Image default
Kilas-kementerian

Masyarakat Sekitar Pelabuhan Rembang Dilibatkan Kemenhub Gelar Padat Karya

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pemberdayaan masyarakat serta untuk membangkitkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat, Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Rembang melibatkan peran masyarakat sekitar dalam pelaksanaan Program Padat Karya di Lingkungan Kementerian Perhubungan. Sebanyak 69 orang peserta padat karya yang terdiri dari para Pegawai Kantor UPP Kelas III Rembang, PPNPM, Mitra kerja serta masyarakat sekitar pelabuhan Rembang mengikuti kegiatan Padat Karya ini, namun penyelenggaraannya tetap mengedepankan dan memperhatikan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid 19. Kepala Kantor UPP Kelas III Rembang, Dimiyati mengatakan bahwa kegiatan padat karya ini merupakan tindak lanjut dari dikeluarkannya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 73 tahun 2018 tentang cara penyelenggaraan program padat karya di Lingkungan Kementerian Perhubungan dan sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut No. SE 15 tahun 2020 tentang pelaksanaan program padat karya di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

“Pada hari ini, sebagai tindak lanjut dari arahan Pimpinan, setelah melaksanakan apel pagi, kami menyelenggarakan kegiatan Padat Karya dengan melibatkan dan memberdayakan masyarakat di sekitar lingkungan kerja UPP Rembang,” ujar Dimiyati. Penyelenggaraan Program Padat Karya di Lingkungan Kementerian Perhubungan ini, menurut Dimiyati dilakukan dalam rangka menyediakan atau meningkakan infrastruktur di daerah dengan pendekatan yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam skala tertentu dengan tujuan tentunya untuk meningkatkan sosial ekonomi wilayah tersebut. “Dengan melibatkan masyarakat pada program padat karya, diharapkan kita dapat membantu meningkatkan infrastruktur sekaligus membantu menekan jumlah pengangguran, membangkitkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat, dan tentunya juga memupuk rasa kebersamaan, gotong royong, dan keterlibatan masyarakat dengan program pemerintah,” kata Dimiyati.

Adapun kegiatan Padat Karya yang dilakukan di lingkungan Kantor UPP Kelas III Rembang antara lain meliputi kegiatan pengecatan pagar lapangan penumpukan, perbaikan akses jalan depan kantor, serta membersihkan lingkungan di sekitar kantor dan lapangan penumpukan. “Saya harap, kegiatan padat karya ini dapat memberikan manfaat yang sebesar besarnya kepada masyarakat di sekitar kantor UPP Kelas III Rembang, apalagi di tengah pandemi Covid 19 yang tengah melanda kita semua,” tutup Dimiyati.

Berita Terkait

Dubes Korsel Berbagi Pengalaman Gelar Pemilu saat Pandemi Bertemu Mendagri

Maya Rosfi'ah

Kementan Gandeng E-Commerce Pertanian & Transportasi Online Salurkan Produk Peternakan

Maya Rosfi'ah

Gorontalo Siap Ekspor 12 Ribu Ton Jagung

Maya Rosfi'ah

LPDB-KUMKM Manfaatkan “Silahturahmi Virtual’ Mengawali Bulan Ramadan 1441 H

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment