Image default
Otomotif

Kitari Bundaran HI, Skuter Listrik Viar Q1 Tak Bakal Disemprit Polisi

– Di pasaran, motor listrik sudah banyak bermunculan. Satu di antaranya Viar Q1. Kehadiran skutik tanpa knalpot dan tak perlu mampir ke SPBU ini sejatinya menambah panjang pilihan alat mobilitas ke konsumen. Hanya yang namanya barang baru, pasti butuh waktu diserap pasar. Lebih lebih konsumen di Tanah Air cenderung tak mudah berpindah haluan dari kendaraan BBM ke listrik.

Meski begitu, Viar Q1 terbilang menjadi jawaban dari pergeseran tren ke kendaraan yang berbahan bakar fosil ke listrik. Sekadar menyegarkan ingatan, Viar Q1 sudah cukup lama diperkenalkan di pasar domestik. Banderolnya di kisaran Rp 18 juta. Secara dimensi, Viar Q1 cukup mungil ketimbang skuter listrik lain yang ada di pasaran. Konkretnya, skutik ini punya faset 1.680 mm x 690 mm x 1.220 mm.

Sekilas, wujudnya seakan mirip sepeda listrik buatan China yang suka dikendarai emak emak lewat jalanan kompleks perumahan. Meski begitu, perawakannya cukup futuristik. Kesan itu sangat kental ketika melihat headlamp dengan barisan LED dengan warna putih bersih plus speedometer yang full digital dan ada cas casan. Kemudian, bobotnya ringan hanya 78,5 kg. Bicara performa, Viar Q1 mengandalkan baterai Lithium ion 60 volt 20 Ah. Sistem kelistrikan dan dinamo dipercayakan kepada produsen Jerman, Bosch.

Di atas kertas, baterai yang terisi penuh sanggup membuat skutik ini menjelajah sejauh 60 km. Terus secara teori bisa diajak lari 60 km/jam. Tapi dengan catatan kalau dikenderai seorang diri. Beda kalau ada yang bonceng. Sangat sulit tembus 40 km/jam! Oh ya, saat baterai habis, maka harus sabar menunggu sampai 5 jam sampai kondisinya penuh. Dari segi fitur, sepasang rodanya sudah dilengkapi rem cakram. Kapasitas bagasinya sampai 7 liter.

Nah yang tak kalah penting, skuter listrik satu ini sudah dikaruniai STNK. Jadi sudah pasti bikin bapak bapak polisi senyum lebar karenatak perlu repot tiup priwitan.

Berita Terkait

Masngudin Bawa Pulang PCX ABS Usai Juarai Kontes Mekanik Honda di Semarang

Maya Rosfi'ah

dari Cafe Racer hingga Bobber 7 Jenis Motor Custom yang Populer di Indonesia

Maya Rosfi'ah

Gaikindo Minta Peserta GIICOMVEC Tak Pajang Kendaraaan yang Langgar Aturan ODOL

Maya Rosfi'ah

Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah IAME Series Asia Perdana

Maya Rosfi'ah

Total Pemesanan Avanza Tembus 20.000 Unit

Maya Rosfi'ah

CARfix Ekspansi Jaringan Bengkel Mobil di Kota Bogor

Maya Rosfi'ah

Motor Langka KTM 300 EXC 6 Days TPi Erzberg Rodeo Dijual di IIMS Motobike 2019

Maya Rosfi'ah

Ribuan Bikers Banjiri FDR Day Hari Ini di Alun-alun Tigaraksa

Maya Rosfi'ah

Deretan Mobil Bekas Yang Paling Dicari Jelang Lebaran, Awas Modus Pedagang Tipu Tipu

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment