Image default
Otomotif

Mengenal Fungsi Cairan Rem Mobil

Minyak rem umumnya digunakan pada kendaraan roda empat yaitu mobil. Tanpa cairan rem mobil, mobil Anda mungkin tidak akan berfungsi dengan baik, karena dapat membahayakan pengemudi dan penumpang. Komponen seperti minyak rem merupakan komponen penting pada kendaraan roda empat. Jadi, Anda perlu mengetahui fungsi minyak rem mobil Anda. 

Mengetahui tentang minyak rem Anda tentu saja akan membantu Anda merawat mobil dengan lebih baik dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Setiap mobil harus memiliki elemen tertentu yang membuat semuanya bekerja dengan baik. Setiap bagian memainkan peran unik di dalam mobil. Minyak rem tidak terkecuali. 

Fungsi Cairan Rem Mobil

Lalu, apa sajakah fungsi dari penggunaan minyak rem pada mobil atau kendaraan roda empat lainnya? Tentu saja, sudah banyak orang tahu untuk apa minyak rem ini pada mobil. Tapi tahukah Anda penjelasan rinci tentang minyak rem agar rem mobil Anda dapat bekerja dengan baik? mungkin masih banyak yang belum memahami hal ini.

Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil tidak ada salahnya untuk memahami fungsi minyak rem dengan lebih jelas dan detail. Fungsi minyak rem tentunya yaitu untuk melumasi bagian-bagian logam yang saling bergesekan, yaitu cakram dan kampas.

Kedua bagian ini untuk menghentikan komponen mobil, dan minyak rem dirancang agar kedua bagian yang saling bergesekan tidak mengering dan menahan panas sehingga mobil tidak mengalami overheat karena gesekan tersebut. Bukan hanya itu saja, fungsi minyak rem yang lain yaitu untuk mendistribusikan sistem hidrolik. Ini karena sifat minyak rem mirip dengan cairan atau oli pada sistem lain.

Sistem Kerja Cairan Rem

Minyak rem sangat efektif mencegah kedua logam gesekan ini mengering. Ketika Anda menekan pedal rem kendaraan, hal ini akan mengaktifkan energi hidrolik di master silinder, yang dapat menyebabkan roda kendaraan berhenti. 

Silinder utama mobil mengirimkan energi mekanik ke piston untuk menghasilkan panas dari gesekan dalam minyak rem, yang dapat menyebabkan kecepatan roda berhenti tergantung pada tekanan yang diberikan pada tromol atau cakram. Dapatkan cairan rem mobil terbaik hanya di autochem.id dengan harga terjangkau. 

Deskripsi : cairan rem mobil memiliki fungsi yang penting pada mobil terutama dalam menjaga keawetan mesin mobil.

Berita Terkait

Ini Caranya Cek 50 Item Kendaraan Gratis di Auto2000

Maya Rosfi'ah

Tepian Danau Toba Ribuan Bikers Tumpah Ruah Di Motocamp Ala Suryanation Motorland

Maya Rosfi'ah

CARfix Ekspansi Jaringan Bengkel Mobil di Kota Bogor

Maya Rosfi'ah

Bupati Karanganyar Langsung Geber Jeep Rubicon menuju DPRD Tiba dari Dealer

Maya Rosfi'ah

Tantangan Mobil Listrik, Mengisi Daya Listrik Secepat Charging Ponsel

Maya Rosfi'ah

Suzuki Pertahankan Harga Mobil Meski Pajak di Jakarta Naik

Maya Rosfi'ah

Masngudin Bawa Pulang PCX ABS Usai Juarai Kontes Mekanik Honda di Semarang

Maya Rosfi'ah

Banderol Toyota Avanza di Jakarta Naik Rp 4 Jutaan Perhatian

Maya Rosfi'ah

Lambretta Tawarkan Merchandise Menarik untuk Pembelian Selama Telkomsel IIMS 2019

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment