Image default
Lifestyle

Lengkap dengan Keutamaan Menjalankannya Bacaan Niat Puasa Asyura & Tasu’a di Bulan Muharram

Berikut ini bacaan niat puasa Asyura dan Tasu'a di bulan Muharram, lengkap dengan keutamaan menjalakannya. Ada beberapa nilai penting yang diajarkan Rasulullah salah satunya adalah ibadah puasa di bulan Muharram. Puasa bulan Muharram adalah puasa yang dilakukan pada bulan pertama dalam kalender Hijriyah.

Dikutip dari Buku Pintar Panduan Lengkap Ibadah Muslim oleh Ust.M. Syukron Maksum,hukum puasa di bulan Muharram adalah sunnah. Di bulan ini, umat Muslim disunnahkan untuk berpuasa terutama pada 10 Muharram yang dikenal dengan puasa Ayura. Kemudian disunnahkan pula berpuasa pada 9 Muharram yang disebut puasa Tasu'a.

Adapun bacaan niat yang dilafalkan sebelum menjalankan ibadah puasa di bulan Muharram نَوَيْتُ صَوْمَ فِيْ يَوْمِ عَاشُوْرَاء سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى Nawaitu shouma fii yaumi aasyuuroo’ sunnatan lillaahi ta’aalaa

Artinya: saya niat puasa Asyura, sunnah karena Allah Ta’ala نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى Nawaitu shauma ghadin ‘an ada'i sunnatit taasuu'aa sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: saya niat puasa Tasu'a, sunnah karena Allah Ta’ala Sebagai umat manusia yang tak luput dari dosa dan salah maka perlu memperhatikan sarana untuk mengikis dosa disa yang mungkin telah dilakukan. Satu dari beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk itu adalah dengan menunaikan ibadah puasa puasa Asyura.

Mengerjakan puasa Asyura dapat menebus dosa yang telah kita lakukan setahun sebelumnya. Seperti yang diungkapkan oleh Abi Qatadah, bahwa Rasulullah ditanya tentang puasa Asyura kemudian beliau menjawab, "Menebus dosa tahun yang lalu." (HR.Muslim) Seperti yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Abbas:

"Rasulullah telah berpuasa pada hari Asyura dan memerintahkan supaya orang orang berpuasa." (HR.Muslim). Kemudian, Abu Hurairah juga berkata: Saya mendengar Rasulullah bersabda: "Hari ini adalah Hari Asyura, dan kamu tidak diwajibkan berpuasa padanya. Dan saya sekarang berpuasa, maka siapa yang suka, berpuasalah. Dan siapa yang tidak suka, berbukalah!"

Ada hadis yang diungkapkan oleh Abu Hurairah, bahwa puasa pada bulan Muharram keutamaannya tepat di bawah puasa Ramadhan. Oleh karenanya, puasa pada bulan Muharram memiliki keutamaan yang luar biasa. Sebab puasa Ramadhan adalah wajib sedangkan puasa Muharram adalah sunah.

Ibnu Abbas mengungkapkan bahwa Nabi Muhammad SAW datang ke Madinah dan melihat orang orang Yahudi berpuasa pada hari Asyura. Maka Nabi bertanya. "Ada apa ini?" Mereka menjawab, "Hari baik, saat Allah membebaskan Nabi Musa dan Bani Israil dari musuh mereka, hingga membuat Musa berpuasa karenanya."

Maka Nabi Muhammad SAW bersabda: "Saya lebih hormat terhadap Musa dari kamu." Lalu beliau berpuasa pada hari itu dan menyuruh orang agar berpuasa." (HR. Bukhari Muslim). Puasa Asyura berhubungan erat dengan Nabi sebelum Rasulullah, yaitu Musa dan kaumnya.

Maka dari itu, beliau memuliakan hari itu dengan berpuasa. Ada sebuah obsesi Rasulullah yang belum terlaksana, lantaran ajal menjemput sebelum tercapai. Obsesi itu adalah puasa Tasu'a, yakni puasa pada tanggal 9 Muharram.

Hal itu seperti yang diceritakan Ibnu Abbas ra: Rasulullah bersabda: "Kalau saya lanjut umur sampai tahun yang akan datang, niscaya saya akan berpuasa Tasu'a (tanggal 9 Muharram). (HR.Muslim).

Berita Terkait

Berikut Saran Psikolog Bullying Kerap Terjadi di Sekolah Bagaimana Seharusnya Guru Menyikapinya

Maya Rosfi'ah

Perhatikan Dulu 5 Hal Ini Yuk Ingin Membelikan Si Kecil Mainan

Maya Rosfi'ah

Ramalan Peruntungan Zodiak Hari Ini Rabu 19 Juni 2019: Hoki Virgo Bagus, Taurus Rileks, Leo Impulsif

Maya Rosfi'ah

Pramugari Garuda Indonesia Tampil Beda, Layani Penumpang dengan Kebaya Rancangan Anne Avantie

Maya Rosfi'ah

Ramalan Zodiak Besok Jumat 9 Agustus 2019, Gemini Emosional, Hari yang Suram bagi Scorpio

Maya Rosfi'ah

Tes Kepribadian – Mana yang Paling Tak Menunjukkan Potret Keluarga

Maya Rosfi'ah

Gemini Tukang Fitnah & Cancer senang Minta Gratisan! Jangan Jadikan 6 Zodiak Ini Sebagai Temanmu

Maya Rosfi'ah

Gampang Banget Ternyata! Cara Membuat Keripik Singkong Balado Seenak Buatan Warung Makan

Maya Rosfi'ah

Taurus Muncul Jadi Pemenang Ramalan Zodiak Besok Pisces Tetap Cuek Jumat 22 November

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment