Image default
Metropolitan

Low Explosive Pemilik Mobil yang Jadi Target Mempunyai Perusahaan Swasta UPDATE Ledakan di Menteng

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Heru Novianto, memberikan informasi terkait ledakan yang terjadi di Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat. Hal tersebut disampaikan dalam video yang diunggah di kanal YouTube Kompas TV, Minggu (5/7/2020). Diketahui, warga daerah Menteng dikagetkanadanya suara ledakan, pada Minggu sore.

Pada malam hari, pihak kepolisian Jakarta Pusat melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Dalam pemeriksaan itu Polres Jakarta Pusat melibatkan Pasukan Gegana dan Pusat Laboratorium Forensik atau Puslabfor. Untuk saat ini Kombes Heru menuturkan tengah menunggu hasil dari laboratorium yang hasilnya akan keluar pada Senin (6/7/2020).

Setelah melakukan olah TKP, pihak kepolisian langsung mensterilkan lokasi kejadian. Minggu malam, lokasi di sekitar ledakan sudah dinyatakan bersih. "Malam ini kita telah melaksanakan olah TKP, di mana kita melibatkan dari pasukan Gegana dan Puslabfor," tutur Kombes Heru.

"Untuk hasil olah TKP kita akan tetap menunggu dari laboratorium besok (hari ini) akan keluar, saat ini sudah kita nyatakan bersih," tambahnya. Ledakan tersebut sudah diidentifikasi oleh pihak terkait sebagai berdaya rendah atau low explosive . Pasalnya,ledakan tersebut memiliki dampak yang kecil serta tidak mengakibatkan korban luka hingga meninggal dunia.

Kombes Heru menyampaikan kerugian hanya berada di bagian mobil yang menjadi sumber ledakan. Saat terjadi ledakan, mobil tengah berada di pinggir jalan. Ia pun menyebutkan, ledakan mengakibatkan ban mobil Pajero di sebelah kiri kempes.

"Ledakan ini dampaknya kecil tidak ada korban manusia maupun meninggal," terang Kombes Heru. "Kerugian hanya ban Pajero sebelah kiri kempes, posisi mobil ada di pinggir jalan," lanjutnya. Meski demikian, sampai saat ini pihak kepolisian masih belum mengetahui target dari ledakan tersebut.

Kombes Heru menyatakan pihaknya masih melakukan pendalaman dengan meminta keterangan sejumlah saksi. Yakni korban maupun tetangga di sebelah kanan dan kiri juga turut diperiksa oleh kepolisian. "Kita belum tahu target itu siapa, kita masih dalami masih mengumpulkan saksi saksi."

"Dan kita sedang melakukan pemeriksaan apakah ada keterkaitan dengan saksi yang ada di sekitar TKP," jelas Kombes Heru. Berdasarkan penuturan Kombes Heru, ledakan kecil terjadi pada pukul 15.00 WIB. Ledakan itu disebutkan seperti sebuah petasan karena memiliki daya lemah.

Pemilik mobil Pajero yang menjadi target ledakan dijelaskan merupakan seorang pegawai swasta. Ia diketahui menjadi pemilik serta mengelola sebuah perusahaan. "Sekitar pukul 15.00 WIB terjadi ledakan kecil di mana ledakan itu seperti petasan," ungkap Kombes Heru.

"Kami analisa itu adalah ledakan kecil, low explosive seperti petasan." "Dia ada perusahaan yang dia kelola, ini masih kita dalami lagi," tambahnya. Pihak kepolisian mengatakan sampai saat ini sebanyak lima orang sudah diperiksa sebagai saksi.

Untuk motif pelaku belum diketahui karena masih dalam pendalaman lebih lanjut. Warga sekitar Jalan Yusuf Adiwinata mengaku kaget karena dentuman terdengar sangat keras. Namun, pihak kepolisian sudah memastikan ledakan tidak berasal dari bom.

Sejak Minggu sore, pihak Polres Metro Jakarta Pusat telah memasang garis polisi di sekitar mobil. Ledakan diduga berasal dari kantung plastik yang dilempar oleh orang tak dikenal. Orang tersebut diketahui menghampiri target ledakan dengan menggunakan sepeda motor.

Dari olah TKP ditemukan pipa serta serpihan plastik fiber di sekitar mobil Pajero.

Berita Terkait

Kawasan Daan Mogot Macet Parah Terdampak Jalan Amblas di Kota Tangerang

Maya Rosfi'ah

Ini Sebabnya Petugas Ber-APD Malah Diusir & Nyaris Diamuk Warga Saat Evakuasi PDP Corona yang Kabur

Maya Rosfi'ah

Bangsa Indonesia Punya Daya Rekat yang Begitu Kuat Sejak Masa Lalu kata Kiai Maman

Maya Rosfi'ah

Ketua MPR Minta Maaf Viral Foto Konser Amal Pemerintah bagi Korban Covid Abaikan Protokol Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Jamaan Majelis Rasullullah Ikuti Tabligh Akbar Maulud Nabi

Maya Rosfi'ah

Cerita Suami yang Bacok Istri di Tangsel karena Tak Tahan Dengar Pasangannya Selingkuh

Maya Rosfi'ah

Aksi Gagal Begal di Jakarta, Begini Cara Korban Selamat dari Percobaan Perampasan Motor di Gandaria

Maya Rosfi'ah

Terkait Reklamasi, Pemprov DKI Diminta Berikan Kepastian dan Keadilan Hukum

Maya Rosfi'ah

3 Diantaranya Dinikahi Siri Lalu Diperas Pengemudi Taksi Online Tiduri 14 Mantan Penumpangnya

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment