Image default
Nasional

Login di www.pln.co.id & via WhatsApp Simak 2 Cara Mudah Klaim Token Listrik Gratis PLN

Pemerintah melalui PT PLN (Persero) telah menyiapkan mekanisme bantuan perlindungan sosial untuk masyarakat lapisan bawah yang terkait tarif listrik. Yakni pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen golongan Rumah Tangga 450 Volt Ampere (VA) dan keringanan tagihan sebesar 50% kepada konsumen golongan Rumah Tangga 900 VA Bersubsidi. Kebijakan ini sebagai upaya pemerintah untuk meringankan dampak ekonomi akibat virus corona (Covid 19).

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kebijakan listrik gratis ini berlaku 3 bulan, mulai April, Mei, dan Juni 2020. Dilansir esdm.go.id , untuk pelanggan rumah tangga 450 VA yang menggunakan sistem reguler atau pascabayar, pembayaran rekening listrik diberikan secara gratis termasuk biaya pemakaian dan biaya beban selama tiga bulan tersebut. Sedangkan untuk golongan RT 450 VA Prabayar setiap bulannya akan diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir.

Untuk pelanggan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi (R1/TR 900 VA) Reguler (Pascabayar) pembayaran rekening listrik selama April sampai Juni 2020 diberikan keringanan 50% dari biaya pemakaian dan biaya beban. Sementara bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Buka alamat web www.pln.co.id.

Klik menu Pelanggan dan langsung pilih Stimulus Covid 19. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter. Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai ID Pelanggan. Buka Aplikasi WhatsApp. Chat WhatsApp ke nomor 08122 123 123.

Ikuti petunjuk, salah satunya masukkan ID Pelanggan. Token gratis akan muncul. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai ID Pelanggan.

Lalu bagaimana cara mengetahui anda mendapatkan listrik gratis atau diskon? PLN juga telah membagikannya di akun Instagram @pln_id. Adapun caranya sebagai berikut.

1. Cek struk pembayaran sebelumnya 2. Lihat pada kolom Tarif/Daya 3. Jika tertera kode R1, maka Anda berhak mendapatkan gratis listrik atau diskon.

4. Jika pada kolom Tarif/Daya kodenya adanya R1M/900, maka dipastikan Anda tidak akan mendapat gratis atau diskon. Diketahui saat ini terdapat 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Sebelumnya, PLN telah menegaskan proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini akan dilakukan secara bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april.

Sementara paling lambat seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut pada 11 April 2020. Kebijakan keringanan tagihan listrik di tengah pandemi Covid 19 ini menunjukkan pemerintah hadir untuk membantu perekonomian mereka yang terdampak khususnya masyarakat tidak mampu. (*)

Berita Terkait

Ahmad Sahroni Minta Imigrasi Perbaiki Sistem Cegah Kasus Djoko Tjandra Terulang

Maya Rosfi'ah

ICW Harap Kejagung Pecat Jaksa Pinangki

Maya Rosfi'ah

Pemerintah Terus Lakukan Negosiasi Arab Saudi Stop Sementara Jemaah Umrah Jubir Wapres

Maya Rosfi'ah

Cyndyana Lorens – Dituding Terlibat Skandal dengan Petinggi Garuda hingga Ngaku Pernah Dilaporkan

Maya Rosfi'ah

dan Dokter di RSPI Sulianti Saroso Wajib Lakukan Tindakan ‘Safety Diri’ Perawat Petugas

Maya Rosfi'ah

Polisi Sita Ponsel Hingga Kacamata Perempuan Perekam Video Ancaman Penggal Jokowi

Maya Rosfi'ah

Sertifikasi Kompetensi Bisa Perbaiki Upah Kerja

Maya Rosfi'ah

Peneliti LIPI Syamsuddin Haris Jadi Dewas KPK

Maya Rosfi'ah

dan Panduan Secara Offline Cara Daftar Online Kartu Prakerja Gelombang 4 di www.prakerja.go.id

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment