur yang terkecil, transmeter di otak itu terganggu. Kemudian ada neotransmeter di celah syaraf yang perlu mendapatkan terapi farmako terapi,” papar dr. Fidiansjah.

Kemudian faktor lainnya yang menyebabkan gangguan jiwa adalah kurangnya nilai religi atau agama pada diri seseorang. “Memang itu menjdi penguat, betapa memang ada, ketuhanan yang masa esa. sila pertama yang menjadi gantungan kita mencari pertolongan,” pungkas dr. Fidiansjah.

Berita Terkait

Mulai Sedia Payung hingga Ikuti Prakiraan Cuaca 8 Tips Tetap Sehat & Bebas Flu saat Musim Hujan

Maya Rosfi'ah

Kesiapan Fasilitas KRI Dr. Soeharso buat Evakuasi WNI di Jepang

Maya Rosfi'ah

Gara Gara Vaping, Gadis 18 Tahun Ini Tak Bisa Lagi Bernapas Tanpa Bantuan Alat Medis

Maya Rosfi'ah

Coba 5 Lulur Kaki Buatan Ini untuk Mendapatkan Kaki Cantik dan Lembut, Bahannya Mudah Ditemukan

Maya Rosfi'ah

Reaksi Masyarakat Atas Ucapan Menkes Terawan Salahkan Pembeli Masker Harga Mahal yang Viral

Maya Rosfi'ah

Manfaat Tomat untuk Menangani Masalah Jerawat dan Komedo, Begini Cara Penggunaannya

Maya Rosfi'ah

Seorang Penonton XXI di Summarecon Mall Serpong Digigit Tikus Apa Bahayanya

Maya Rosfi'ah

Bukan Hanya Penyakit Fisik, Penyakit Kejiwaan Juga Kerap dialami Jemaah Haji

Maya Rosfi'ah

Khasiat Konsumsi Jantung Pisang, Meningkatkan Produksi ASI hingga Mengatasi Sembelit

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment