Image default
Bisnis

LPDB Target Wujudkan 25 Unit Koperasi Modern Berbasis Teknologi

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB KUMKM) mematok target tahun ini mewujudkan modernisasi koperasi. Hal itu disampaikan Direktur Utama LPDB, Braman Setyo di gedung LPDB KUMKM, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (28/1/2020). “Kami berupaya memodernisasi koperasi yang berbasis pada teknologi. Tahun ini ditargetkan terwujud 25 unit koperasi modern,” kata Braman.

Program ini dilakukan melalui strategi kebijakan Kementerian Koperasi dan UKM yakni pengembangan koperasi dan UMKM dengan pendekatan komunitas atau klaster berdasarkan sentra produksi wilayah. “Prioritas pemberdayaan koperasi dan UMKM pada sektor riil (produksi) yang berorientasi ekspor serta substitusi impor,” tambahnya. Selain itu, metode kemitraan dilakukan lewat pemberdayaan lintas sektoral, melibatkan pihak ketiga sebagai off taker atau avalis.

Dalam medukung kebijakan tersebut, LPDB KUMKM menerapkan strategi penguatan tata kelola di antaranya pengembangan teknologi dan data koperasi, penguatan sumber daya manusia, inovasi produk dan proses serta penguatan sinergitas antar lembaga. Braman menambahkan pengembangan teknologi dan data koperasi diterapkan melalui core micro financial system (CMFS) berkolaborasi dengan stakeholder dan shareholder Modernisasi koperasi mahasiswa (Kopma) juga menjadi peranan penting dalam perekonomian nasional.

“LPDB melihat adanya potensi untuk melahirkan entrepreneur baru lewat Kopma. Mengingat persentase populasi koperasi di kalangan milenial masih relatif kecil 0,24 persen dibanding koperasi non milenial, peluang LPDB masuk ke pasar mahasiswa cukup menjanjikan,” tutur Braman.

Berita Terkait

Penjualan Avtur Turun Masyarakat Beralih menuju Jalan Tol Pertamina

Maya Rosfi'ah

PLN Didatangi Jokowi, Dimana Menteri BUMN Rini Soemarno?

Maya Rosfi'ah

Menhub dan Menko Luhut Tinjau Stasiun KA Pelabuhan Kuala Tanjung

Maya Rosfi'ah

Pengembangan Wisata Pulau Rinca Taman Nasional Komodo Akan Gandeng KLHK

Maya Rosfi'ah

Ini yang Bisa Dilakukan Pemerintah buat Pertahankan Startup Seperti Nodeflux

Maya Rosfi'ah

Honda Pastikan Stok & Pasokan Kendaraan Tetap Terjaga

Maya Rosfi'ah

Daftar Promo Hari Kemerdekaan 17 Agustus: J.CO, Burger King hingga Holland Bakery

Maya Rosfi'ah

Presiden Minta Negara ASEAN Perkuat Konektivitas Barang & Jasa Pulihkan Ekonomi

Maya Rosfi'ah

Angkasa Pura Logistik Sewa Pesawat ATR 72-500F Pelita Air Kembangkan Bisnis Kargo

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment