Image default
Corona

Kisah Tung Desem Bantu Tenaga Medis Saat Dirawat sebagai Pasien Covid-19

Praktisi motivasi bisnis Tung Desem Waringin menyebut nilai nilai Pancasila di tengah pandemi Covid 19 perlu diaplikasikan. Terutama bagi para pasien yang berjuang. Menurut Tung Desem, salah satu nilai Pancasila yang sempat diaplikasikannya yakni bahwa dirinya selain fokus terhadap kesembuhan diri sendiri saat terkena Covid 29, juga membantu orang lain.

"Ketika sakit, saya lihat betapa sedihnya orang orang yang harus di rumah sakit. Tenaga medis itu harus pakai APD ternyata APDnya dari kantong kresek, aduh sedih. Selanjutnya saya fokus membantu orang lain, menyemangati orang lain, menyemangati sesama yang sakit, bahkan menyemangati dokter dan suster," kata Tung Desem dalam siaran BNPB, Senin (1/6/2020). Dirinya mengaku bahwa turut menggalang sumbangan untuk para tenaga medis. Hal itulah yang membuatnya kemudian perlahan lahan kembali sehat.

"In sangat sangat menarik, membuat kita menjadi sehat, ternyata ada buku yang meneliti bahwa orang yang fokus terhadap diri sendiri cepat mati, tapi ketika fokus membantu orang lain dia lebih panjang umur," lanjutnya. Lebih lanjut, Tung Desem menilai di hari Pancasila ini, nilai nilai setiap sila perlu dihayati dan diaplikasikan. Dirinya bercerita dulu saat kuliah banyak mendapatkan ilmu tentang Pancasila.

"Waktu saya kuliah saya masuk fakultas ekonomi, ikut penataran P4 sampai dua kali jadi program 200 jam. Kemudian waktu kuliah di hukum di Universitas 11 Maret ikut lomba cepat tepat P4. Sayang, sekarang sudah tak ada lagi, 36 butir pancasila sudah tak ada lagi," ujarnya. "Dalam rangka ulang tahun Pancasila ini, saya percaya bahwa ini merupakan pilar untuk membuat Indonesia kuat, kita harus mempunyai nilai nilai Pancasila," pungkasnya.

Berita Terkait

NU Sebut Korban Meninggal Akibat Corona Termasuk Mati Syahid

Maya Rosfi'ah

Jokowi Minta Jajarannya Siapkan Terobosan Baru buat Penanganan Covid-19 Setelah Marah-marah

Maya Rosfi'ah

Warga Perumahan di Depok Buka Posko Siaga Covid-19 Waspada Corona

Maya Rosfi'ah

63 RW Wilayah Pengendalian Ketat di DKI Terima 385 Fasilitas Cuci Tangan Portable

Maya Rosfi'ah

Buruh Ingatkan Kewajiban Pengusaha Membayar THR

Maya Rosfi'ah

Sampai Saat Ini Belum Ada Laporan Covid-19 Masuk menuju Wilayah Adat AMAN

Maya Rosfi'ah

77 Anak di NTB Positif Covid-19 Dibiarkan Orangtuanya Tak Pakai Masker Saat Berkeliaran di Jalan

Maya Rosfi'ah

Itu Obat Klorokuin Tak Perlu Dibeli & Disimpan Masyarakat Bukan Vaksin Pemerintah

Maya Rosfi'ah

Tapi Kehidupan Masih Lesu & Masyarakat Rasakan Trauma Lockdown di Wuhan Dicabut

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment