Image default
Kesehatan

Lengkuas Punya 5 Manfaat Ini buat Obati Penyakit Tak Hanya Jadi Bumbu Penyedap

Tahukah kamu, lengkuas yang biasanya dijadikan bumbu pada masakan ternyata memilki banyak manfaat. Lengkuas masuk dalam kategori umbi umbuan. Mereka tumbuh di dataran tinggi memiliki tekstur kulit yang kasar dengan daging yang keras dan berserat.

Selain itu, juga memiliki aroma yang tidak terlalu kuat dibandingkan dengan bumbu masakan lainnya. Masyarakat mengenal dua jenis lengkuas, yaitu lengkuas merah dan lengkuas putih. Lengkuas putih sering digunakan untuk bumbu masakan sedangkan lengkuas merah digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah manfaat lengkuas yang tidak banyak orang tahu. Lengkuas bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk dengan cara rendam lengkuas dengan air lalu diamkan semalaman. Kemudian minum air hasil sadapan lengkuas itu 3 kali berturut turut.

Air sadapan lengkuas bisa menyembuhkan batuk jika dikonsumsi secara rutin hingga batuk hilang. Lengkuas bisa melebarkan bronkiolus dan mengurangi gejala gejala asma. Selain itu, lengkuas mempunyai sifat antiinflamasi yang mampu mengendalikan dan menyembuhkan ssma dan gangguan pernafasan lain.

Selain memiliki sifat antiinflamasi yang bisa meredakan gangguan pernafasan, lengkuas juga bersifat anti mikroba yang dapat membasmi bakteri yang terbawa kedalam tubuh melalui makanan. Mengkonsumsi lengkuas bisa meredakan diare yang disebabkan bakteri yang terbawa kedalam tubuh melalui makanan. Lengkuas juga bisa menumbuhkan rambut, minyak olahan lengkuas biasa digunakan untuk menumbuhkan rambut pada rambut yang tipis.

Kandungan asam lemak pada lengkuas bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala kemudian bisa menumbuhkan rambut. Lengkuas memiliki sifat melawan kanker karena kaya akan zat antioksidan dan antiinflamasi. Lengkuas bisa membantu memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh radikal bebas.

Panu atau dalam istilah kedokteran sering disebut dengan pitryriasis versicolor. Penyakit panu adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Ditandai dengan munculnya bercak bercak putih pada permukaan kulit.

Meski bukan penyakit yang membahayakan, tapi tentunya penyakit ini akan sangat mengganggu. Selain itu penyakit panu juga membuat tidak percaya diri. Apalagi jika panu ini muncul pada permukaan kulit yang bisa dilihat banyak orang.

Nah untuk itu, banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan panu dengan cepat. Cara yang paling mudah dan aman adalah dengan memanfaatkan bahan bahan alami. Salah satu cara untuk menghilangkan panu adalah dengan menggunakan lengkuas.

Lengkuas dipercaya dapat menghilangkan panu dalam sekejab. Karena lengkuas mengandung senyawa kuersetin, amilum, dan flavonoid. Ketiga senyawa tersebut dapat mengatasi bakteri serta jamur dengan cepat.

Ambil 1 lengkuas dan cuci bersih. Belah lengkuas dan gunakan bagian belahan lengkuas untuk menggosokkan pada panu secara langsung. Gosok kulit yang terserang panu hingga kulit agak memerah dan terasa perih.

Setelah itu bilas hingga bersih. Lakukan cara tersebut 3 kali dalam sehari. Dengan begitu panu akan hilang dengan sangat cepat.

Berita Terkait

Hilangkan Susah Tidurmu Cukup dengan Olahraga Teratur Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat

Maya Rosfi'ah

Ini Kata Ahli Sederet Penelitian Berhasil Buktikan Puasa Bantu Tubuh Meningkatkan Sistem Imun

Maya Rosfi'ah

dari Gandum Alpukat hingga Bawang Putih Daftar Makanan buat Jaga Kesehatan Jantung

Maya Rosfi'ah

Sering Dianggap Sama, Ini Bedanya Pilek dan Flu, Mulai Dari Penyebab, Gejala Hingga Obatnya!

Maya Rosfi'ah

KOPMAS Laporkan Temuan Pelanggaran Per BPOM Tentang Label Pangan Olahan Oleh Produsen SKM

Maya Rosfi'ah

Mengenal Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening yang Jadi Penyebab Ria Irawan Meninggal

Maya Rosfi'ah

Reaksi Masyarakat Atas Ucapan Menkes Terawan Salahkan Pembeli Masker Harga Mahal yang Viral

Maya Rosfi'ah

Sering Buang Air Kecil hingga Lelah Setiap Saat 9 Tanda Diabetes yang Jarang Diketahui

Maya Rosfi'ah

Bukan Hanya Penyakit Fisik, Penyakit Kejiwaan Juga Kerap dialami Jemaah Haji

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment