Image default
Metropolitan

Low Explosive Pemilik Mobil yang Jadi Target Mempunyai Perusahaan Swasta UPDATE Ledakan di Menteng

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Heru Novianto, memberikan informasi terkait ledakan yang terjadi di Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat. Hal tersebut disampaikan dalam video yang diunggah di kanal YouTube Kompas TV, Minggu (5/7/2020). Diketahui, warga daerah Menteng dikagetkanadanya suara ledakan, pada Minggu sore.

Pada malam hari, pihak kepolisian Jakarta Pusat melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Dalam pemeriksaan itu Polres Jakarta Pusat melibatkan Pasukan Gegana dan Pusat Laboratorium Forensik atau Puslabfor. Untuk saat ini Kombes Heru menuturkan tengah menunggu hasil dari laboratorium yang hasilnya akan keluar pada Senin (6/7/2020).

Setelah melakukan olah TKP, pihak kepolisian langsung mensterilkan lokasi kejadian. Minggu malam, lokasi di sekitar ledakan sudah dinyatakan bersih. "Malam ini kita telah melaksanakan olah TKP, di mana kita melibatkan dari pasukan Gegana dan Puslabfor," tutur Kombes Heru.

"Untuk hasil olah TKP kita akan tetap menunggu dari laboratorium besok (hari ini) akan keluar, saat ini sudah kita nyatakan bersih," tambahnya. Ledakan tersebut sudah diidentifikasi oleh pihak terkait sebagai berdaya rendah atau low explosive . Pasalnya,ledakan tersebut memiliki dampak yang kecil serta tidak mengakibatkan korban luka hingga meninggal dunia.

Kombes Heru menyampaikan kerugian hanya berada di bagian mobil yang menjadi sumber ledakan. Saat terjadi ledakan, mobil tengah berada di pinggir jalan. Ia pun menyebutkan, ledakan mengakibatkan ban mobil Pajero di sebelah kiri kempes.

"Ledakan ini dampaknya kecil tidak ada korban manusia maupun meninggal," terang Kombes Heru. "Kerugian hanya ban Pajero sebelah kiri kempes, posisi mobil ada di pinggir jalan," lanjutnya. Meski demikian, sampai saat ini pihak kepolisian masih belum mengetahui target dari ledakan tersebut.

Kombes Heru menyatakan pihaknya masih melakukan pendalaman dengan meminta keterangan sejumlah saksi. Yakni korban maupun tetangga di sebelah kanan dan kiri juga turut diperiksa oleh kepolisian. "Kita belum tahu target itu siapa, kita masih dalami masih mengumpulkan saksi saksi."

"Dan kita sedang melakukan pemeriksaan apakah ada keterkaitan dengan saksi yang ada di sekitar TKP," jelas Kombes Heru. Berdasarkan penuturan Kombes Heru, ledakan kecil terjadi pada pukul 15.00 WIB. Ledakan itu disebutkan seperti sebuah petasan karena memiliki daya lemah.

Pemilik mobil Pajero yang menjadi target ledakan dijelaskan merupakan seorang pegawai swasta. Ia diketahui menjadi pemilik serta mengelola sebuah perusahaan. "Sekitar pukul 15.00 WIB terjadi ledakan kecil di mana ledakan itu seperti petasan," ungkap Kombes Heru.

"Kami analisa itu adalah ledakan kecil, low explosive seperti petasan." "Dia ada perusahaan yang dia kelola, ini masih kita dalami lagi," tambahnya. Pihak kepolisian mengatakan sampai saat ini sebanyak lima orang sudah diperiksa sebagai saksi.

Untuk motif pelaku belum diketahui karena masih dalam pendalaman lebih lanjut. Warga sekitar Jalan Yusuf Adiwinata mengaku kaget karena dentuman terdengar sangat keras. Namun, pihak kepolisian sudah memastikan ledakan tidak berasal dari bom.

Sejak Minggu sore, pihak Polres Metro Jakarta Pusat telah memasang garis polisi di sekitar mobil. Ledakan diduga berasal dari kantung plastik yang dilempar oleh orang tak dikenal. Orang tersebut diketahui menghampiri target ledakan dengan menggunakan sepeda motor.

Dari olah TKP ditemukan pipa serta serpihan plastik fiber di sekitar mobil Pajero.

Berita Terkait

Optimalkan Pelayanan Publik PT. Transjakarta Renovasi 6 Halte Terdampak Aksi Mahasiswa

Maya Rosfi'ah

Polda Metro Jaya Pagi Ini Bakal Merilis Misteri Kematian Editor Metro TV Yodi Prabowo

Maya Rosfi'ah

20 Juta Masker Kain Bakal Dibagikan kepada Warga Jakarta Anies Baswedan

Maya Rosfi'ah

Presenter Ini Menegur Dewi Tanjung Debat di TV dengan Relawan Anies Baswedan

Maya Rosfi'ah

Warga Cipayung Tuang Bensin menuju Sekujur Tubuhnya Lalu Bakar Diri

Maya Rosfi'ah

Zuhri Malah Kena Bacok Berniat Selamatkan Seseorang saat Tawuran Terjadi

Maya Rosfi'ah

Didominasi Penumpang Musiman KRL Jabodetabek Angkut 83.125 Penumpang di Hari Kedua Lebaran

Maya Rosfi'ah

Buronan FBI di Kebayoran Baru yang Ternyata Pedofil kisah Lengkap Penangkapan Russ Albert Medlin

Maya Rosfi'ah

Begini kisah Saimi Jadi Saksi Kekejaman PKI Turut Bangun Monumen Pancasila Sakti

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment