Image default
Travel

Melihat Koleksi di Museum Kayu Tuah Himba, Tempat Wisata di Kutai Kartanegara

Museum Kayu Tuah Himba adalah tempat wisata di Kutai Kartanegara yang bisa dikunjungi saat liburan akhir pekan. Museum Kayu Tuah Himba berlokasi di kawasan Waduk Panji Sukarame, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Kamu bisa menempuhnya dengan naik kendaraan roda dua atau mobil pribadi untuk pergi ke Museum Kayu Tuah Himba.

Karena berada di kawasan waduk, kamu juga bisa sekaligus menikmati liburan akhir pekan dengan mampir ke waduk untuk bersantai. Jika ingin menghabiskan waktu liburan untuk wisata edukasi bisa sekali datang ke Museum Kayu Tuah Himba. Museum Kayu Tuah Himba merupakan museum kuno yang menyimpan banyak koleksi unik dan menarik.

Seperti perkakas kuno dari kayu dengan diameter raksasa, koleksi flora, hingga awetan reptil raksasa. Diketahui, reptil raksasa tersebut adalah buaya besar yang dulu pernah memangsa manusia. Berikut beberapa koleksi di Museum Kayu Tuah Himba:

Museum Kayu Tuah Himba menyimpan awetan dua ekor buaya muara yang sempat menggegerkan warga Kalimantan Timur tahun 1996 silam. Menurut kabar, kedua buaya muara tersebut pernah memangsa dua manusia di tempat berbeda dalam waktu satu bulan. Karena dianggap meresahkan warga, akhirnya kedua buaya yang berjenis kelamin jantan dan betina ini ditangkap menggunakan bom ikan dan dibunuh.

Dulu salah satu buaya tersebut sempat dibedah perutnya dan ditemukan beberapa potongan tubuh manusia yang dimangsanya. Selain menyimpan awetan buaya muara raksasa, Museum Kayu Tuah Himba juga menyimpan awetan kayu kapur. Kayu kapur yang tersimpan di Museum Kayu Tuah Himba memiliki ukuran diameter mencapai 60 sentimeter lebih.

Apabila tumbuh di alam, kayu kapur ini bisa mencapai ketinggian hingga 60 meter. Biasanyam kayu kapur digunakan sebagai pondasi bangunan supaya kokoh. Bagi kamu yang ingin wisata edukasi dan belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bisa nih datang ke Museum Kayu Tuah Himba.

Museum Kayu Tuah Himba memiliki ruang khusus untuk menyimpan herbarium dari beberapa jenis daun. Herbarium tersebut disusun secara rapi dan ada yang di pajang dengan digantung dalam pigura kayu. Tidak hanya memiliki ruang herbarium saja, Museum Kayu Tuah Himba juga menyediakan ruang khusus untuk hasil olahan rotan.

Hasil olahan rotan ini biasanya dijadikan berbagai perabot rumah tangga. Seperti meja, lemari, jam dinding, meja rias, hingga tempat lampu. Ada ruang penyimpanan kayu yang bisa kamu jumpai di Museum Kayu Tuah Himba.

Ada berbagai jenis kayu dari hasil hutan Kalimantan Timur yang disimpan sebagai koleksi. Ruang ini menyimpan awetan kayu yang disimpan dalam bentuk vertikal dan hosizontal. Lembuswana merupakan hewan yang ada dalam mitologi rakyat Kutai, Kalimantan Timur.

Dulunya, hewan ini dipercaya telah hidup sejak zaman Kerajaan Kutai yang menjadi lambang kerajaan. Lembuswana memiliki semboyan Tapak Leman Ganggayaksa. Hingga kini di Museum Kayu Tuah Himba menyimpan Patung Lembuswana untuk mengenang zaman Kerajaan Kutai.

Berita Terkait

Ada Tikus hingga Kera Panggang 7 Kuliner Ekstrem di Pasar Tomohon Manado

Maya Rosfi'ah

Prof I Gde Pitana: Di Tangan Arief Yahya, Pariwisata Indonesia Semakin Maju

Maya Rosfi'ah

Termasuk Es Dibungkus Plastik di Malaysia 8 Kebiasaan Unik di Berbagai Negara yang Buat Turis Heran

Maya Rosfi'ah

Spot Wisata untuk Libur Lebaran Bersama Keluarga dan Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Maya Rosfi'ah

7 Wisata yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga saat Mudik Lebaran di Klaten

Maya Rosfi'ah

Mencicipi Uniknya Bakso Barbel Milik Agung Hercules

Maya Rosfi'ah

Mengetahui Arti Kode SSSS di Boarding Pass Pesawat

Maya Rosfi'ah

8 Kuliner Enak untuk Sarapan di Kota Batu, Malang

Maya Rosfi'ah

Ada Lezatnya Bakso Mas Kumis yang Legendaris 7 Bakso Enak di Jakarta buat Menu Makan Siang

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment