Image default
Kesehatan

Manfaat Jus Bayam: Turunkan Kolesterol, Lancarkan Pencernaan, dan Cegah Kanker

Sayur bayam punya banyak manfaatnya. Itu dikarenakan melimpahnya kandungan gizi di dalamnya. Orang dewasa menyukainya. Tapi sayang, anak anak susah sekali untuk bisa sukasayur bayamhijau satu ini. Padahal,sayurini syarat kandunganzat besi.

Untuk diketahui, daun air bayam juga memiliki banyak manfaat. Dari mengurangi kolesterol sampai bisa mencegah kanker. Daun bayam juga menjadi sumber serat makanan, kalsium, zat besi, vitamin C, dan vitamin A yang baik untuk tubuh.

Untuk mendapatkan air bayam ini, caranya pun mudah. Kita hanya perlu mencuci bersih bayam dan kemudian memblendernya hingga halus. Jus bayam ini pun kita saring hingga tersisa air bayamnya saja!

Air bayam ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh, rambut, dan juga kulit. Mengonsumsi air bayam bisa menurunkan kolesterol dan juga triglycoside, karena kandungan yang ada pada bayam itu sendiri. Selain itu, air bayam juga dapat turunkan berat badan secara alami.

Berdasarkan penelitian, ekstrak bayam bisa melindungi dari kerusakan hati akibat kimia. Air bayam memodulasi enzim detoksifikasi, antioksidan, dan sifat scavenger radikal bebas. Air dari sayuran ini telah banyak digunakan untuk mengobatan penyakit kuning dan masalah hati.

Bayam sendiri memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Maka dari itu, air bayam ini tentu saja baik untuk penderita anemia dan wanita hamil. Zat besi ini merupakan mineral yang penting karena akan digunakan oleh sel darah merah memproses pembentukan hemoglobin.

Memiliki kandungan serat yang berlimpah, air bayam bisa dijadikan obat untuk mengatasi gangguan pencernaan dan sembelit. Selain itu, air bayam juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi cacing usus. Kandungan karotenoid, vitamin A, dan lutein yang tinggi air bayam tentulah baik untuk kesehatan mata.

Selain itu, dengan mengonsumsi bayam secara rutin juga bisa meningkatkan glutathione. Yaitu kandungan yang memiliki peran penting untuk mencegah katarak. Mengandung nutrisi seperti vitamin A, C, dan konsentrasi tinggi betakaroten, air bayam sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

Hal tersebut dikarenakan nutrisi yang ada berfungsi sebagai antioksidan yang bisa kurangi radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan yang terdapat dalam bayam diketahui bermanfaat untuk mencegah kanker. Bayam dikenal dengan manfaatnya dalam mencegah kanker kolorektal, kanker perut, kanker kulit, dan kanker payudara.

Selain itu, air bayam yang dikonsumsi secara rutin, bisa dijadikan obat yang dapat mencegah diabetes.

Berita Terkait

Pentingnya Berkumur Setelah Makan untuk Kesehatan Mulut

Maya Rosfi'ah

Kemenkes Sebut Wabah Antraks di Gunungkidul Bisa Dikendalikan

Maya Rosfi'ah

Berkat Kesabaran Selama 4 Tahun, Nurseti Senang Sang Anak Telah Ikuti Operasi Bibir Sumbing

Maya Rosfi'ah

Istrinya Dalam Perawatan Intensif Dr Boedhi Harsono Meninggal karena Covid-19

Maya Rosfi'ah

Alat Makan Sampai Tenda di Pusat Observasi WNI dari Wuhan Disemprot Desinfeksi 3 Kali Sehari

Maya Rosfi'ah

Ini 6 Cara Salah Menggendong Bayi Ternyata Bisa Bahayakan Kesehatan Sering Dilakukan

Maya Rosfi'ah

Jadi Buruan Artis Hingga Izinnya Hanya Dokter Umum Fakta Klinik Suntik Punca Ilegal Disegel

Maya Rosfi'ah

Bukan Hanya Enak untuk Masakan, Lada Hitam Bermanfaat untuk Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Sering Dianggap Sama, Ini Bedanya Pilek dan Flu, Mulai Dari Penyebab, Gejala Hingga Obatnya!

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment