Image default
Ramadan

Lengkap dengan ketentuan Berpuasa hingga Hikmahnya Bacaan Niat Puasa Ramadan 2020/1441 H

Berikut niat puasa Ramadhan, dilengkapi syarat berpuasa hingga hikmahnya. Bacaan niat puasa Ramadhan perlu diketahui oleh setiap umat Islam, apalagi sebentar lagi bulan puasa akan tiba. Kemudian, ada syarat wajib puasa dan syarat sah puasa yang perlu diketahui.

Berpuasa artinya menahan lapar dan dahaga sejak terbit fajar (subuh) hingga terbenam matahari (maghrib). Niat berpuasa bukan sekedar menahan lapar dan dahaga, namun juga mengendalikan hawa nafsu (nafsu amarah) dan panca indera ke arah yang positif, sebagaimana dilansir . Sementara itu, ada beberapa hikmah dari puasa, di antaranya mendekatkan diri kepada Allah SWT hingga memperbanyak sedekah.

Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta'ala "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala" 1. Islam

2. Berakal Orang yang gila tidak wajib berpuasa. 4. Balig (umur 15 tahun keatas) atau ada tanda yang lain.

5. Kuat berpuasa Orang yang tidak kuat, misalnya karena sudah tua atau sakit, sehingga tidak wajib puasa. 1. Islam

Orang yang bukan islam tidak sah puasa. 2. Mumayis Artinya dapat membedakan yang baik dengan yang tidak baik.

3. Suci dari darah haid (kotoran) dan nifas (darah sehabis melahirkan). Orang yang haid ataupun nifas itu tidak sah berpuasa, tetapi keduanya wajib membayar kewajiban sesudah lewat waktunya. 4. Dalam waktu yang diperbolehkan puasa.

Sebagai konsekuensi keimanan kepada Allah, maka setiap perintah Allah harus diikuti dan setiap larangannya wajib dihindari. Mengerjakan ibadah puasa merupakan perintah sebagaimana tertera dalam ayat 183 Surat Al Baqarah. Berpuasa dengan baik dan benar dapat meningkatkan ketaqwaan.

Secara etimologis, taqwa berarti menjaga, melindungi, memperhatikan dan waspada. Kemudian, secara terminologi taqwa berarti, menjalankan apa yang diperintahkan Allah, dan menjauhkan dari segala yang dilarang Nya. Orang yang berpuasa, mampu mengendalikan hawa nafsunya.

Ia selalu berkata dan berperilaku baik kepada sesama manusia. Orang yang serba kekurangan seringkali mengalami rasa lapar dan tidak bisa memenuhi kebutuhan pokoknya, seperti makan. Sebaliknya bagi orang yang berkecukupan atau orang kaya, bisa memenuhi kebutuhan.

Nah, ketika berpuasa maka memposisikan diri seperti orang yang kekurangan dan lapar. Pada bulan Ramadhan, umat islam menjalankan ibadah puasa dan melakukan tindakan yangmendekatkan diri kepada Allah. Di antaranya melalui ibadah salat wajib dan ibadah sunnah.

Setiap amalan kebaikan di Bulan Ramadhan, akan dibalas berlipat oleh Allah Swt. Bersedekah kepada orang fakir miskin, pahalanya sangatlah berlipat. Memberi makanan walau sekedar untuk membatalkan puasa (ta'jil), maka akan berpahala.

Berita Terkait

Dilengkapi PDF Contoh Naskah Khutbah Idul Fitri 2020 Bertema di Rumah Saja akibat Virus Corona

Maya Rosfi'ah

Jadwal Buka Puasa & Imsakiyah di Makassar Selama Ramadhan 2020/1441 H

Maya Rosfi'ah

Senin 4 Mei 2020 & Niat Puasa Ramadhan Jadwal Imsak & Buka Puasa di Yogyakarta

Maya Rosfi'ah

Kupang Jumat 22 Mei 2020 & Niat Puasa Ramadhan Mataram Jadwal Imsak & Buka Puasa di Denpasar

Maya Rosfi'ah

Muhammadiyah Sudah Tetapkan Tanggal 24 Mei 2020 Sabtu Atau Minggu Kapan Lebaran 2020

Maya Rosfi'ah

dan Bekasi Tangerang Depok Bogor Selasa 19 Mei 2020 di Jakarta Jadwal Imsak & Buka Puasa

Maya Rosfi'ah

Dilengkapi Bacaan Niat & Ketentuannya Tata Cara Sholat Idul Fitri di Rumah Resmi dari MUI

Maya Rosfi'ah

30 Kata Mutiara Selamat Hari Raya Idul Fitri 2020 buat Orang Tersayang & Cocok Jadi Status Medsos

Maya Rosfi'ah

Berikut Cara Olahnya Ada Martabak Tahu Jamur hingga Ayam Bakar Bumbu Resep Buka Puasa

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment