Image default
Kesehatan

Makanan Sehari-Hari Ini Bisa Jadi Pemicu Coba Cek Bermasalah dengan Kolesterol

Apakah kamu punya masalah dengan kolesterol tinggi? Mungkin makanan sehari hari ini bisa jadi penyebab melonjaknya kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol kerap kali diasosiasikan sebagai zat jahat penyebab munculnya berbagai macam penyakit di dalam tubuh.

Atas dasar inilah kita selalu mendengar anjuran untuk mengurangi bahkan menghindari makanan penyebab kolesterol sejak dini. Kolesterol sebetulnya merupakan komponen yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam kondisi normal, zat yang diproduksi oleh hati ini berguna untuk membangun membran sel, hormon, vitamin D, serta berfungsi mencerna lemak.

Zat ini kemudian menjadi jahat ketika gaya hidup kita menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak kolesterol, misalnya dengan mengonsumsi berbagai makanan penyebab kolesterol tinggi. Ketika zat ini menumpuk di arteri jantung, Ia akan menyebabkan penyumbatan yang kemudian menimbulkan penyakit tertentu, seperti jantung koroner, serangan jantung, atau stroke. Jadi makanan apa saja yang harus dihindari supaya kadar kolesterol tidak melonjak naik?

Karena saturated dan trans fat sudah terbukti menyebabkan naiknya kadar kolesterol dalam darah, maka kita sebaiknya menghindari makanan yang mengandung kedua jenis lemak tersebut. Selain itu, kita juga harus mengatur konsumsi garam dan gula agar tidak berlebihan. Dilansir dari Kompas.com, berikut daftar makanan penyebab kolesterol yang sebaiknya dihindari:

Makanan jenis ini biasanya dimakan untuk pengganti nasi. Namun sayangnya mulai sekarang makanan ini harus dikurangi atau dihindari sama sekali. Jenis makanan ini banyak mengandung saturated fat.

Sebagai alternatif, bisa diganti dengan kentang atau ubi. Gorengan jadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Baik untuk cemilan atau lauk, gorengan selalu ada.

Sayangnya, gorengan bisa jadi salah satu pemicu naiknya kadar kolesterol. Terlebih yang digoreng menggunakan minyak sayur atau margarin karena mengandung trans fat. Minyak bisa diganti dengan olive oil atau mengganti metode masak dengan dipanggang.

Nah, ini bisa jadi perhatian untuk kaum muda agar tidak menyesal kemudian hari. Makanan cepat saji memang enak dan cepat untuk dikonsumsi. Namun, makanan ini sangat kaya akan trans fat sekaligus rendah nutrisi.

Jadi yang kita dapat hanya kenyang saja. Ketiga jenis makanan ini juga mulai sekarang harus dihindari. Karena makanan jenis ini juga mengandung trans fat.

Jika dikonsumsi sesekali, minuman bersoda dan es krim tidak akan berdampak banyak untuk kesehatan. Namun jika tiap hari dikonsumsi, maka mulai sekarang harus dihentikan. Karena makanan jenis ini mengandung banyak pemanis buatan yang bisa memicu munculnya diabetes, penyakit jantung, serta obesitas.

Misalnya sosis, bacon, dan hot dog yang sering dikaitkan sebagai penyebab berbagai penyakit jantung dan kanker. Banyak anggapan yang menyatakan kita juga sebaiknya menghindari makanan makanan yang berasal dari produk hewani, seperti daging dan susu. Namun, bahan bahan makanan itu juga mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh, seperti protein dan mineral, sehingga masih boleh dikonsumsi dalam jumlah tertentu.

Meskipun begitu, kamu yang memiliki toleransi rendah terhadap kolesterol sebaiknya menghindari makanan yang berpotensi menaikkan kadar kolesterol. Makanan tersebut di antaranya adalah daging merah, telur, keju, hewan laut bercangkang (kerang, kepiting, udang), jeroan (jantung, hati, paru), ikan sarden (yang bukan kalengan), dan yogurt.

Berita Terkait

5 Manfaat Daun Mangga dari Mengobati Luka hingga Batuk

Maya Rosfi'ah

Pagi Ini Kualitas Udara di Jakarta Masih Tidak Sehat, Gunakan Masker Saat Beraktivitas di Luar Rumah

Maya Rosfi'ah

Bukan Hanya Enak untuk Masakan, Lada Hitam Bermanfaat untuk Kesehatan

Maya Rosfi'ah

dari Gandum Alpukat hingga Bawang Putih Daftar Makanan buat Jaga Kesehatan Jantung

Maya Rosfi'ah

Sering Dianggap Sama, Ini Bedanya Pilek dan Flu, Mulai Dari Penyebab, Gejala Hingga Obatnya!

Maya Rosfi'ah

Efek Merokok pada Kulit dan Rambut: Mengakibatkan Jerawat hingga Penuaan Dini

Maya Rosfi'ah

Wanita Alami Cedera Tulang Belakang karena BB Naik Drastis, Salahkan Suami karena Masak Makanan Enak

Maya Rosfi'ah

Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan

Maya Rosfi'ah

7 Bahan Alami Bantu Perokok Hentikan Kebiasaan Buruknya

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment