Image default
Travel

Lebih Beracun dari Kobra tapi Tak hendak Gigit Manusia Ular Suci di Tanah Lot Bali

PuraTanah Lotdi Tabanan,Balinampaknya menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan karena pemandangannya yang begitu indah. Wisatawanyang pernah mengunjungi puraTanah Lottentu tak asing dengan pemandangan pura di tengah lautan berdiri megah di atas batu karang besar. PuraTanah Lotterkenal dengan air sucinya.

Di tengah pura di atas batu karang itu ada sumber mata air tawar yang muncul dari tengah tengah lautan. Air tawar ini dipercaya oleh umat Hindu sebagai air suci pembawa berkah. Setiap harinya, para warga di sekitar PuraTanah Lotselalu mengantar hasil bumi dan berdoa di pura serta meminum atau membasuh wajah dengan air suci tersebut.

Selain air suci, ada pula ular suci yang jadi salah satu daya tarik wisatawan di Tanah Lot. Ular suci ini ada di gua yang terletak di seberang pura dan dijaga oleh seorang warga asli sekitar Tanah Lot lengkap dengan sesajen serta dupa di atas liang tempat tinggalnya. Selain memiliki sarang di dalam gua, ular suci Tanah Lot juga banyak ditemui di sekitar pura dan di sekitar sumber mata air tawar di tengah batu karang Tanah Lot.

Ular ini sering juga disebut ular poleng, dalam bahasa Bali artinya belang hitam putih. Ular suci Tanah Lot memiliki tubuh panjang dengan warna belang hitam putih dan kadang abu putih serta ekornya pipih, bukan tumpul memanjang. Oleh salah seorang pemangku adat di Tanah Lot yang ditemui tim Intisari, ia menjelaskan asal usul ular tersebut.

Bli Made, nama pemangku adat yang bertugas hari itu bercerita bahwa ular ini dipercaya muncul sebagai jelmaan dari sabuk atau selendang seorang Bramana dari Jawa bernama Danghyang Nirartha. Dengan kesaktian Danghyang Nirartha, ia memindahkan sebongkah batu besar ke tengah laut lalu membangun sebuah pura untuk ibadah di atasnya. Pura buatan Danghyang Nirartha itulah yang kita kenal sebagai Pura Tanah Lot yang artinya tanah di tengah lautan.

Lalu Danghyang Nirartha mengubah sabuk atau selendang yang dia kenakan menjadi ular ular suci untuk menjaga Pura Tanah Lot. Menurut Bli Made, itu menjadi salah satu alasan kenapa ular ini memiliki ekor pipih seperti ujung sabuk. Umat Hindu di Bali percaya, berdoa sembari mengelus ular suci di Tanah Lot ini bisa membuat doa mereka terkabul.

Banyak yang berdoa mendapat keselamatan, rezeki hingga ingin dikaruniai anak. "Ya mereka banyak berdoa di sini sambil pegang ular suci, supaya terkabul. Salah satu bentuk kepercayaan sekaligus ikhtiar saja, tetap kita harus usaha, tapi berdoa pada yang Maha Kuasa juga perlu," kata Bli Made. Saat Intisari mencoba menyentuh ular itu, ular suci tersebut terlihat bersahabat dan tidak garang.

Bahkan diam saja saat disentuh dan dielus. Padahal menurut Bli Made, ular suci di gua Tanah Lot ini sangat beracun. Jauh lebih mematikan dari ular kobra.

Jika ditelusuri lebih lanjut, ular suci di Tanah Lot ini termasuk ke dalam jenis ular laut Banded Sea Krait. Ular laut ini memang sangat berbisa dengan racun tiga kali lebih kuat dari jenis ular Kobra. Banded sea krait dapat melumpuhkan korbannya hanya dengan sekali gigitan.

Namun ular laut banded sea krait juga tipe ular yang tenang serta tidak agresif kecuali diserang lebih dulu. Wisatawan yang ingin berinteraksi langsung dengan ular suci ini harus memberi sedikit sumbangan sukarela yang digunakan untuk perawatan pura dan keperluan ibadah. Selain itu, wisatawan juga harus selalu berada dalam pengawasan pawang agar tidak terjadi kecelakaan atau digigit oleh ular suci.

Berita Terkait

Mencicipi Uniknya Bakso Barbel Milik Agung Hercules

Maya Rosfi'ah

Daftar Paspor Terkuat & Terlemah di Dunia 2020 Indonesia Peringkat Berapa

Maya Rosfi'ah

Pulau Misterius di Italia yang Jadi Lokasi Karantina Wabah Virus Pes Panduan Liburan menuju Poveglia

Maya Rosfi'ah

Wisatawan Diminta Patuhi Protokol Kesehatan yang Berlaku Persiapan New Normal di Jogja

Maya Rosfi'ah

Pengunjung Savana Propok Lombok Berpesta dengan Pengeras Suara Viral di Medsos

Maya Rosfi'ah

Mall di Thailand Gunakan Pedal Kaki Buat Operasikan Lift Tak Pakai Tombol

Maya Rosfi'ah

Ada Lezatnya Bakso Mas Kumis yang Legendaris 7 Bakso Enak di Jakarta buat Menu Makan Siang

Maya Rosfi'ah

6 Kafe Romantis di Bogor buat Dinner di Hari Valentine

Maya Rosfi'ah

Cek Kuota Bagasi Panduan Traveler yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment