Image default
Kesehatan

Kesiapan Fasilitas KRI Dr. Soeharso buat Evakuasi WNI di Jepang

Pemerintah masih membicarakan rencana evakuasi 74 Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang di karantinta terkait virus corona di kapalpesiar Diamond Princess di Jepang. Ada dua skenario rencana pemulangan yangdisiapkan pemerintah, pertama menggunakan jalur udara dan kedua melalui jalur laut menggunakan Kapal Rumah Sakit KRI Dr. Soeharso. Jika nantinya menggunakan kapal, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan kapal memenuhi syarat untuk menjemput dan menjdi sarana untuk observasi kesehatan.

“Bagus semua memenuhi syarat namanya kapal rumah sakit, ruang isolasi oke semua memadai,“ ungkap Menkes Terawan di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (21/2/2020). Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto menyebutkan di kapal Dr. Soeharso punya ruang rawat hingga respirator. “Itu kapal rumah sakit ada kamar operasi ada lima kamar, ruang ICU tujuh kamar, 100 an kamar rawat, alat ronsen, ada respirator semua lengkap artinya kita gunakan itu,” kata Achmad Yurianto saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Jumat (21/2/2020).

Menteri Kesehatan juga telah dua kali mengecek keadaan kapal dan persiapan kapal hanya tinggal ditambahkan alat perlindunga diri (APD) saja. “Dari tiga hari lalu kapal sudah dicek tinggal nambahin APD tapi semua sudah siap, apapun yang diperintahkan presiden harus siap,” tutur Yurianto. Rencana penjemputan akan dilakukan karena pihak Jepang telah mengizinkan negara asal penumpang atau pun ABK yang ada di kapal.

Pemerintah pun masih membahas rencana evakusi sekaligus menunggu hasil screening kesehatan para WNI di Jepang dari novel corona virus (COVID 19).

Berita Terkait

Begini Penjelasan Dokter Apa Penyebab Seseorang Mengalami Henti Jantung Mendadak

Maya Rosfi'ah

10 Hal yang akan Terjadi pada Tubuh Anda jika Rajin Mengkonsumsi Chia Seeds Setiap Hari

Maya Rosfi'ah

Makanan Sehari-Hari Ini Bisa Jadi Pemicu Coba Cek Bermasalah dengan Kolesterol

Maya Rosfi'ah

Tak Hanya Arifin Ilham, 5 Artis Ini Gigih Lawan Kanker, Ada yang Meninggal, Ada yang Masih Bertahan

Maya Rosfi'ah

Bionime Perkenalkan Tes Deteksi Diabetes Personal Terintegrasi Internet

Maya Rosfi'ah

Reaksi Masyarakat Atas Ucapan Menkes Terawan Salahkan Pembeli Masker Harga Mahal yang Viral

Maya Rosfi'ah

Dikenal Menyehatkan, Baiknya Jangan Beri Air Kelapa Muda Jika Orang Mengalami 5 Kondisi Ini

Maya Rosfi'ah

Tapi Manjur Juga buat Pertumbuhan Rambut Bayi Manfaat Daun Seledri Bukan Hanya buat Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Fokus Yayasan Kanker Indonesia Mengurangi Penderita Kanker Di Indonesia

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment