Image default
Kesehatan

Mengatasi Flu Tanpa Minum Obat

Flu merupakan penyakit lumrah dialami sebagian orang saat musim hujan. Kondisi ini pada umumnya juga disertai sejumlah gejala, seperti sakit tenggorokan, dada tersumbat, demam, pilek, hingga sakit kepala yang bisa sangat sulit untuk ditangani. Terserang flu tentunya bisa mengganggu seluruh jadwal kegiatan kita dan kita terpaksa harus berdiam di tempat tidur sepanjang hari.

Banyak orang bergantung pada obat yang diresepkan dokter untuk mengatasi penyakit ini. Padahal, ada beberapa solusi alami yang aman dan efektif yang juga bisa kamu coba ketika terserang flu: Berkumur air garam dapat membantu menenangkan tenggorokan dan membersihkan lendir di dada.

Ramuan air garam menciptakan efek osmosis dan dapat menarik cairan dari tenggorokan kita. Selain dapat memecah lendir, cara ini juga bisa membantu menghilangkan iritasi dan membersihkan tenggorokan. Caranya, masukkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan kumur sebanyak tiga kali sehari untuk hasil yang lebih cepat.

Essential oil juga efektif untuk mengatasi flu. Minyak ini melawan flu dengan menghentikan atau mengurangi laju virus berkembang biak di dalam tubuh. Kayu manis, peppermint, lemon, eucalyptus dan minyak thyme dianggap sebagai varian untuk digunakan ketika menderita flu. Namun, jangan dicampurkan ke dalam makan atau diminim.

Kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak dan mengoleskannya di tenggorokan atau menyebarkan essentil oil ke udara dengan bantuan diffuser. Mengonsumsi makanan yang kaya akan seng ketika terserang flu juga dapat membantu meringankan gejalanya. Seng membantu tubuh kita memproduksi lebih banyak sel darah putih, yang memerangi kuman dan virus asing serta penting bagi sistem kekebalan tubuh kita.

Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen atau makan makanan yang kaya nutrisi. Beberapa di antaranya adalah daging merah, kerang, lentil, buncis, kacang kacangan, biji bijian, dan telur. Madu memiliki sifat antimikroba, yang dapat membantu melawan beberapa bakteri dan virus.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu adalah obat yang efektif untuk mengobati flu. Kamu bisa memasukkan dua sendok teh madu ke dalam segelas air hangat, aduk rata dan minum untuk meredakan sakit tenggorokan atau batuk. Bawang putih adalah superfood yang digunakan selama berabad abad untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Bawang putih mengandung allicin, yang memiliki sifat antibakteri dan membantu membunuh virus dan bakteri. Sebuah penelitian menemukan bahwa bawang putih tidak hanya mencegah seseorang jatuh sakit tetapi juga mengurangi tingkat keparahan gejala. Sertakan bawang putih dalam makananmu untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

Di samping mencoba cara cara pengobatan alami tersebut, kamu juga dianjurkan untuk melakukan hal hal berikut agar segera pulih. Beberapa di antaranya seperti minum lebih banyak air dan cairan lainnya, menghindari makanan pedas dan berminyak, menghirup uap, hingga minum teh herbal.

Berita Terkait

Cegah Stunting untuk Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Maya Rosfi'ah

Ini Penjelasannya Kenapa Penyakit ISPA & Diare Kerap Menyerang di Musim Pancaroba

Maya Rosfi'ah

Konsumsi Jus Lemon hingga Quinoa Tips Atasi Migrain

Maya Rosfi'ah

Fokus Yayasan Kanker Indonesia Mengurangi Penderita Kanker Di Indonesia

Maya Rosfi'ah

Kenali Penyebab Penyakit Kejiwaan yang Bisa Terjadi Pada Mayarakat Perkotaan dan Pedesaan

Maya Rosfi'ah

Sering Buang Air Kecil hingga Lelah Setiap Saat 9 Tanda Diabetes yang Jarang Diketahui

Maya Rosfi'ah

Benarkah Kecanduan Internet Bisa Turunkan Daya Ingat dan Fungsi Otak? Simak Penjelasannya!

Maya Rosfi'ah

Vitamin D Jadi Kunci Agar ASI Busui Tidak Berkurang Saat Puasa

Maya Rosfi'ah

Ini 6 Cara Salah Menggendong Bayi Ternyata Bisa Bahayakan Kesehatan Sering Dilakukan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment