Image default
Kesehatan

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan: Mencegah kanker dan Jaga Kesehatan Jantung

Buah ini semakin populer saja saat saat ini. Bisa dimakan langsung, atau dipotong potong lalu dicampurkan bersama buah buahan lain menjadi salad atau es buah. Ya,buah naga, yang memiliki bentuk dan rasa unik ini semakin populer di Indonesia. Ternyata,manfaatbuah nagauntukkesehatanpun sangat banyak.

Buah yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis ini, penamaan "Buah Naga" sendiri terinspirasi dari bentuk kulitnya yang dianggap mirip dengan sisik naga. Buah naga kaya akan kandungan Vitamin C, B1, B2, dan B3, serta mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor. Itu pun belum semua, karena menurut para ahli, masih banyak kandungan positif lain yang belum terpetakan sepenuhnya. Fakta ini semakin mengukuhkan posisi buah naga sebagai salah satu buah tersehat yang mudah kita temui di Indonesia.

Kali ini, yuk, kita bedah satu persatu apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan! Barangkali ini adalah manfaat buah naga untuk kesehatan yang paling banyak diketahui oleh masyarakat. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin C, B3, serta kadar air yang mencapai 90 persen. Akibatnya, kulit menjadi sehat dari dalam. Cocok untuk Anda yang selalu ingin tampak segar.

Warna merah pada buah naga juga mengandung fitokimia yang berperan sebagai antioksidan. Sehingga, tidak hanya menjaga kulit tetap ‘kencang’, tapi juga berfungsi melawan radikal bebas di dalam tubuh. Luar biasa, kan? Masih nyambung dengan poin sebelumnya, fungsi antioksidan dalam buah naga yang dapat melawan radikal bebas akan membantu menekan risiko kanker.

Selain Vitamin C, buah naga juga mengandung karoten yang mampu mengurangi jumlah tumor. Ditambah lagi, kandungan likopen pada buah naga merah juga terbukti menurunkan risiko kanker prostat. Manfaat buah naga untuk kesehatan lainnya adalah mampu mengurangi kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik.

Dari jurnal Pharmacognosy Research di tahun 2010, ditemukan bahwa mengonsumsi buah naga secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Jantung sehat, aktivitas pun lancar. Takut terkena diabetes? Buah naga juga ternyata berkhasiat menghindarkan kita dari penyakit kadar gula darah tinggi tersebut. Hal ini disebabkan oleh tingginya jumlah serat dalam buah naga yang menghambat peningkatan gula karena makan makanan dengan indeks glikemik tinggi.

Seperti yang telah disebutkan di atas, buah naga dapat memerangi radikal bebas sekaligus ‘mempertebal’ daya tahan tubuh. Ini berarti, Anda akan lebih jarang terkena penyakit seperti demam atau flu yang kebanyakan disebabkan oleh faktor infeksi. Tidak heran apabila buah naga sering termasuk ke dalam daftar buah yang harus dimakan jika Anda sedang menjalani diet.

Mengapa begitu? Karena buah naga sangat kaya akan serat dan rendah kalori. Jadi, Anda akan merasa kenyang lebih lama dan mampu mengontrol nafsu makan. Di sisi lain, faktor tersebut juga memperlancar metabolisme tubuh.

Berita Terkait

Kenali Penyebab Penyakit Kejiwaan yang Bisa Terjadi Pada Mayarakat Perkotaan dan Pedesaan

Maya Rosfi'ah

Pagi Ini Kualitas Udara di Jakarta Masih Tidak Sehat, Gunakan Masker Saat Beraktivitas di Luar Rumah

Maya Rosfi'ah

6 Cara Menghilangkan Stres saat Kamu Merasa Berada di Titik Terendah dalam Hidup

Maya Rosfi'ah

Alat Makan Sampai Tenda di Pusat Observasi WNI dari Wuhan Disemprot Desinfeksi 3 Kali Sehari

Maya Rosfi'ah

dari dari Jus Pare hingga Daging Merah 8 Bahan Alami buat Kontrol Gula Penderita Diabetes

Maya Rosfi'ah

Ini Manfaat Kesehatan Makan Bersama Satu Wadah di Atas Daun Pisang Tak Hanya Nikmat

Maya Rosfi'ah

Salah Satunya Sebabkan Iritasi Kulit Inilah Alasan Sebaiknya Tidak Pergi Tidur dengan Rambut Basah

Maya Rosfi'ah

8 Kebiasaan Sepele Wanita yang Bisa Mengancam Kesehatan Perempuan, Termasuk Makan!

Maya Rosfi'ah

Cara Sembuhkan Sakit Kepala Tanpa Obat, dari Makan Teratur hingga Cari Tempat Sepi

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment