Image default
Bisnis

LPDB Target Wujudkan 25 Unit Koperasi Modern Berbasis Teknologi

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB KUMKM) mematok target tahun ini mewujudkan modernisasi koperasi. Hal itu disampaikan Direktur Utama LPDB, Braman Setyo di gedung LPDB KUMKM, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (28/1/2020). “Kami berupaya memodernisasi koperasi yang berbasis pada teknologi. Tahun ini ditargetkan terwujud 25 unit koperasi modern,” kata Braman.

Program ini dilakukan melalui strategi kebijakan Kementerian Koperasi dan UKM yakni pengembangan koperasi dan UMKM dengan pendekatan komunitas atau klaster berdasarkan sentra produksi wilayah. “Prioritas pemberdayaan koperasi dan UMKM pada sektor riil (produksi) yang berorientasi ekspor serta substitusi impor,” tambahnya. Selain itu, metode kemitraan dilakukan lewat pemberdayaan lintas sektoral, melibatkan pihak ketiga sebagai off taker atau avalis.

Dalam medukung kebijakan tersebut, LPDB KUMKM menerapkan strategi penguatan tata kelola di antaranya pengembangan teknologi dan data koperasi, penguatan sumber daya manusia, inovasi produk dan proses serta penguatan sinergitas antar lembaga. Braman menambahkan pengembangan teknologi dan data koperasi diterapkan melalui core micro financial system (CMFS) berkolaborasi dengan stakeholder dan shareholder Modernisasi koperasi mahasiswa (Kopma) juga menjadi peranan penting dalam perekonomian nasional.

“LPDB melihat adanya potensi untuk melahirkan entrepreneur baru lewat Kopma. Mengingat persentase populasi koperasi di kalangan milenial masih relatif kecil 0,24 persen dibanding koperasi non milenial, peluang LPDB masuk ke pasar mahasiswa cukup menjanjikan,” tutur Braman.

Berita Terkait

Mahasiswa di Sumut Ini Peroleh Penghasilan Rp 70 Juta Sebulan Dari Jamur Tiram

Maya Rosfi'ah

Curang, Sejumlah Pom Bensin di Jalur Pantura Disegel Kemendag

Maya Rosfi'ah

Janji Wamen ESDM untuk Pangkas Proses Perizinan

Maya Rosfi'ah

Presiden Minta Negara ASEAN Perkuat Konektivitas Barang & Jasa Pulihkan Ekonomi

Maya Rosfi'ah

Harga Emas Antam Terjun Bebas Rp13 Ribu Awal April

Maya Rosfi'ah

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Meroket Rp 14.000 Jadi Rp 765.000 Per Gram

Maya Rosfi'ah

Tantangan Startup ‘Gurem’ Lebih Besar Ketimbang Unicorn Soal IPO

Maya Rosfi'ah

Tak Perlu Proteksi Erick Thohir Dirut PTBA Sebut Bisnis BUMN Bisa Jalan Sendiri

Maya Rosfi'ah

Apindo Khawatir Perusahaan Besar Terancam Kolaps Upah Buruh Naik Terus

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment