Image default
Nasional

LAN Gelar Latsar CPNS dengan Protokol Kesehatan Secara Ketat Tetap Bekerja di Masa Pandemi

Di tengah kabar duka yang menyelimuti keluarga besar Lembaga Administrasi Negara (LAN), pasca pegawai terbaiknya meninggal karena corona, LAN tidak berhenti bekerja dan pemberian pelayanan tetap berjalan. Salah satu buktinya adalah penyelenggaraan Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Ini merupakan Latsar CPNS pionir, pertama kali diselenggarakan dengan metode blended learning yang memadukan metode pembelajaran jarak jauh (distance learning) dan metode klasikal.

Pelaksanaan pelatihan ini, sejak awal hingga akhir dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan Covid 19. Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Penyelenggaraan Kompetensi ASN LAN, Dr. Basseng, M.Ed pada acara “Penutupan Latsar CPNS Golongan II dan Golongan III, Gelombang I Tahun 2020 ” yang dilaksanakan secara klasikal di Graha Makarti Bhakti Nagara, Kantor LAN Pejompongan, Jakarta Pusat, Jumat (17/7/2020). "Perlu diketahui, Latsar CPNS Gelombang I ini merupakan penyelenggaraan piloting Latsar pola baru yang bertujuan untuk mempersiapkan kader terbaik (talent pool) dari bibit unggul yang kita punya saat ini di tengah masa pandemi Covid 19," tambah Basseng.

Menurut Basseng, pada penyelenggaraan Latsar ini, dari total keseluruhan 120 peserta, ada 6 orang peserta yang berhalangan hadir dengan pertimbangan alasan kesehatan, namun tetap mengikuti Latsar melalui metode pembelajaran jarak jauh (distance learning). Hal ini merupakan salah satu upaya LAN untuk beradaptasi pada masa New Normal ini. Sementara itu, Tri Atmojo Sejati, Kepala Biro Hukum dan Humas LAN menambahkan pelaksanaan pembelajaran klasikal dalam Latsar ini dilaksanakan untuk mengakomodasi mata pelatihan yang tidak dapat dilakukan dengan menggunakan metode distance learning seperti materi kesiapsiagaan bela negara.

"Semua tahapan dalam pelaksanaan Latsar ini telah menerapkan protokol Covid 19 secara ketat. Peserta wajib mengikuti Rapid Test pada saat kedatangan dan kepulangan, yang hasilnya seluruh peserta sebanyak 114 orang non reaktif Covid 19," tambah Tri Atmojo. Hal itu diamini oleh salah satu peserta Latsar CPNS dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertugas pada Universitas Negeri Malang, Vidya Purnamasari, S.E.,M.Sc. "Terima kasih kepada bapak dan ibu penyelenggara yang telah membuat kami merasa sangat nyaman dan juga merasa aman. Dengan protokol kesehatan yang begitu ketat, kami yakini kami kembali pulang ke instansi dan keluarga masing masing dalam keadaan sehat," ujar Vidya.

Tri Atmojo menyatakan, pelaksanaan Latsar CPNS ini sebagai bukti bahwa LAN tetap bekerja. "Tidak ada lokcdown di LAN, tidak ada cluster corona baru di LAN, semua pelayanan tetap berjalan dengan baik," tegas pria yang akrab disapa Jatit tersebut.

Berita Terkait

Ade Armando Disomasi PW Pemuda Muhammadiyah Jateng Postingannya Dianggap Mencemarkan Nama Baik

Maya Rosfi'ah

Bukan Obat buat Covid-19 Mereknya Bio Nuswa BPOM Beri Penjelasan soal Klaim Hadi Pranoto

Maya Rosfi'ah

Penjelasan Pemerintah hingga Respons BPJS Watch Iuran BPJS Kesehatan Kembali Naik

Maya Rosfi'ah

Berikut ketentuan & Tahap Pendaftarannya 420.272 Peserta Sudah Berhasil Melakukan Pendaftaran SBMPTN

Maya Rosfi'ah

Begini Penjelasan Kemlu RI Mengenai Keadaan WNI di Seluruh Wilayah AS

Maya Rosfi'ah

Minggu Ini & Dua Minggu menuju Depan Pemerintah Tetap akan Larang Mudik Presiden

Maya Rosfi'ah

Ini ketentuan Masuk Poltekip & Poltekim Pendaftaran Sekolah Kedinasan Kemenkumham Dibuka 8 Juni

Maya Rosfi'ah

Kami Konsisten Dukung Presiden Dan Tak Urus Soal Jabatan Menteri Seknas Jokowi

Maya Rosfi'ah

Lewat Aplikasi hingga SMS 4 Cara Cek Saldo Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment