Image default
Kesehatan

Ketahui Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya

Bagi wanita, mengalami keputihan adalah hal yang sebenarnya biasa. Karena keputihan adalah kondisi yang dapat disebabkan oleh banyak hal. Tapi, tidak dapat dipungkiri bahwa wanita yang mengalami kondisi ini merasa khawatir. Untuk mengetahui lebih dalam tentang kondisi ini, mari sama-sama simak apa sebenarnya penyebab keputihan dan cara mengatasinya

Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya Pada Wanita 

Keputihan adalah kondisi keluarnya cairan bening dari vagina. Cairan yang keluar ini merupakan sistem pertahanan dari tubuh wanita untuk mengeluarkan bakteri serta sel mati dari dalam rahim agar organ reproduksi dapat tetap dalam keadaan sehat dan bersih. Berikut ini adalah penjelasan tentang penyebab keputihan dan cara mengatasinya

Penyebab keputihan pada wanita 

Ada dua jenis keputihan yang bisa dialami wanita, di mana keduanya mempunyai tkamu masing-masing. Di bawah ini adalah penyebabnya: 

  • Keputihan normal 

Tkamu dari keputihan normal adalah jumlahnya tidak banyak, tidak berbau serta warnanya bening. Untuk penyebab dari keputihan normal ini adalah karena pengaruh hormon, sedang dalam masa menyusui , stress atau dari rangsangan seksual. Secara umum, keputihan ini akan hilang dengan sendirinya tanpa harus diobati. 

  • Keputihan tidak normal

Kondisi keputihan tidak normal ditkamui dengan bau tidak sedap, warna cairan hijau atau coklat, jumlahnya terbilang sangat banyak dan sering menyebabkan gatal. Penyebab dari keputihan tidak normal adalah karena adanya infeksi yang terjadi dan dipicu oleh jamur, bakteri atau virus. Jenis keputihan tidak normal sendiri biasanya harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut di dokter. 

Cara Mengatasi Keputihan 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa keputihan normal tidak perlu pengobatan khusus. Hanya saja, bagi Kamu yang mengalami keputihan tidak normak, berikut ini cara mengatasinya: 

  1. Ketika sedang datang bulan, rajinlah mengganti pembalut. Jangka waktunya yang paling disarankan adalah 3 hingga 5 jam sekali. 
  2. Menggunakan celana dalam dengan bahan katun. 
  3. Hindari produk kewanitaan yang menyebabkan iritasi
  4. Rajin mengganti celana dalam, jika aktifitas membuat Kamususah mengganti celana dalam bisa menggunkana Pantyliner Charm Cooling Fresh. 
  5. Bersihkan area vagina dengan air dan keringkan menggunkaan handuk halus dengan cara ditepuk-tepuk lembut. 

Dengan mengenali penyebab keputihan dan cara mengatasinya, maka Kamu bisa lebih nyaman beraktifitas dan tidak khawatir terjadi masalah di area organ intim. Jangan lupa, untuk selalu atur pola makan agar keputihan tidak semakin parah. 

Deskripsi: penyebab keputihan dan cara mengatasinya sangat penting untuk diketahui wanita agar organ intim tetap dalam keadaan sehat dan bersih. 

Berita Terkait

Kamu Bisa Tahu Bagaimana Kondisi Jantungmu saat Ini Hanya Dalam Waktu 30 Detik

Maya Rosfi'ah

Alasan Medis Mengapa Merinding Ketika Buang Air Kecil

Maya Rosfi'ah

Perubahan Ini yang Akan Langsung Dirasakan Tubuh Minum Teh Serai Secara Rutin

Maya Rosfi'ah

Punya Uban di umur Muda Bisa Jadi Pertanda Stres Apakah Bisa Dipulihkan

Maya Rosfi'ah

Sido Muncul Bersama Alumni FKUI 1979 Adakan Operasi Gratis Celah Bibir & Langit-Langit

Maya Rosfi'ah

Festival Quran se-Jabar Diisi Doa Tolak Bencana Corona

Maya Rosfi'ah

Turunkan Berat Badan Selama Tidur Bagaimana Memaksimalkannya

Maya Rosfi'ah

Mengenal Lebih Dekat Tentang Suplemen dari Tonikum 

Maya Rosfi'ah

Cara Mengatasi Sakit Kepala dengan Konsumsi Saridon

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment