Image default
Kesehatan

Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan

Pisang merupakan satu di antara buah yang paling banyak diminati orang. Selain karena rasanya, pisang juga bisa diolah dengan berbagai cara. Harganya terjangkau. Kandungan gizi dalam pisang juga tak perlu diragukan lagi.Sudah umum disebutkan jika makan pisang secara rutin, makakesehatantubuh akan tetap terjaga. Ternyata, meski seringkali langsung dibuang dan diabaikan,kulit pisang memiliki segudangmanfaatbagi tubuh.

Dikutip dariLittle Things, berikut 9 manfaat tak terduga yang bisa Anda dapat dari kulit pisang. Meski cukup sepele, gigitan serangga dapat dengan cepat merusak hari Anda, apalagi efek samping yang ditimbulkan seperti rasa sakit, gatal, maupun bekas gigitannya. Namun kulit pisang dapat mengurangi rasa sakit dan bentol akibat gigitan serangga.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengoles dan memijat perlahan bagian kulit yang terkena gigitan serangga dengan bagian dalam kulit pisang. Kulit pisang itu sendiri sarat dengan serat, membuatnya memperlancar pencernaan sehingga buang air besar menjadi teratur. Kulit pisang juga dpat digunakan untuk memutihkan gigi. Menurut Native American News, untuk memutihkan gigi, cukup gosok gigi Anda dengan bagian dalam kulit pisang secara teratur.

Hasilnya mulai akan terlihat setelah diaplikasikan setiap hari selama dua minggu. Kandungan antioksidan dalam kulit pisang juga sangat bagus untuk kulit Anda. Cukup gosok bagian dalam kulit pisang pada bagian wajah ataupun kulit yang diinginkan. Biarkan selama setengah jam kemudian bilas dengan air hangat.

Untuk mendapatkan tidur yang baik, daripada mengonsumsi obat tidur, lebih baik cobalah kulit pisang. Tapi jika Anda belum terbiasa makan pisang bersama kulitnya, rebuslah kulit pisang terlebih dahulu. Jika masih merasa enggan, minum air rebusan kulit pisang juga sama bermanfaatnya.

MenurutOMTimes, kulit pisangmengandung triptofan yang dapat membantu Anda mendapatkan istirahat malam yang baik. Seiring bertambahnya usia, risiko katarak dapat meningkat.Dengan makan kulit pisang bisa membantu untuk mengurangi risiko katarak. Livestrong.commenyebutkan kulit pisang mengandung lutein, antioksidan kuat yang melindungi mata dari radikal bebas dan frekuensi radiasi UV yang berbahaya dari matahari.

Lutein telah terbukti mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula. Jika Anda perlu menurunkan kolesterol, mungkinkulit pisang dapat dimasukkan sebagai bagian dari diet sehat Anda. MenurutOMTimes, kulit pisang memiliki lebih serat larutmaupuntidak larut daripada yang ditemukan di daging pisang itu sendiri.

Kulit pisang menurunkan kolesterol Anda, sehingga membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. Saat mengobatikutil, orang seringmengandalkan obat kimia yang keras.Namun, untuk pendekatan alami, cobalah kulit pisang. Native American Newsmenyarankan untuk mengoleskan selembar kulit pisang (bagian dalam) di kulit yang sakit dan amankan dengan plester.Tinggalkan semalam.Ulangi sampai kutil hilang.

Asam amino dalam kulit pisang juga memicu hormon peningkat suasana hati yang dikenal sebagai serotonin. Dengan meningkatnya serotonin, maka suasana hati Anda menjadi lebih baik. Melihat berbagai manfaat tadi, bisa dikatakan mungkin satu satunya hal yang berbahaya dari kulit pisang adalah dapat membuat orang terpeleset.

Dikutip dariLive Science, kulit pisang tidaklah beracun, justru sebaliknya, kulit pisang kaya akan vitamin B6 dan B12, Magnesium, Kalium, serat dan protein. Kulit pisang juga mengandung berbagai senyawa aktif seperti polifenol dan karotenoid, seperti disebutkan dalam jurnal biokimia terapan dan bioteknologi. Bahkan di India, kulit pisang umum dikonsumsi.

Namun perlu diperhatikan bahwa sangat penting untuk mencuci kulit pisang terlebih dulu sebelum dikonsumsi. Selain agar bersih, juga untuk menghilangkan pestisida yang mungkin masih menempel. Kulit pisang dapat langsung dikonsumsi bersama daging buahnya, namun bagi yang belum terbiasa pasti akan sangat kesulitan melakukan ini. Tip yang disarankan adalah merebus, memanggang atau menggorengnya terlebih dulu.

Selain itu bisa juga dijadikan smoothie atau dijus, dicampur dengan buah buahan lain. Anda juga bisa mengonsumsi bagian dalam kulit pisang yang tipis berwarna putih dengan cara mengikisnya.

Berita Terkait

Cedera Pergelangan Kaki Picu Robeknya Pengikat Tulang Sehingga Memicu Nyeri Berkepanjangan

Maya Rosfi'ah

Tidur di Lantai Penjara Disebut Picu Sakitnya Ahmad Dhani, Kenali Penyebab Asam Urat

Maya Rosfi'ah

Satu Diantaranya Istri ‎Menteri Sofyan Djalil Dapat Penghargaan Dari Moeldoko 10 Pegiat Stunting

Maya Rosfi'ah

Ilmuwan Sebut Tak Perlu Khawatir Terungkap Strain Terbaru Virus HIV Setelah Hampir 20 Tahun

Maya Rosfi'ah

Salamfina Sunan Ingin Punya Anak dengan Cari Donor Sperma, Samakah Prosesnya dengan Bayi Tabung?

Maya Rosfi'ah

Olahraga Zumba Terasa Menyenangkan dengan Musik Rock

Maya Rosfi'ah

Wanita Alami Cedera Tulang Belakang karena BB Naik Drastis, Salahkan Suami karena Masak Makanan Enak

Maya Rosfi'ah

Lakukan Lima Langkah Sederhana Cegah Penularan Virus Corona Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Maya Rosfi'ah

Kemenkes Sebut Wabah Antraks di Gunungkidul Bisa Dikendalikan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment