Image default
Seleb

Mencuri Nama” ”Orang Jadi Mengecap Plagiat Sengketa Merek Geprek Bensu Bikin Ruben Onsu Stres

Artis dan presenter Ruben Onsu ini jadi stres dan dibikin pusing oleh konflik usaha kuliner ayam geprek Geprek Bensu yang melibatkan dirinya dan Jordi Onsu dengan I Am Geprek Bensu milik Benny Sujono. Putusan Mahkamah Agung menolak kasasi Ruben Onsu, terutama untuk enam merek dagang Geprek Bensu. Dalam amar putusannya, Mahkamah Agung meminta Dirjen HAKI Kementerian Hukum dan HAM RI untuk membatalkan enam sertifikat merek Geprek Bensu milik Ruben Onsu.

PihakGeprek Bensuyang diwakili kuasa hukumnya, Minola Sebayang mengungkapkan kerugian yang dialami kliennya. Minola menyebut, bukan hanya kerugian materi, tapiRuben Onsujuga mengalami kerugian immateriil. Hal itu disampaikan dalam video yang diunggah di kanal YouTube Beepdo, Jumat (19/6/2020). Ruben Onsu dinilai melakukan plagiat kepada nama merek dagang yang ia gunakan saat ini.

"Kerugian pasti ada, salah satu kerugian immateriil, karena pada awalnya ketika berita itu naik ke permukaan dan informasi yang kami juga belum dapat, mereka dapat," ujar Minola Sebayang. "Masyarakat langsung menganggap bahwa Ruben adalah orang yang plagiat, orang yang mencuri nama, bisnis itu," sambungnya. Menurut Minola, polemik merekGeprek Bensuyang mencuat ke publik ini membuatRuben Onsumengalami tekanan psikis.

Hal ini membuat Ruben Onsu tidak berani ketemu awak media karena pemberitaan yangberedar. "Ini kan membuat ada kerugian immateriil, ada tekanan psikis," terang Minola. "Ruben nggak berani kemana mana, nggak berani ketemu teman teman media. Karena dia merasa terpojokkan," tambahnya.

Minola juga mengatakan, banyak mitra dari bisnisRuben Onsumerasa terganggu dengan adanya polemik tersebut. Akan tetapi, pihak kuasa hukum Ruben berhasil menjelaskan melalui hak jawab yang ada terkait dengan keadaan yang sebenarnya kepada para mitra bisnis suami Sarwendah ini. "Belum lagi misalnya ada mitra mitra yang terganggu dengan pemberitaan itu kemudian ingin membahas ulang tentang hal hal yang sudah dikerjasamakan."

"Tapi setelah kita menggunakan hak jawab kita, kita mengklarifikasi semuanya bahwa kita bukan omong doang tapi karena ada fakta hukum," papar Minola. Karena itu,Minola mengatakan,Ruben Onsumasih diperbolehkan buka gerai dengan namaGeprek Bensu. "Makanya kita berani menggunakan namaGeprek Bensudan juga masih ada tersisa dua sertifikat di kelas 43," jelas Minola.

"Sehingga restauran kami tetap bisa menggunakan namaGeprek Bensutentu itu sedikit meredam," ucapnya. Kuasa Hukum TegaskanGeprek BensuTetap MilikRuben Onsu Diberitakan sebelumnya, Minola menegaskan, jikaGeprek Bensutetap milikRuben Onsudan tidak akan mengubah nama.

Lebih lanjut, Minola Sebayang mengatakan bahwa tidak diperbolehkan menggunakan merek orang lain. Hal itu disampaikan dalam video yang diunggah di kanal YouTube KH INFOTAINMENT, Kamis (18/6/2020). "Logika hukumnya ketika kita menganggap bahwa Bensu itu adalah singkatan dariBenny Sujonoharusnya semuanya akan dibatalkan," ucap Minola.

"Karena tidak boleh kita menggunakanbrandorang lain," sambungnya. Minola menjelaskan, nama Bensu yang sudah dilindungi oleh Undang undang itu merupakan singkatan dariRuben Onsu. Ruben mengajukan permohonan penetapan nama merek Bensu sebagai singkatan namanya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Tapi pada kenyataannya, kalau kita lihat dari dokumen dokumen hukum yang ada," jelasnya. •Bantah Lakukan Skandal Satu Malam dengan DJ asal Italia, Dinar Candy Siap Jalani Tes Keperawanan "Bensu itu yang punya penetapan nama singkatan Bensu hanyaRuben Onsusesuai dengan penetapan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," kata Minola.

"Jadi amar putusannya jelas menetapkan, nama Bensu merupakan singkatan dari Ruben Onsu," imbuhnya. Minola sambil membacakan amar putusan menyebutkan, perubahan namaBenny Sujonobukanlah Bensu. "Cuma mereka sendiri memberikan singkatanBenny Sujonoadalah Bensu," ujarnya.

Selain itu, Minola kembali menegaskan, nama Bensu juga telah dilegalkan sebagai singkatan dariRuben Onsu. Hal itu diputuskan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. "Tapi secara legal, mereka nggak punya legalitas untuk menggunakan singkatan Bensu,' papar Minola. "Karena yang punya legalitas untuk singkatan Bensu adalahRuben Onsu. Berdasarkan penetapanPengadilan Negeri Jakarta Selatan," tegasnya.

Minola menambahkan, dalam Undang undang Nomor 20 Tahun 2016 sudah tertera bahwa hak atas merek yang terdaftar dapat beralih atau dialihkan karena perjanjian. Ia juga mengatakan, pihakRuben Onsusudah mempunyai sertifikat untuk penggunaan Bensu sejak tahun 2015. "Brand Bensu yang sudah ada sejak tahun 2015 sesuai dengan Pasal 41 Undang undang Nomor 20 Tahun 2016 yang menyatakan boleh dialihkan atau diambil alih dengan syarat syarat di antaranya perjanjian," terangnya.

"Itu sudah dialihkan ke kami. Jadi oleh karena itu berlaku sejak tahun 2015, pemilik dari sertifikat merek Bensu itu adalah Ruben Onsu," tandasnya. Seperti diketahui,Geprek Bensuyang digawangi olehRuben Onsusebelumnya memang menggunggat PT Ayam GeprekBenny Sujonoyang menggunakan merek I AmGeprek Bensu. Namun, Mahkamah Agung (MA) RI telah menetapkan PT Ayam GeprekBenny Sujonomerupakan pemilik pertama dan sah dari merek I AmGeprek Bensu.

Berita Terkait

Sebut 3 Anak Sule Ikut Menemani Teddy Ungkap Alasannya Tutupi Kabar Persalinan Lina dari Keluarga

Maya Rosfi'ah

Ayah Mantan Pejabat BI Ibu Dokter Gigi Orangtua BCL yang Bukan Orang Sembarang Jarang Terekspos

Maya Rosfi'ah

Chelsea Olivia Umumkan Kehamilan Anak Kedua dengan Foto Perut Sudah Buncit Jarang Terekspos

Maya Rosfi'ah

Tata Janeeta Tiba-tiba Dapat ‘Surat Cinta’ dari Polisi Batal Manggung di Acara MeMiles

Maya Rosfi'ah

Beda Pilihan Raffi Ahmad Dan Teuku Wisnu Di Pilpres 2019 Tukar Cerita Saat Bertemu Jokowi Dan Prabowo

Maya Rosfi'ah

3 Miliar Martin Pratiwi Naikkan Jadi Rp14 Perkembangan Kasus Gugatan Ashanty

Maya Rosfi'ah

Album Keterkaitan Keterikatan Chord Kunci Gitar Lagu Kupeluk Hatimu Noah

Maya Rosfi'ah

Pernah Mengaku Ingin Tebus ‘Dosa’ kepada Istri di Masa Tua Shigeo Tokuda Ulang Tahun ke-86

Maya Rosfi'ah

Orang Tua Menangis Pilu Putri Amelia Finalis Putri Pariwisata Dikaitkan Prostitusi di Kota Batu

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment