Image default
Otomotif

Keuntungan Segera Lapor ke Samsat Begitu Jual Kendaraan

Khusus warga DKI Jakarta, ada yang harus dilakukan setelah menjual kendaraan bermotor, yaitu melaporkan kepada Samsat. Tujuan utama, agar terhindar dari pajak progresif berdasarkan alamat pemilik sepeda motor atau mobil. Aturan tersebut berlaku di wilayah Ibu Kota sejak 1 Juni 2015. Apabila tidak melapor, maka jika membeli motor atau mobil lagi bisa dikenakan pajak progresif. "Jadi lapor bahwa kendaraannya sudah dijual, nanti akan diproses untuk blokir. Setelah ada mobil atau motor baru lagi, tidak kena pajak progresif," ujar Kepala Subdit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sumardji belum lama ini.

Sumardji menjelaskan, terkadang masih banyak masyarakat yang belum tahu, padahal bisa merugikan diri sendiri. Sebab, pajak kendaraan selanjutnya menjadi lebih besar. Cara melakukan blokir itu, seperti bikin laporan ke samsat tempat kendaraan tercatat. Sebagai contoh, Jakarta Timur, datangilah Samsat Jakarta Timur. Form pencabutan atau pemblokiran sudah tersedia di sana. Cara ini juga akan memaksa pembeli kendaraan lama mengurus Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) sehingga tidak ada lagi mengurus pajak kendaraan dengan meminjam kartu tanda penduduk (KTP).

Sementara itu, dasar penentuan pajak progresif berdasarkan nama dan domisili atau minimal sesuai data di kartu keluarga. Pajak progresif dikenakan terhadap satu keluarga yang memiliki kendaraan lebih dari satu.

Berita Terkait

Mitsubishi Outlander Terbaru dengan Platform Aliansi Rilis di Akhir 2020

Maya Rosfi'ah

Ini Bedanya All New Mazda CX-8 Ditawarkan dengan Tipe Elite & Touring

Maya Rosfi'ah

Daihatsu Siap Terapkan Protokol Kesehatan dari Kembali Produksi

Maya Rosfi'ah

Parade Interior di MBtech Awards 2019 Batam

Maya Rosfi'ah

Suzuki Pertahankan Harga Mobil Meski Pajak di Jakarta Naik

Maya Rosfi'ah

Waktu Ganti Oli Mobil yang Tepat Agar Mesin Tetap Prima

Maya Rosfi'ah

APM Mobil Eropa Mulai Waspadai Pergerakan APM Mobil China di Indonesia

Maya Rosfi'ah

Sudah 10.537 Kendaraan Diminta Putar Balik oleh Polisi Yang Nekat Mudik Masih Tinggi

Maya Rosfi'ah

Pameran IEMS 2019 Hadirkan Kendaraan Listrik Karya Anak Bangsa

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment