Image default
Kesehatan

Manfaat Jus Bayam: Turunkan Kolesterol, Lancarkan Pencernaan, dan Cegah Kanker

Sayur bayam punya banyak manfaatnya. Itu dikarenakan melimpahnya kandungan gizi di dalamnya. Orang dewasa menyukainya. Tapi sayang, anak anak susah sekali untuk bisa sukasayur bayamhijau satu ini. Padahal,sayurini syarat kandunganzat besi.

Untuk diketahui, daun air bayam juga memiliki banyak manfaat. Dari mengurangi kolesterol sampai bisa mencegah kanker. Daun bayam juga menjadi sumber serat makanan, kalsium, zat besi, vitamin C, dan vitamin A yang baik untuk tubuh.

Untuk mendapatkan air bayam ini, caranya pun mudah. Kita hanya perlu mencuci bersih bayam dan kemudian memblendernya hingga halus. Jus bayam ini pun kita saring hingga tersisa air bayamnya saja!

Air bayam ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh, rambut, dan juga kulit. Mengonsumsi air bayam bisa menurunkan kolesterol dan juga triglycoside, karena kandungan yang ada pada bayam itu sendiri. Selain itu, air bayam juga dapat turunkan berat badan secara alami.

Berdasarkan penelitian, ekstrak bayam bisa melindungi dari kerusakan hati akibat kimia. Air bayam memodulasi enzim detoksifikasi, antioksidan, dan sifat scavenger radikal bebas. Air dari sayuran ini telah banyak digunakan untuk mengobatan penyakit kuning dan masalah hati.

Bayam sendiri memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Maka dari itu, air bayam ini tentu saja baik untuk penderita anemia dan wanita hamil. Zat besi ini merupakan mineral yang penting karena akan digunakan oleh sel darah merah memproses pembentukan hemoglobin.

Memiliki kandungan serat yang berlimpah, air bayam bisa dijadikan obat untuk mengatasi gangguan pencernaan dan sembelit. Selain itu, air bayam juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi cacing usus. Kandungan karotenoid, vitamin A, dan lutein yang tinggi air bayam tentulah baik untuk kesehatan mata.

Selain itu, dengan mengonsumsi bayam secara rutin juga bisa meningkatkan glutathione. Yaitu kandungan yang memiliki peran penting untuk mencegah katarak. Mengandung nutrisi seperti vitamin A, C, dan konsentrasi tinggi betakaroten, air bayam sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

Hal tersebut dikarenakan nutrisi yang ada berfungsi sebagai antioksidan yang bisa kurangi radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan yang terdapat dalam bayam diketahui bermanfaat untuk mencegah kanker. Bayam dikenal dengan manfaatnya dalam mencegah kanker kolorektal, kanker perut, kanker kulit, dan kanker payudara.

Selain itu, air bayam yang dikonsumsi secara rutin, bisa dijadikan obat yang dapat mencegah diabetes.

Berita Terkait

Cegah Stunting pada Anak, Ini Asupan Makanan yang Disarankan

Maya Rosfi'ah

Bidan Berperan dalam Pelayanan Kesehatan Reproduksi dan Kesehatan Seksual Perempuan

Maya Rosfi'ah

Ilmuwan Sebut Tak Perlu Khawatir Terungkap Strain Terbaru Virus HIV Setelah Hampir 20 Tahun

Maya Rosfi'ah

Cegah Penyakit Kronis hingga Kelola Tekanan Darah Manfaat Telur Puyuh bagi Kesehatan Tubuh

Maya Rosfi'ah

TCSC-IAKMI akan Dukung Pelarangan Secara Iotal Penggunaan Rokok Elektronik

Maya Rosfi'ah

Cuci Tangan Bantu Cegah Wabah Pneumonia Seperti yang Terjadi di Wuhan Tiongkok

Maya Rosfi'ah

Kesiapan Fasilitas KRI Dr. Soeharso buat Evakuasi WNI di Jepang

Maya Rosfi'ah

Implementasi Peraturan tentang Nutrisi Medis Khusus buat Memenuhi Nutrisi Anak Berpenyakit Langka

Maya Rosfi'ah

sebagai Antioksidan hingga Kurangi Risiko Penyakit Jantung 10 Manfaat Jahe bagi Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment