Image default
Nasional

Kini Disebut Bakal Jadi Komisaris Unilever Usai Lengser dari Menteri ESDM Ignasius Jonan ‘Nganggur’

Ignasius Jonan bakal jadi Komisaris Unilever Indonesia. Ignasius Jonan menjadi salah satu dari dua kandidat selain posisi Direktur Perseroan. Seperti apa?

Ignasius Jonan kini sibuk dengan kegiatan pribadi seperti bercocok tanam, muncul kabar akan jadi Komisaris Unilever Indonesia. Beberapa waktu lalu muncul kabar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan kini sibuk mengurus tanaman tanamannya di rumah usai tak lagi menjabat sebagai menteri. Ignasius Jonan telah menjabat sebagai Menteri ESDM sejak 14 Oktober 2016 hingga 20 Oktober 2019 lalu.

Ignasius Jonan juga sempat menjabat sebagai Menteri Perhubungan selama dua tahun, sebelum di reshuffle. Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero dimana kinerjanya banyak menuai pujian. Kini, Ignasius Jonan sibuk bercocok tanam tanaman hidroponik.

Tanaman hidroponik di pekarangan rumah Jonan telah berkisar 1.600 tanaman (lubang pipa). Serta masih ada ratusan pipa yang digantung di pagar balkon rumah. Namun, tampaknya Ignasius Jonan akan kembali sibuk.

PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) menyiapkan dua kandidat petinggi perusahaan yang akan dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 24 Juli 2020. Kedua kandidat tersebut adalah mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)Ignasius Jonanyang bakal menempati posisikomisarisindependen. Kemudian Badri Narayanan, warga negara India, yang bakal menempati posisi Direktur Perseroan.

Berdasarkan informasi dari laman resmi perusahaan, dalam RUPST akan dilakukan pengangkatan kembali dan pengangkatan anggota DewanKomisarisPerseroan dan perubahan susunan Direksi Perseroan. “Dengan ini, Direksi Perseroan mengumumkan kepada para pemegang saham Perseroan akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan secara elektronik. Perseroan akan membahas mengenai pengangkatan anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan yang baru, serta pengangkatan kembali para anggota Direksi Perseroan,” sebut Unilever dalam laman resminya, seperti dikutip Kompas.com , Jumat (26/6/2020.

Rencananya, RUPTS akan dilaksanakan di Kantor Pusat Perseroan Graha Unilever Green Office Park Kav 3 BSD City Tangerang dan mengikuti arahan pemerintah terkait protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid 19. “Perseroan akan menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid 19 yang dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan Perseroan,” tulis pernyataan perseroan. Sebagai informasi, kandidat komisaris perseroan,IgnasiusJonan, merupakan praktisi manajemen dan keuangan dengan pengalaman luas sebagai pemimpin di berbagai lembaga dan institusi.

Igansius sempat menjajal karier di Citibank, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), PT Kereta Api Indonesia (Persero), Menteri Perhubungan (2014 2016), serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (2016 2019). Ignasius merupakan lulusan dari Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga dan mendapat gelar Master of Arts in International Relations and Affairs dari Fletcher School of Law and Diplomacy, Tufts University. Sementara itu, kandidat direktur UNVR adalah Badri Narayanan, yang merupakan warga negara India, pernah bergabung dengan Unilever pada tahun 2000 sebagai Area Sales and Customer.

Selama 20 tahun terakhir, Badri pernah bekerja di bagian Area Sales and Customer, Merek Regional, CD Excellent and Operations, Direktur Regional Customer Development, baik di tingkat lokal, regional, maupun global. Dua posisi terakhir Badri adalah sebagai Wakil Presiden Global yang berbasis di India dan Wakil Presiden Global, B2B eCommerce and Route to Market berbasis di India. Badri memiliki pengetahuan manajemen umum yang kuat, pengalaman kepemimpinan dalam berbagai peran penjualan dan pemasaran di berbagai daerah geografis, serta berpengalaman di pasar global dan negara berkembang pada 20 negara di mana Unilever beroperasi.

Badri juga menyandang gelar dari Sekolah Bisnis dalam Inovasi Perusahaan dan Kepemimpinan Strategis dari Universitas Stanford.

Berita Terkait

Menilik Aktivitas Pegawai Kemenag Setelah Ruang Menteri Lukman Digeledah KPK

Maya Rosfi'ah

Berikut Daftarnya 77 Pati Polri Termasuk Kepala BNPT Terima Kenaikan Pangkat dari Kapolri

Maya Rosfi'ah

Isu Korupsi Sudah Muncul Sejak Zaman Pangeran Diponegoro  Sejarawan Peter Carey

Maya Rosfi'ah

Simak Panduan Berikut atau WA menuju 08122123123 Login www.pln.co.id buat Token Listrik PLN Juni 2020

Maya Rosfi'ah

Saya Gak Ada Pikiran Negatif Lihat Benda Ini di Rumah Remaja yang Membunuh Anaknya Ibu Korban

Maya Rosfi'ah

Sejumlah Wilayah Berpotensi Hujan Petir Prakiraan Cuaca BMKG di 34 Kota Rabu 29 April 2020

Maya Rosfi'ah

Habibie Tinggalkan Banyak Warisan untuk Bangsa Indonesia, Mulai Industri Transportasi hingga UU Pers

Maya Rosfi'ah

Bisik-bisik Prabowo Subianto & Ridwan Kamil saat Bertemu di Pernikahan

Maya Rosfi'ah

Saya Pikir Kurang Ideal Zulkifli Zaini & Amien Sunaryadi Jadi Dirut & Komut PLN Kurtubi

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment