Image default
Metropolitan

Komunitas Sahabat ABK Piramida Cegah Bullying pada Anak Berkebutuhan Khusus

Belasan pemuda yang dipilih sebagai wakil sekolahnya di Bogor, mengikuti kegiatan Komunitas Sahabat ABK Piramida (KSAP), yang diselenggarakan sekolah bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) bernama Home Schooling Special Needs (HSSN) Piramida. Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati hari Autis sedunia yang jatuh pada tanggal 2 April 2019. Para pemuda ini dilantik sebagai Duta KSAP.

"Pembentukan Komunitas ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di Bogor yang bertujuan mencegah diskriminasi dan perundungan (bullying) pada ABK baik di lingkungan sekolah dan masyarakat, menumbuhkan empati dan memberikan dukungan penuh kepada siswa ABK, menyosialisasikan ABK pada tingkat remaja usia sekolah baik SD sampai SMA, serta mempersiapkan remaja yang memiliki kepedulian menjadi sahabat yang mengerti dan melindungi ABK," ujar Ketua Panitia, Herga Nur Wildan. Sebelumnya pada Sabtu 30 Maret 2019, HSSN Piramida menyelenggarakan pertemuan pertama. Sebelas siswa merelakan waktu libur sekolah untuk mengenal lebih dekat dengan ABK. Pengenalan dan pembekalan mengenai ABK disampaikan oleh Kepala Sekolah HSSN Piramida, Eka Kurnia Muttaqien.

Hari itu juga diluncurkan situs web HSSN Piramida di alamat www.specialneedspiramida.sch.id. Menariknya, situs web ini memiliki dua rubrik yang melibatkan partisipasi umum. Masyarakat diperbolehkan mengirim artikelnya dan untuk setiap artikel yang dimuat akan mendapatkan honorarium.

Di pertemuan pertama itu, para peserta sangat antusias. Diakui mereka bahwa kegiatan ini sangat positif dan membuat mereka kenal lebih dalam anak anak berkebutuhan khusus dari persepsi yang berbeda dan siap menjadi sahabat ABK. Hati mereka tersentuh mempertanyakan alasan seseorang berminat menjadi guru ABK, dan apakah selanjutnya ABK bisa menjadi manusia normal?

Pertanyaan pertanyaan tersebut disambut oleh kepala sekolah dan tim guru HSSN Piramida dengan jawaban yang menanamkan semangat kepedulian dalam diri peserta. "Ke depannya, Duta KSAP akan menyusun agenda kegiatan selama setahun untuk menyosialisasikan anak anak istimewa kepada teman teman di sekolah, selain tetap menyosialisasikan bahwa dukungan terhadap ABK hanya bisa diperoleh melalui empati dan peduli," jelas Eka Kurnia Muttaqien. Eka Kurnia Muttaqien mengungkapkan kegiatan mereka berlangsung dengan spontanitas dan keseruan khas generasi milenial.

Mereka bertemu dengan beberapa siswa HSSN Piramida yang datang bersama orang tuanya.

Berita Terkait

Pelaku Penyiraman Air Keras di Kawasan Jakbar Ternyata Sudah Lakukan Aksinya 4 Kali

Maya Rosfi'ah

Guru Honorer di Tangsel Diintimidasi dan Dipecat Karena Coba Membongkar Praktik Pungli di Sekolahnya

Maya Rosfi'ah

Anies Usul Stasiun Kota Tua Masuk Rencana Penataan Berikutnya Setelah Resmikan 4 Stasiun Terpadu

Maya Rosfi'ah

Ini Kabarnya Nasib Bocah Laki-laki yang Tinggal dengan Ridwan Kamil karena Orangtua Positif Corona

Maya Rosfi'ah

Jadi Buronan, Pelaku Begal Payudara di Bintaro Diduga Kabur ke Luar Kota

Maya Rosfi'ah

Pesan Jokowi ‎untuk Usman, Pedagang yang Jualannya Dijarah Perusuh 22 Mei

Maya Rosfi'ah

Virus Tidak Kenal Lebaran atau Bukan Tegaskan Jabodetabek Masih PSBB Gubernur Anies

Maya Rosfi'ah

ABG yang Curi Kotak Amal di Ciater Serpong Diduga Berkomplot dengan Beberapa Orang

Maya Rosfi'ah

Ada Pengalihan Arus Lalulintas di Kawasan Senayan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment