Image default
Internasional

Ketika Mahathir Mohamad Mendapat Pelukan Dari Sang Istri Usai Dirinya Beri Keterangan Pers

Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mendapat pelukan dari sang istri, Siti Hasmah Mohd Ali setelah dirinya selesai memberikan keterangan kepada wartawan pada momen terpilihnya Muhyiddin Yassin sebagai PM Malaysia. Terpilihnya Muhyiddin mengakhiri masa tugas Mahathir Mohamad sebagai perdana menteri sementara Malaysia sejak Senin (24/2/2020). Dilansir Mothership Minggu (1/3/2020), Siti Hasmah langsung memberikan pelukan ketika Mahathir mendekati istri yang sudah dinikahinya selama 63 tahun itu.

Awalnya, mantan PM Malaysia dengan julukan Dr M itu berusaha bercanda dengan berusaha menjaga jarak, seraya menarik tangan istrinya menjauh. "Jangan malu. Jangan malu," ucap Siti seraya berusaha memberikan pelukan bagi si suami. Dia nampak emosional dengan alis yang berkerut.

Pada akhirnya, politisi yang juga dijuluki Bapak Modernisasi Malaysia itu luluh dan membalas dengan memeluk pundak perempuan 93 tahun tersebut. Mahathir memutuskan memberikan perlawanan setelah Raja Malaysia, Yang di Pertuan Agong Sultan Abdullah, menunjuk Muhyiddin Yassin. Muhyiddin yang merupakan Presiden Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu) ditunjuk pada Sabtu (29/2/2020), setelah dianggap mampu untuk memimpin mayoritas di parlemen.

Mahathir yang pernah menjabat sebagai PM Malaysia menyerukan kesempatan untuk menjungkalkan Muhyiddin terjadi ketika sidang istimewa parlemen. "Dia (Muhyiddin) tentunya akan dilantik sebagai perdana menteri. Langkah selanjutnya adalah kami bisa mengajukan mosi tak percaya kepadanya," jelasnya. Dia menuturkan jika pemerintah baru tidak segera dibentuk dalam waktu cepat, bisa dikatakan PM tidak mendapat dukungan penuh.

Merujuk kepada Konstitusi Malaysia, seorang PM harus mendapat dukungan dari mayoritas parlemen, tanpa perlu memandang dari mana partai politiknya. Jika parlemen tidak diizinkan untuk menggelar sidang luar biasa, maka PM berusia 72 tahun tersebut tidak bisa mendapat dukungan yang cukup. Mahathir Mohamad mengatakan, dia sangat terpukul dan kecewa karena Muhyiddin Yassin sampai mendongkelnya dari jabatan orang nomor satu Malaysia.

"Saya dikhianati terutama oleh Muhyiddin. Dia ternyata sudah merencanakan ini untuk waktu yang lama, dan dia sukses," keluhnya. Krisis berawal ketika Mahathir Mohamad mengundurkan diri sebagai PM Malaysia pada Senin (24/2/2020). Membuatnya jadi PM dengan masa jabatan tercepat.

Politisi berjuluk Dr M tersebut mundur setelah Bersatu yang dipimpin Muhyiddin Yasmin menggelar pertemuan rahasia sehari sebelumnya. Pertemuan itu antara lain dihadiri oposisi seperti Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) serta Partai Islam se Malaysia (PAS). Politisi berusia 94 tahun itu menyatakan, dia memutuskan mengundurkan diri karena tidak ingin bekerja sama dengan UMNO, partai yang dikalahkannya dalam pemilu 2018.

Raja Malaysia sempat memintanya untuk menjadi PM sementara. Namun pada Sabtu, dia mengejutkan publik dengan kembali mengajukan diri. Dia mengaku mendapatkan modal dukungan dari koalisi Pakatan Harapan yang dikomandoi langsung oleh mantan seteru politiknya, Anwar Ibrahim.

Berita Terkait

Amerika Minta China Hormati HAM tapi Polisi AS Hadapi Demonstran dengan Kekerasan

Maya Rosfi'ah

Iran Tampaknya Mundur Donald Trump Beri Pernyataan Terkait Serangan Rudal

Maya Rosfi'ah

Pembobolan Penjara Paling Aman di Dunia Tayang di Bioskop TransTV Pukul 21.00 Sinopsis Escape Plan

Maya Rosfi'ah

Kebakaran & Penjarahan Dilakukan Massa di Minneapolis Kematian George Floyd Picu Kerusuhan

Maya Rosfi'ah

5 Fakta Kebakaran Gedung Kyoto Animation Jepang, 33 Orang Tewas, Sengaja Dibakar, Pelaku: Mati Kau!

Maya Rosfi'ah

Foto Putri Donald Trump Ngobrol dengan Jokowi di KTT G20 Osaka Viral, Ini 4 Fakta Sosok Ivanka Trump

Maya Rosfi'ah

Pria Pekerja Hotel Diringkus & Diadili setelah Curi Ribuan Bra & Pakaian Dalam Perempuan

Maya Rosfi'ah

Ratu Elizabeth II Mengoleksi Perangko Jokowi Mengendarai Motor Hobi Unik Deretan Kepala Negara

Maya Rosfi'ah

Bruno Mars Timpuk Artis Jepang Pakai Handuk karena Geram Melihatnya Sibuk Foto Narsis

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment